Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Jenis Investasi Yang Sedang Berkembang di Indonesia

5 Jenis Investasi Yang Sedang Berkembang di Indonesia


Saat ini tipe serta wujud investasi sendiri sangat banyak. Kamu mampu memilih sesuai dengan dana yg kamu miliki, jenis-jenis investasi yg ada di Indonesia juga masing-masing mempunyai keunggulan serta risiko tersendiri, oleh sebab itu dalam memilih investasi butuh memahami satu persatu dari tipe investasi yg ada. Investasi juga terbagi menjadi 2 yaitu investasi jangka singkat serta investasi jangka panjang.

Nah, sebelum mengenal apa saja tipe atau macam investasi yg ada, pastikan untuk memahami 5 hal berikut:

Investasi ialah satu di antara tak sedikit kegiatan positif yg mampu kamu perbuat kapan saja. Aktivitas ini ialah salah satu tutorial untuk mencapai merdeka finansial

  1. Dapat mengatur finansial yang sehat
  2. Menetapkan tujuan
  3. Mempelajari tipe instrumennya
  4. Menentukan jangka waktu
  5. Mengetahui jumlah pemasukan

Dari banyaknya tipe investasi yg ada di Indonesia kita akan bahas berbagai investasi yg sedang berkembang:

1. Tabungan Bank

Salah satu investasi paling mudah untuk dimulai serta dilakukan yaitu menabung. Siapapun mampu mengawali investasi ini, dari anak-anak, remaja sampai orang-orang dewasa. Selain mudah, menabung juga tak memerlukan persyaratan yg sulit. Tetapi disamping kemudahan yg didapatkan melewati tipe investasi ini, bunga keuntungan yg dihasilkan dari investasi ini tak terlalu tinggi dibandingkan dengan berbagai investasi lainnya.

Jika kamu berinvestasi dengan tabungan di bank, kamu tak mempunyai kewajiban untuk menyetorkan sejumlah dana pada setiap waktu yg telah ditentukan. Investasi ini umumnya tak sedikit dipakai oleh masyarakat sebab kemudahan serta prosesnya yg cepat. Tetapi untuk kamu yg mengharapkan return yg lebih tinggi mungkin mampu memilih investasi lainnya yg mempunyai keuntungan lebih baik.

2. Deposito

Jika dibandingkan dengan investasi sebelumnya, deposito ini mempunyai return yg lebih tinggi serta mempunyai persentase bunga lebih baik. Untuk berinvestasi dengan deposito, dana minimumnya terbilang lumayan tinggi, besaran nominalnya biasanya di angka Rp 5.000.000,- sementara untuk prosedur pembukaan deposito tak jauh tak sama semacam membuka tabungan di bank. Tetapi butuh diperhatikan, deposito mempunyai jangka waktu yg telah ditentukan serta disepakati semenjak awal pembukaannya, artinya pada deposito kita tak mampu asal melakukan penarikan dana semacam halnya ATM.

Pada umumnya tipe investasi ini biasanya dipakai oleh para pelaku bisnis, sebab jangka waktu yg mereka telah tetapkan di awal serta diadaptasi oleh kebutuhan urusan ekonomi mereka setiap tahunnya.

3. Emas

Investasi emas mampu digolongkan sebagai investasi jangka panjang. Sebagai salah satu besi mulia yg tak sedikit digemari terutama wanita, emas mampu menjadi investasi yg lumayan menjanjikan mengingat nilainya naik setiap tahun. Emas juga termasuk investasi yg aman, stabil serta tak terpengaruh pada inflasi.

Keuntungan lainnya dengan investasi emas yaitu emas mampu dengan mudah dicairkan dengan waktu yg singkat.

4. Tanah & Bangunan

Sama semacam emas, investasi pada tanah serta bangunan juga mempunyai kualitas yg meningkat di setiap tahunnya. Jika kamu mempunyai investasi di bidang ini, jadi pasti sangat menjanjikan. Hanya saja modal atau dana yg  diperlukan pada investasi properti ini tak sedikit, baik itu tanah maupun bangunan harganya kini telah lumayan tinggi. Tetapi apabila kamu mempunyai niat untuk mempunyai investasi di bidang ini kamu mampu memanfaatkan cicilan atau KPR untuk mempunyai tanah atau bangunan.

Kamu juga masih butuh memperhatikan berbagai faktor semacam sertifikatnya, keadaan tanah atau bangunannya, sesuai dengan apa yg ada dalam sertifikat atau tidak. Hal-hal tersebut harus kamu perhatikan dalam mengawali investasi ini.

5. Saham

Investasi saham terbukti terus populer. Apalagi, saham ialah salah satu investasi yg mudah serta mampu memperlihatkan keuntungan yg tak sedikit. Sebagai investor pemula, kita harus mengenal bagaimana tutorial bermain saham yg aman. Hal ini tak lepas dari tujuan untuk memperoleh keuntungan sebanyak-banyaknya di masa depan.

Meskipun disebut sebagai salah satu investasi yg mudah, namun investasi saham juga tinggi risiko. Para pemain saham mampu saja mengalami kerugian yg berbentuk capital loss, atau justru memperoleh keuntungan sampai 20% lebih dalam jangka waktu yg tak lama.