Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Fund Fact Sheet dalam Reksadana

Apa Itu Fund Fact Sheet dalam Reksadana


Reksadana merupakan instrumen investasi yg dilakukan dengan mengumpulkan dana dari para investor dan dialokasikan oleh manajer investasi pada portofolio efek. Reksadana terbukti belum begitu dikenal oleh masyarakat sebab kurangnya info yg ada. 

Portofolio efek merupakan sejumlah efek atau surat berharga semacam saham, deposito, surat berharga, dan masih banyak lagi daerah reksadana mengalokasikan investasinya. Melalui portofolio ini, reksadana mampu melakukan diversifikasi investasi dalam beragam instrumen.

Investasi reksadana terbukti harus dilakukan pada instrumen investasi yg berbeda, reksadana saham umpama tidak boleh terkonsentrasi dalam satu perusahaan. Manajer investasi merupakan pihak yg mengatur portofolio efek ini dan bertanggung jawab akan kinerja reksadana. Ini tergolong dalam menentukan pembelian saham, penjualan, maupun penahanan saham.

Fun Fact-Sheet Reksadana

Fund Fact Sheet reksadana merupakan laporan produk reksadana yg diterbitkan oleh manajer investasi terkait kinerja produk reksadana, info portofolio, dan jumlah dana yg dikelola.

Fund Fact Sheet reksadana ini berisikan satu halaman mengenai ringkasan reksadana. Perlu diketahui bahwa Fund Fact Sheet reksadana ini merupakan tahap dari laporan reksadana mengenai kinerja dan operasional reksadana. Sebelum berinvestasi, Kalian mampu mengenal laporan ini dengan cara online di website manajer investasi. 

Laporan Reksadana meliputi:

  • Prospektus Reksadana. Prospektus Reksadana membahas instrumen investasi penting pada reksadana. Prospektus ini berupa info tertulis untuk digunakan Penawaran Umum Reksadana supaya unit penyertaan dibeli oleh pemodal.
  • Laporan Keuangan dan Tahunan. Manajer investasi harus membikin laporan keuangan dan laporan tahunan, yg diaudit  oleh Kantor Akuntan Publik terkait reksadana yg dikelolanya.
  • Fund Fact Sheet. Manajer Investasi juga menghadirkan Fund Fact Sheet setiap tahunnya untuk calon investornya. Fund Fact Sheet mampu menunjukkan kinerja reksadana setiap bulannya, dan penempatan di instrumen investasi, tergolong anggaran reksadana dan faktor penting lainnya.

Pentingnya Membaca Prospektus Reksadana dan Fund Fact Sheet ReksaDana

Nah, sebelum berinvestasi Kalian harus menyimak prospektus reksadana dan Fund Fact Sheet reksadana. Tak kenal jadi tidak sayang, dengan menyimak prospektus dan Fund Fact Sheet reksadana ini  akan menunjukkan tidak sedikit manfaat. 

  • Anda mampu melakukan seleksi beragam reksadana di Indonesia yg jumlahnya hampir mencapai 300 produk, tergolong reksadana saham dan reksadana campuran. 
  • Apalagi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga mewajibkan para calon investor reksadana, supaya sebelum berinvestasi sudah menyimak dan memahami prospektus reksadana.
  • Prospektus reksadana dan Fund Fact Sheet reksadana ini merupakan buku petunjuk terkait investasi reksadana. Dengan membacanya terlebih dahulu, Kalian mampu memastikan bahwa produk reksadana yg dipilih sesuai dengan tujuan keuangan dan tujuan investasi Anda.

Yang Harus Dipahami dari Fun Fact-Sheet

Apa saja yg harus Kalian pahami sebelum berinvestasi reksadana ini? Berikut ulasannya.

  • Nilai Aktiva Bersih. Ini merupakan kualitas total kekayaan bersih setiap harinya. Jika kualitas ini setiap bulan mengalami peningkatan, Kalian sebagai investor akan memperoleh selisih profit dikurangi kualitas aktiva bersih sebelumnya. 
  • Unit Penyertaan. Ini merupakan kualitas satuan reksadana dalam hitungan per unit yg mengacu pada tingkat penjualan atau pembelian reksadana tertentu. 
  • Kinerja Reksadana. Kinerja produk reksadana dilihat dari akibat investasi dengan cara historis di periode tertentu mulai 1, 3, 6 bulan semenjak terbit dan semenjak awal tahun.
  • Informasi Pembanding. Ini tidak jarang juga disebut dengan benchmark yaitu info tambahan semacam kualitas persentase pembanding yg letaknya tidak jauh dari kinerja produk. Informasi pembanding ini mampu menjadi indikator kinerja produk reksadana dibandingkan dengan indeks tertentu dari produk sejenis. 
  • Alokasi Investasi dan Portofolio. Alokasi investasi merupakan info mengenai struktur persentase dana kelolaan yg dialokasikan oleh manajer investasi dalam bentuk portofolio efek tertentu.  Sementara alokasi portofolio mengacu pada  daftar efek penempatan reksadana. 

Nah, itulah arti Fund Fact Sheet dalam reksadana. Dengan demikian, seusai memahami dan menyimak Fund Fact Sheet dengan seksama, saat ini saatnya Kalian untuk berinvestasi. Jangan tunda lagi dan pastikan investasi reksadana yg Kalian pilih mempunyai kinerja yg baik. Semoga bermanfaat.