Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Untuk Memulai Investasi Emas

Tips Untuk Memulai Investasi Emas


Investasi emas telah menjadi salah satu tipe investasi yg paling terkenal di Indonesia, tidak hanya sebab stabil, investasi ini juga tidak sedikit dipilih sebab keuntungannya yg lumayan menjanjikan. Mereka yg telah mengawali investasi ini, biasanya membeli emas dalam bentuk fisik lalu menjualnya ketika harga emas telah meningkat. Adapun yg memilih untuk menabung emas. Namun, kendala yg paling tidak jarang dihadapi para investor yg memilih investasi ini merupakan kekhawatiran menyimpan emas. Karena, risiko terjadinya pencurian.

Nah, apabila kamu cemas dengan adanya risiko ini, jadi kamu butuh ekstra waspada. Berbicara risiko terbukti apapun itu investasinya pasti Ada risiko di dalamnya. Namun, tidak hanya risiko investasi emas juga mempunyai beberapa keuntungan diantaranya semacam yg akan kita bahas di bawah ini.

Keuntungan serta Kerugian dalam Investasi Emas!

Keuntungan Investasi Emas

1. Bebas Pajak

Tidak semacam beberapa investasi lainnya semacam contohnya saham. Keuntungan yg bisa kamu terima dari investasi ini tidak ada pemotongan pajak. Artinya ketika kamu membeli emas dengan nominal sekian, lalu beberapa tahun kemudian kamu jual kembali serta harga emas tersebut telah meningkat 5%, jadi seluruh keuntungan tersebut bisa kamu terima tanpa terpotong pajak sepeserpun. 

Emas merupakan opsi paling baik apabila kamu mengharapkan investasi yg terbebas dari pajak.

2. Mudah Dicairkan

Poin Ini juga yg menjadi salah satu keuntungannya, sebab tipe investasi lainnya terbukti relatif lebih susah dicairkan atau  hanya bisa diklaim pada ketika tertentu saja. Lain halnya dengan investasi emas, sebab di investasi ini kamu mempunyai kebebasan ketika ingin mencairkannya. Untuk prosesnya pun relatif lebih cepat serta mudah dibandingkan investasi-investasi lainnya.

3. Melindungi Nilai Kekayaan

Investasi emas ini setiap tahunnya rutin meningkat dari tahun ke tahun, jadi investasi ini juga sangat sempurna apabila disebut sebagai investasi yg paling sanggup melindungi kualitas kekayaan. Kestabilan serta grafik yg rutin naik inilah yg membikin para pemilik investasi ini biasanya memperoleh imbal hasil yg lebih menjanjikan.

Selain itu, investasi ini juga tidak harus dilakukan dengan jumlah besar, artinya investasi ini juga bisa dimulai dari yg kecil. Karena itu tidak heran apabila kini tidak sedikit tersedia toko emas yg mulai bermunculan serta mendapatkan penjualan jenis-jenis emas yg ada di Indonesia.

Namun, dibalik segala keuntungan itu juga mempunyai kekurangan yg mungkin tidak disadari orang. Salah satunya risiko penipuan, kehilangan serta lainnya. Nah, berikut beberapa kelemahan yg bisa dialami oleh investor emas.

Kerugian Investasi Emas

1. Risiko Kehilangan

Risiko yg ini merupakan risiko yg paling tidak jarang dihadapi mereka yg ingin memulainya. Risiko ini terbukti timbul sebab banyaknya kejadian yg menimpa mereka yg memakai emas tersebut sebagai perhiasannya. Selain tipe emas perhiasan, emas batangan pun tidak luput dari adanya risiko ini. Biasanya, untuk menekan risiko ini mereka menyewa safe deposit box di sebuah perbankan sebagai bentuk proteksi kepada investasinya. Namun, ini pasti memperlukan anggaran lebih untuk menyewanya.

Karena itu butuh mempertimbangkan lebih jauh terkait investasi ini bila kamu tidak yakin untuk menyimpan serta tidak yakin dengan kawasan sekitar.

2. Merupakan Investasi Jangka Panjang

Sebenarnya pada poin ini bisa dikatakan sebagai keuntungan serta bisa juga menjadi kelemahan. Namun, terbukti dari sisi imbal hasil keuntungan investas ini bukanlah investasi yg sempurna untuk kamu yg ingin investasi singkat. Dari fluktuasi harga emas yg lumayan besar pun tidak bisa menjamin investor akan menghasilkan keuntungan besar dalam waktu singkat. 

