Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Expense Ratio Dalam Investasi Reksadana

Mengenal Expense Ratio Dalam Investasi Reksadana


Apa pengertian expense ratio dalam dunia investasi, terutama reksa dana? Expense ratio artinya faktor penting. Namun, sebelum mengulas mengenai expense ratio, ada baiknya untuk mengenal mengenai reksa dana terlebih dahulu.

Apa Itu Reksa Dana?

Reksadana artinya wadah untuk menghimpun dana dari para pemberi modal (investor). Dana yg telah terkumpul akan ditanamkan oleh seorang manajer investasi ke sejumlah instrumen. Contohnya ke dalam bentuk saham, deposito, maupun obligasi. 

Reksa Dana juga tak jarang dijadikan sebagai pilihan investasi bagi para pemodal kecil, tergolong investor yg tak mempunyai tak sedikit waktu lantaran sibuk bekerja. 

Tak tak sama jauh dengan tipe investasi lain, reksa dana juga mempunyai sejumlah istilah yg kerap dipakai untuk menerangkan sesuatu atau kondisi. Salah satu istilah yg tak jarang dipakai artinya expense ratio. 

Lantas, apa sebetulnya expense ratio?

Expense Ratio artinya Beban Biaya? 

Expense ratio artinya bentuk sebuah rasio dana yg terjadi antara beban operasi dalam setahun dengan rata-rata kualitas aset bersih dalam kurun waktu satu tahun. Expense ratio juga dikenal dengan istilah beban biaya. Mengapa? Karena expense ratio artinya total anggaran yg dipakai manajer investor dalam mengoperasikan produk reksa dana yg bisa dikumpulkan ke dalam besaran satu angka. 

Fungsi serta Pengaruh Expense Ratio dalam Reksa dana

Expense ratio artinya salah satu indikator yg bertujuan untuk mengukur besaran beban operasional yg dibebankan pada Nilai Aktiva Bersih (NAB) atau aset investasi dari sebuah reksa dana. Aset investasi ini didapat dari dana yg selalu disetor oleh pembeli reksa dana.

Expense ratio sangat bermanfaat bagi para investor sebab bisa dipakai untuk mengukur besaran kualitas investasi yg dikeluarkan oleh manajer investor dalam mengelola dana reksa dana. Semakin kecil besaran expense ratio yg didapat, artinya terus tinggi profesionalisme manajer investor. Hal ini juga menunjukkan bahwa manajer investasi tersebut sanggup mengelola reksa dana untuk investor dengan cara efisien.

Expense ratio artinya persentase aset reksa dana yg sangat bermanfaat untuk anggaran penyelenggaraan reksa dana. Dengan pengelolaan yg baik, anggaran untuk penasihat investasi, anggaran distribusi, anggaran administrasi, serta anggaran operasi lainnya akan terkelola dengan baik.

Bagaimana Cara Mengetahui Expense Ratio?

Untuk mengenal besaran expense ratio, Kalian bisa mengetahuinya melewati laporan keuangan reksa dana. Besaran expense ratio juga tercantum dalam pembaharuan prospektus dana reksa dana. Umumnya, terus besar expense ratio yg diperoleh, jadi terus besar anggaran yg akan mengurangi kinerja produk reksa dana.

Rumus Expense Ratio

Pada dasarnya, untuk menghitung beban anggaran lumayan mudah. Rumus expense ratio dihitung dari total beban operasional investasi yg dibagi dengan rata-rata NAB. Jika Kalian ingin menghitung expense ratio, langkah pertama yg wajib dilakukan artinya menghitung beban operasional investasi yg umumnya terdiri dari sejumlah beban, yakni beban pengelolaan investasi, beban pajak penghasilan, beban kustodian, serta beban lain-lain.

Setelah memperoleh nominal beban operasional investasi, lanjutkan dengan menghitung NAB atau rata-rata aset investasi. Selanjutnya, bagi nominal beban investasi dengan nominal rata-rata aset investasi atau NAB. 

Keuntungan Investasi Reksa Dana

Barangkali Kalian bertanya-tanya, mengapa tak sedikit orang-orang memilih reksa dana? Reksa dana memperkenalkan tak sedikit keuntungan. Apa saja? 

1. Profit Tinggi

Perlu diketahui bahwa investasi reksa dana bisa menghasilkan keuntungan sampai dua puluh persen per tahun. Bahkan, reksa dana saham memperkenalkan hasil yg lebih tinggi. 

2. Risiko Rendah

Reksa dana memperkenalkan pelayanan yg menarik, yakni diversifikasi risiko. Ketika kondisi tak stabil, Kalian akan terhindar dari risiko kerugian dampak anjloknya perekonomian.

3. Dikelola Manajer Investasi Profesional

Manajer investasi profesional bertugas untuk mengelola portofolio investasi dengan cara efisien. Sangat menolong para penanam modal, terutama bagi Kalian yg tak jarang terhalang dengan kepentingan lain.

4. Ringan

Semakin pesatnya perkembangan ekonomi serta investasi, penyedia reksa dana melakukan beberapa inovasi supaya produknya terus diminati dengan meringankan modal. Untuk menjangkau semua lapisan masyarakat, reksa dana ditawarkan mulai dari Rp10.000.

5. Praktis

Investasi Kalian akan terus mudah berkah dukungan transaksi reksa dana dengan cara online. Beberapa platform bahkan menyediakan menggratiskan anggaran investasi reksa dana.


Dari pembagian terstruktur mengenai di atas bisa diambil kesimpulan bahwa expense ratio artinya indikator penting dalam investasi reksa dana. Setelah mengenal info di atas, jangan ragu untuk mengawali investasi reksa dana atau tipe lainnya semenjak dini untuk masa depan yg lebih cerah. Ayo, mulai investasi sekarang!