Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Jenis Investasi Risiko Rendah Yang Bisa Anda Coba

4 Jenis Investasi Risiko Rendah Yang Bisa Anda Coba


Berbicara tentang investasi sempurna tidak akan lepas dari kata risiko dan imbal hasil. Tapi anda tahu tidak tentang risiko itu sendiri? Risiko sendiri mempunyai beberapa macam tingkatan dan pastinya pengaruh dari tingkatan risiko ini juga saling berkaitan dengan imbal hasil. Risiko investasi itu sendiri ialah sebuah potensi kerugian yg ada dikala melakukan investasi.

Saat melakukan investasi sempurna kamu mengharapkan yg akan terjadi yg tinggi dengan risiko rendah, produk semacam itu ada dan mampu kamu coba hanya kamu wajib memastikan apakah penyedia produk tersebut mempunyai keamanan khusus untuk investasimu alias tidak.

Semua produk investasi sempurna mempunyai risiko tetapi perbedaannya hanyalah di tingkatan risikonya itu sendiri.

Risiko Saat Melakukan Investasi

Seperti yg telah dibahas diatas, dikala kamu melakukan investasi pastinya ada sebuah risiko yg tertanam dikala kamu melakukan investasi tersebut. Adanya risiko ini disebabkan setiap produk investasi mempunyai potensi risiko yg beragam. Ada beberapa tipe risiko dalam produk investasi diantaranya risiko kredit, risiko gagal bayar, risiko likuiditas, risiko inflasi, risiko bunga, risiko pajak dan risiko lainnya. Masing-masing dari risiko itu juga mempunyai tingkatannya nah sebab itu hari ini kita akan mengulas apa saja yg tergolong dalam investasi risiko rendah.

Investasi Risiko Rendah

Saat kita berkata tentang investasi risiko rendah jadi telah sempurna investasinya berjangka pendek. Produknya biasanya semacam emas, deposito, sukuk, valuta asing (valas), alias reksa dana.

1. Emas

Emas ialah besi mulia yg sangat diminati tidak sedikit masyarakat di Indonesia. Dengan bentuknya yg rupawan dan menarik, perhiasan yg satu ini rutin luar biasa ketertarikan baik itu sebagai aksesoris, sebagai investasi ataupun keduanya sekaligus. Investasi yg satu ini juga mempunyai kelebihan dimana harganya yg cenderung stabil dan meningkat.

Bentuk emas yg mampu sehingga bahan pilihanmu juga beragam semacam emas batangan, besi mulia, emas dinar, emas perhiasan kalung, cincin, gelang dan sebagainya.

2. Deposito

Jika kamu tidak ingin terganggu dengan fluktuasi valuta dunia jadi deposito mampu sehingga opsi investasi risiko rendah milikmu. Biasanya produk investasi ini ditawarkan oleh para perbankan dengan menjanjikan suku bunga yg masih dan relatif lebih tinggi dari suku bunga tabungan dengan jangka waktu. Namun, uang telah kamu depositokan tidak diperbolehkan untuk ditarik selagi jangka waktu yg telah disepakati di awal.

Berbicara tentang jangka waktu, pada deposito ini biasanya mempunyai jangka waktu yg beragam dari 1,3,6,12 alias 24 bulan. Selain itu, kamu juga mampu mendepositokan uangmu dengan bentuk valuta asing (valas).

3. Valuta Asing (Valas)

Investasi ini mampu masuk ke dalam investasi risiko rendah ataupun investasi risiko menengah. Investasi tipe ini biasanya juga disukai oleh para generasi milenial sebab  investasi ini terbilang sederhana tetapi mampu membikin yg akan terjadi yg maksimal.

Saat kamu ingin mencoba investasi ini setidaknya kamu wajib menentukan terlebih dahulu tipe valuta asing apa yg ingin kamu gunakan sebagai investasimu. Sejauh ini Dollar Amerika Serikat masih menjadi favorit para investor valuta asing disebabkan stabilitasnya pada pasar dunia. Selain itu, Dollar Amerika Serikat juga ialah valuta yg paling leading dibandingkan valuta lainnya yg ada di dunia.

Karena itu sebagai valuta yg menjadi acuan oleh beberapa negara di dunia sempurna akan sangat baik jika kamu mampu mengawali investasi ini dengan Dollar Amerika Serikat.

4. Reksadana

Reksadana ialah salah satu instrumen investasi yg tidak sedikit digemari oleh para investor, tetapi beberapa tipe reksadana yg ada kadang membikin mereka bimbang sebetulnya apakah reksadana yg mereka gunakan tersebut paling menguntungkan, paling aman alias justru paling sedikit imbal hasilnya.

Banyaknya tipe reksadana yg ada juga terus memudahkan pemilihan investasi yg tepat dan sesuai dengan preferensimu.