Fluktuasi harga emas ini pun tidak sedikit faktornya yg mensugesti kualitas tukar valuta nasional kepada valuta asing. Selain itu, penyebab lainnya merupakan kondisi finansial masyarakat di sebuah wilayah atau kawasan tertentu. 

3. Harga Cenderung Stabil

Harga emas terbukti cenderung stabil. Memang ini menjadi sebuah fakta yg ironi. Peningkatan yg terjadi dari harga emas ini justru biasanya akan timbul apabila kondisi ekonomi dalam kondisi tidak stabil. Inflasi juga bisa menyebabkan kenaikan serta juga penurunan harga emas. Bila penambahan jumlah uang yg beredar terjadi, jadi tidak menutup kemungkinan harga emas akan jauh meningkat lebih tinggi. Sebaliknya, apabila kondisi ekonomi stabil, harga emas pun akan menjadi stabil.

4. Pilihan Diversifikasi Saat Resesi

Seperti disebutkan di atas, kualitas emas cenderung stabil, bahkan di ketika ekonomi yg tidak stabil. Sebagai contoh, harga emas ketika tahun 2020 pernah mengalami kenaikan ketika harga saham anjlok. 

Maka dari itu, emas bisa menjadi opsi diversifikasi yg tepat, apalagi ketika ekonomi tidak stabil.

Tips Investasi Emas Secara Aman

Supaya kamu bisa menikmati keuntungan  yg sebenarnya, coba terapkan 6 trik investasi emas berikut ini.

1. Teliti Kemurnian Emas

Beli emas dalam bentuk perhiasan? Boleh-boleh saja, asal jangan lupa meneliti kadar emas di dalamnya. Campuran emas serta logam lain bisa menghasilkan kualitas berbeda, malah bisa menjatuhkan kualitas jual kembalinya kelak. 

2. Lebih Aman Emas Batangan

Oleh sebab itu, apabila tujuan kamu membeli emas untuk berinvestasi, lebih baik pilih emas murni berbentuk batangan, semacam emas Antam. Perusahaan milik negara ini menghadirkan emas batangan dalam beberapa pecahan. Varian termurah bisa kamu dapatkan lewat pembelian emas 1 gram, sedangkan emas batangan paling atas mencapai 100 gram. 

3. Pastikan Tempat Penyimpanan Memadai

Lantaran emas mudah dipindahkan serta dibawa, kamu harus memastikan punya tempat penyimpanan memadai. Hal ini penting guna menghindari risiko kehilangan maupun dicuri. Pertimbangkan tempat semacam apa yg aman menyimpan investasi kamu. Contoh, kamu bisa menyewa tempat penyimpanan di Pegadaian atau bank, maupun menyediakan brankas logam sendiri di rumah.

4. Bandingkan Harga untuk Memperoleh Harga Terbaik

Tak tabah ingin beli logam mulia? Jangan lupa bandingkan dulu penawaran harga emas batangan dari beberapa vendor. Beda tempat penjualan, bisa tidak sama harganya, sekalipun harga emas yg dijadikan barometer sama. Cari vendor emas terpercaya dengan reputasi baik. Sekalipun kamu tidak mengamati pergerakan harga emas, jangan mudah tergiur apabila ada penjual memperkenalkan harga emas di bawah harga pasaran.

5. Cermati Lagi Tujuan Investasi

Untuk apa kamu membeli emas? Jika tujuannya merupakan berinvestasi, membeli emas batangan terperinci lebih menguntungkan. Namun, jangan tergesah-gesah menjualnya, simpan selagi minimal 2 tahun agar bisa memperoleh imbal hasil lebih optimal. 

6. Pantau Pergerakan Harga Emas

Sebelum memutuskan jual beli emas, cek lebih dulu pergerakan harga emas hari itu. Pastikan kamu membeli emas ketika harga rendah serta menjualnya sempurna sewaktu harga meningkat. Dengan demikian, kamu bisa terhindar dari kerugian dampak salah kalkulasi waktu sempurna membeli serta menjual emas.

Demikian 6 trik yg butuh kamu cermati ketika sedang melakukan investasi ini. Ingat, emas termasuk tipe instrumen investasi jangka panjang. Investasi emas lebih dari 2 tahun akan membantumu memperoleh imbal hasil menguntungkan di kemudian hari. Semoga info ini berguna ya!