Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Jenis dan Bentuk Investasi Yang Terpercaya

4 Jenis dan Bentuk Investasi Yang Terpercaya


Bingung mengelola uang dengan lebih baik? Coba saja melakukan investasi! Dengan melakukan investasi keuangan masa depanmu akan lebih baik. Di era semacam kini melakukan investasi menjadi lebih mudah dengan banyaknya platform investasi yg telah beredar. Untuk menjadi seorang investor juga seorang tak memperlukan dana berjuta-juta, sebab berbagai platform investasi juga telah tak sedikit yg menyediakan investasi murah, tapi ingat dikala berinvestasi pasti wajib dengan investasi online terpercaya.

Sebelum memilih investasi online terpercaya terlebih dahulu kamu wajib memilih tipe atau bentuk investasi yg mudah, aman, menguntungkan sekaligus terpercaya.

4 Jenis & Bentuk Investasi Yang Terpercaya

Kita akan bahas tentang 4 tipe investasi yg sesuai dengan tingkat risiko yg ditanggung, tetapi masih seimbang dengan keuntungan yg akan diterima.

1. Jenis Investasi Dana Tunai

Jenis yg satu ini adalah dana tunai, investasi semacam ini juga lumayan menjanjikan dan pasti tak tidak sama jauh dengan tabungan, deposito dan reksa dana. Dengan tingkat risiko yg tak besar, jadi kesempatan keuntungan yg diterima juga biasanya hanya berada di kisaran 6% per tahun.

Sebagai contoh misalkan kamu melakukan deposito senilai Rp 100 juta, jadi dalam waktu 12 bulan atau 1 tahun akan mendapatkan 6 juta saja. Keuntungannya terbukti tak besar tetapi ini seimbang dengan tingkat risiko yg diterima sebab risiko ini tak terlalu tinggi.

2. Jenis Investasi Saham

Jenis investasi ini terbukti bukan faktor yg baru baik itu untuk kalangan yg telah memahami investasi atau untuk pemula. Saham ini mampu diartikan sebagai sebuah bukti atas kepemilikan terhadap sebuah perusahaan tertentu. Saham sendiri mampu dibedakan menjadi 2 golongan yaitu saham perusahaan terbuka (tbk) dan saham perusahaan tertutup.

Investasi saham ini sebetulnya masuk terhadap investasi dengan risiko yg lumayan besar, tapi pasti sesuai dengan return yg didapatkan dari tipe investasi ini.

3. Jenis Investasi Pendapatan Tetap

Pada tipe investasi yg terpercaya satu ini juga biasanya ditawarkan dan diberikan pada bentuk obligasi, surat utang atau reksa dana pendapatan tetap. Pada investasi ini kamu mampu menikmati keuntungannya dengan cara bulanan atau per tahun. Kelebihan lain yg mampu kamu dapatkan dari investasi pendapatan tetap, jika sedang terjadi persoalan ekonomi nasional maupun global, jadi kualitas investasinya tak akan hilang ataupun berkurang nilainya.

Kamu juga mampu menikmati fungsi lainnya jika kamu mengawali investasi reksa dana pendapatan masih seperti:

  • Diversifikasi investasi sebab investasi akan tersebar kedalam tak sedikit instrumen, deposito berjangka, surat berharga dan obligasi berjangka waktu jadi mampu membuahkan akibat yg lebih optimal.
  • Likuiditas. Investor yg telah beli reksadana mampu menjual produk reksa dananya kapan saja dikala sendang memperlukan dana tunai.

4. Jenis Investasi Aset Fisik

Aset fisik juga tak jarang dijadikan sebuah investasi semacam emas, berlian, atau properti lainnya. Peluang keuntungan yg mampu diraih juga sangat bervariasi tergantung dengan aset yg dipilih dan keadaan ekonomi yg sedang terjadi. Pada tipe investasi ini juga kamu memgang kendali penuh atas investasi yg kamu miliki ini.

Pada investasi aset ini juga tergolong kedalam investasi berjangka panjang, yg mana terus bertambah, jadi kualitas jual aset tersebut pun akan terus meningkat.