Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memilih Investasi Online yang Aman dan Terpercaya

Cara Memilih Investasi Online yang Aman dan Terpercaya


Salah satu tutorial manjur untuk melipatgandakan uang yg Kalian miliki merupakan dengan melakukan investasi. Banyak tipe investasi timbul dengan tawaran keunggulan yg berbeda-beda. Belakangan, mulai timbul investasi online yg tidak hanya memperkenalkan keuntungan luar biasa melainkan juga software yg memudahkan proses transaksi.

Metode yg ditawarkan lembaga investasi online biasanya dikenal dengan istilah crowdfunding. Istilah ini merujuk terhadap dana yg dihimpun dari tidak sedikit orang-orang (crowd) untuk mendanai kebutuhan tertentu (funding).

Umumnya website crowdfunding memperkenalkan pendanaan untuk kampanye politik, pembuatan film, pengembangan perjuangan kecil serta menengah (UKM) sampai kebutuhan untuk riset pendidikan. Sejumlah imbalan akan diberikan terhadap mereka yg menghimpun dananya atau dengan kata lain menjadi investor. Misalnya menukar dana segar dengan kepemilikan saham perusahaan yg dibantu atau menyampaikan pinjaman dengan imbalan bunga.

Cara Memilih Investasi Online Terpercaya

Produk investasi berbasis online ini terbukti tetap belum begitu populer di Indonesia. Namun bagi Kalian yg bersahabat serta terbiasa bekerja dengan gadget serta  perangkat mobile, tidak ada salahnya untuk mulai mencoba investasi ini.

Meskipun kelihatannya mudah, melainkan Kalian wajib tetap berhati-hati sebab tetap ada oknum investor nakal yg memperkenalkan investasi bodong. Berikut berbagai tutorial yg mampu Kalian ikuti supaya investasi yg Kalian pilih aman serta terjamin.

1. Keuntungan yang Wajar

Syarat mutlak untuk memilih daerah investasi yg aman merupakan tawaran keuntungan yg wajar. Bila Kalian menemukan daerah investasi yg menjanjikan bunga yg tinggi dalam waktu singkat, betapa baiknya berhati-hati.

Bunga wajar yg diperoleh dari berbagai produk investasi umum semacam surat utang, saham atau reksa dana biasanya berada pada angka 10 sampai 20 persen setiap tahunnya. Artinya kalau di rata-rata, keuntungan tiap bulan pun tetap di bawah angka 2 persen.

Banyak lembaga investasi bodong memperkenalkan imbalan yg akan terjadi tinggi dalam waktu singkat. Misalnya bunga 5 persen per bulan atau setara 60 persen per tahun. Tentu faktor tersebut masuk kategori tidak wajar. Sama semacam halnya merawat tanaman, investasi juga perlu waktu serta proses untuk menghasilkan buah.

2. Aspek Legalitas

Sebelum memutuskan daerah investasi online dana Anda, pastikan perusahaan tersebut mempunyai keabsahan legalitas baik dari sisi lembaga maupun produk yg ditawarkan.

Lembaga yg legal biasanya telah berbadan hukum serta mendapat persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hal yg sama juga berlaku bagi produk investasi yg ditawarkan. Biasanya keterangan tentang persetujuan OJK telah disertakan dalam website resmi perusahaan.

Agar lebih meyakinkan, Kalian mampu melakukan verifikasi dengan datang pribadi ke kantor OJK. Selain itu, kalau Kalian mencurigai kehadiran lembaga investasi bodong, Kalian juga mampu melaporkannya langsung. OJK nantinya akan melakukan verifikasi serta melakukan pembekuan terhadap lembaga-lembaga yg terbukti ilegal. Dengan demikian Kalian turut mencegah bertambahnya korban penipuan.

3. Paham Produk serta Skema Investasi

Lembaga legal yg memperkenalkan investasi tentu paham benar dengan produk investasi yg mereka tawarkan. Calon pelanggan akan mendapat penjelasan dengan cara rinci tentang produk yg dimiliki. Paparan yg diberikan juga tidak mengambang serta jelas. Mulai dari besaran dana investasi, ajaran dana sampai besar imbalan yg mampu diterima oleh investor.

Cermati pula skema investasi yg ditawarkan lembaga investasi online. Biasanya lembaga yg tidak sah memakai skema Ponzi. Skema ini telah tidak sedikit memakan korban di Indonesia.

Meskipun tidak diungkapkan dengan cara gamblang, berbagai ciri umum skema Ponzi yg mampu Kalian identifikasi. Salah satunya merupakan bunga investor bersumber dari uang investor sendiri atau dalam faktor ini keuntungan baru dibayarkan kalau Kalian memperoleh investor baru.

Biasanya perusahan semacam ini mewajibkan setiap investor yg telah terdaftar mencari investor. Alasannya untuk membangun perusahaan dengan cara bersama-sama.

Untuk membikin Kalian tertarik, mereka akan menjanjikan bonus berupa uang tunai setiap kali ada tambahan investor baru. Imbalan akan terus meningkat kalau Kalian mencapai sasaran tertentu. Jadi sebetulnya dalam skema ini tidak ada proses perputaran uang yg sehat. Kerugian mampu Kalian alamiah kalau tidak ada lagi investor baru  yg ingin bergabung. Perusahaan mampu gulung tikar serta dana Kalian pun ikut lenyap.

4. Struktur Organisasi Jelas

Lembaga investasi yg kredibel mempunyai struktur organisasi serta kepemilikan yg jelas. Menjadi kualitas tambah jika orang-orang yg mengisinya mempunyai latar belakang investasi yg mumpuni. Telusuri rekam jejak perusahaan melewati internet. Biasanya info serta review keren akan timbul kalau perusahaan terbukti mempunyai reputasi yg baik.

Karena berbasis online, perusahaan fintech mampu menyertakan info tersebut pada website resmi mereka. Disamping itu, keterangan tentang alamat kantor dengan cara fisik pun wajib tersedia. Untuk memastikan kebenaran lembaga tersebut, perbuat survei ke lokasi terlebih dahulu sebelum menginvestasikan uang Anda.