Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Peluang Investasi Paling Cocok Untuk Anak Muda

6 Peluang Investasi Paling Cocok Untuk Anak Muda


Investasi, tetap menjadi sebuah faktor yg berat untuk dilakukan terutama untuk anak muda. Mereka berpikir bahwa investasi akan  diperlukan pada ketika mereka telah merasa mapan dan telah berkeluarga. Padahal, investasi ialah sebuah faktor yg wajib dilakukan semenjak dini. Peluang investasi yg terus tak sedikit akan membuatmu mudah dalam menentukan investasi yg sempurna untuk kamu.

Dengan terus awal kamu mengawali investasi, jadi terus cepat juga kita dapat memperoleh keuntungan. Pada usia muda terutama kamu yg belum menginjak 30 tahun waktu tersebut ialah waktu yg paling sempurna untuk mengalokasikan uang kamu ke dalam investasi. Saat belum mempunyai keluarga dan belum mempunyai tanggungan beberapa cicilan, akan sangat bijaksana apabila penghasilan yg kamu dapatkan dialihkan ke investasi. Mengingat di usia tak lebih dari 30 tahun, seseorang wajib proaktif untuk menemukan instrumen investasi yg sempurna untuknya.

Untuk anda yg bimbang dalam menentukan investasi yg sempurna untuk anak muda dibawah ini kita akan bahas tentang investasi yg sempurna dijalani untuk anak muda :

1. Investasi Emas

Peluang investasi yg satu ini dapat dikatakan sebagai salah satu investasi yg lumayan menguntungkan, emas juga sebagai salah satu barang yg digemari oleh tak sedikit orang-orang membikin investasi ini rutin menjadi opsi para investor, dengan harga yg setiap tahun harganya relatif naik dan jarang sekali menurun, tetapi bukan tak mungkin emas juga dapat mengalami penurunan. Emas juga mempunyai kualitas jual yg lumayan tinggi, dan emas juga lumayan aman dan stabil. Pilihan dalam investasi emas ini juga pilihannya tak sedikit dapat berupa emas batangan, koin ataupun perhiasan.

Nilai emas yg rutin meningkat juga membikin investasi tipe ini tetap menjadi favorit untuk sebagian orang.

2. Investasi Obligasi

Secara sederhana obligasi ialah sebuah surat perjanjian hutang yg dikeluarkan oleh pihak pertama sebagai pihak yg mengeluarkan obligasi, terhadap pihak kedua sebagai pihak pemegang obligasi untuk memanfaatkan dana dari pihak kedua dan mengembalikannya beserta bunga dengan jangka waktu yg telah disepakati. Jika kamu telah mempunyai obligasi, jadi kamu ialah orang-orang yg meminjamkan dana milik kamu terhadap pihak yg mengeluarkan obligasi. Obligasi dapat saja dikeluarkan oleh pihak manapun, semacam perusahaan, pemerintah tempat hingga pemerintah pusat.

Di Indonesia sendiri obligasi ini ada 3 yaitu obligasi korporasi, obligasi pemerintah dan obligasi ritel. Investasi obligasi ini sangat keren untuk dicoba, terutama untuk kamu yg mempunyai dana yg besar dan tak terlalu ingin yg risikonya terlalu besar. Tapi wajib diingat “high risk high return” begitu pula sebaliknya.

3. Investasi Saham

Jika kamu berinvestasi memakai investasi saham dengan cara tak pribadi kamu menjadi “pemilik” dari perjuangan yg kita beli sahamnya. Dari investasi yg kita perbuat akan memperoleh 2 tipe keuntungan yaitu capital gain dan dividen. Untuk yg belum mengenal apa itu capital gain. Capital gain ialah sebuah keuntungan yg akan kamu terima pada ketika melepaskan saham ke pasar. Sementara, untuk dividen ialah sebuah pemecahan keuntungan pemegang saham yg diberikan oleh perusahaan seusai jangka waktunya tercapai. Dividen juga dapat berupa tunai ataupun berupa saham yg dapat meningkatkan saham di perusahaan tersebut.

Biasanya ketika telah melakukan investasi tipe ini kamu dapat hadir dalam beberapa rapat dari pemegang saham. Ini juga akan meningkatkan peluang kamu berkumpul dengan mereka yg mempunyai wawasan lebih di bidang investasi.

Untuk besaran dari peluang investasi ini seimbang dengan risikonya. Maksudnya pemilik saham tak akan dapat lepas dari ancaman likuidasi dari sebuah perusahaan yg dapat terjadi kapanpun dan capital loss pada ketika sentimen pasar memburuk.

4. Investasi Properti

Jika kamu tetap muda dan mempunyai dana yg lumayan berlebih investasi ini ialah opsi terbaiknya. Selain sebab harganya yg relatif tak sempat turun Properti juga ialah investasi dengan jangka waktu yg panjang artinya untuk anak muda yg telah mulai memikirkan panjang kedepan pasti investasi ini yg paling menguntungkan.

5. Investasi Reksadana

Investasi reksadana sebetulnya ialah peluang investasi yg paling sempurna untuk para pemula terutama untuk mereka yg belum mengenal pasar modal. Selain itu, reksadana juga ialah investasi paling baik untukmu yg ingin memulainya dengan modal kecil tetapi tetap menunjukkan keuntungan yg maksimal.

Cara kerja dari investasi ini ialah dimana modal yg terkumpul dari mereka yg berinvestasi di sini, lalu akan dikelola oleh seorang Manajer Investasi (MI) profesional, lalu akan diinvestasikan dalam portofolio efek yg menjanjikan.

6. Investasi Deposito

Bagi mereka yg ingin mengawali pengembangan dana pasti ingin mencari instrumen yg aman sekaligus menguntungkan. Karena itu, investasi dengan instrumen ini ialah salah satu tutorial membuatkan dana yg paling aman sekaligus menguntungkan.

Di masa pandemi semacam kini tak sedikit sudut yg terkena akibat dari pandemi ini salah satunya pasti instrumen investasi. Tetapi, investasi yg satu ini terbukti tak terlalu terdampak dari pandemi ini sebab deposito ini dikelola oleh perbankan dan diawasi ketat dan transparan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Berbicara tentang return terbukti diantara instrumen yg telah kita sebutkan di atas deposito ialah yg terendah. Namun, dengan keamanan yg relatif lebih baik dibanding yg lainnya deposito menjadi salah satu opsi investasi untuk mereka yg risk averse atau mereka yg ingin menjauhi risiko.