Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memilih Sekuritas Terbaik dan Terpercaya

Cara Memilih Sekuritas Terbaik dan Terpercaya


Kesempatan berinvestasi pada sekuritas terus terbuka lebar dengan terus banyaknya perusahaan sekuritas yg bermunculan. Namun untuk menentukan sekuritas terbaik, apa saja yg butuh diperhatikan supaya tidak justru merugi di masa mendatang?

Definisi Sekuritas

Dewasa ini kesadaran masyarakat untuk berinvestasi terus tinggi. Adapun salah satu istilah yg tidak jarang timbul terkait bidang ini merupakan sekuritas.

Dalam dunia keuangan dan pasar modal, yg dimaksud dengan sekuritas merupakan dokumen yg menjadi bukti penyertaan investasi seseorang kepada suatu urusan ekonomi atau perusahaan tertentu. Awalnya sekuritas berupa dokumen fisik, melainkan perkembangan teknologi digital menyebabkan sebagian besar sekuritas saat ini dalam bentuk dokumen elektronik.

Sekuritas juga bisa diartikan sebagai surat utang yg mempunyai sifat likuid. Artinya, sekuritas bisa dicairkan menjadi uang atau kas dengan cepat. Oleh sebab itulah tidak sedikit orang termasuk pemula dalam investasi yang memilih instrumen ini untuk menanamkan uangnya guna mendapatkan keuntungan kualitas di masa mendatang.

Jenis-Jenis Sekuritas

Mengetahui jenis-jenis sekuritas akan sangat menolong Kalian dalam menentukan sekuritas terbaik. Adapun dengan cara umum, sekuritas terbagi menjadi tiga tipe sebagai berikut.

1. Sekuritas Penghasilan Tetap

Instrumen tipe sekuritas ini merupakan obligasi, yakni surat utang jangka menengah-panjang yg dibayarkan pada jangka waktu tertentu. Pihak yg mengeluarkan obligasi bisa berupa pemerintah maupun perusahaan swasta.

Bunga obligasi dibayarkan dalam periode tertentu dengan rentang waktu umumnya antara satu hingga lima tahun. Besarnya suku bunga pasar memengaruhi tipe sekuritas ini—jika suku bunga pasar turun, jadi harga obligasi akan turun dan sebaliknya.

2. Sekuritas Penghasilan Tidak Tetap

Instrumen tipe investasi ini merupakan saham atau ekuitas, yakni tanda penyertaan modal seseorang dalam suatu perusahaan. Pihak yg menerbitkan saham merupakan perusahaan pemerintah maupun swasta.

Saham menjadikan pemiliknya mempunyai klaim atas pendapatan dan aset perusahaan tersebut. Selain itu, pemilik saham juga berhak hadir dalam RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham).

3. Sekuritas Karakter Pilihan

Yang tergolong dalam tipe sekuritas ini merupakan warrant, yakni hak untuk membeli saham pada waktu tertentu dengan harga tertentu yg telah ditentukan oleh penerbit warrant. Adapun yg merupakan tipe warrant antara lain index warrant dan stock warrant.

Warrant umumnya dipakai sebagai tambahan dikala obligasi diterbitkan. Seperti saham, tipe sekuritas ini juga bisa diperjualbelikan.

Cara Memilih Sekuritas Terbaik

Cara memilih sekuritas paling baik pada dasarnya terbagi atas dua faktor utama: memilih tipe sekuritas yg tepat dan memilih perusahaan sekuritas yg kredibel.

Memilih Jenis Sekuritas

Tiap tipe sekuritas mempunyai risiko, karakter, dan keuntungan masing-masing. Oleh sebab itu, Kalian butuh melakukan beberapa pertimbangan untuk menentukan tipe sekuritas paling baik mana yg sesuai dengan tujuan investasi maupun karakter diri sendiri.

Memilih Perusahaan Sekuritas

Melakukan investasi pada beragam instrumen sekuritas bisa dilakukan hanya dengan melewati perusahaan sekuritas. Seperti namanya, perusahaan ini merupakan perantara antara investor dan pasar modal. 

Untuk memilih perusahaan sekuritas paling baik demi meminimalisasi kerugian di masa yg akan datang, berikut merupakan beberapa faktor yg butuh Kalian perhatikan.

1. Legalitas Perusahaan Sekuritas

Cara pertama merupakan dengan memilih perusahaan sekuritas yg telah terdaftar di OJK dan BEI. Ada ratusan perusahaan yg telah dinilai legal oleh negara jadi jangan hingga Kalian justru terjebak dengan perusahaan abal-abal. Salah satu tutorial untuk memeriksa apakah perusahaan sekuritas yg diincar legal atau tidak merupakan melewati jalan masuk di website idx.com. 

2. Cek Rekam Jejak

Rekam jejak atau track record merupakan indikator penting dalam memilih perusahaan sekuritas terbaik. Sebagai catatan awal, tidak butuh terlalu kaget apabila sebagian besar perusahaan sekuritas sempat mendapat teguran BEI mengingat sanksi berupa teguran BEI terbukti biasa diberikan untuk permasalahan yg tetap dalam batas wajar. Namun bila perusahaan incaran telah mempunyai tidak sedikit stigma, hindari berinvestasi untuk memperkecil risiko rugi di kemudian hari.

3. Biaya dan Setoran

Setiap transaksi akan memunculkan anggaran komisi untuk broker atau pialang. Nominalnya berbeda-beda setiap perusahaan jadi Kalian butuh cermat dalam menyeleksinya. Selain itu, perhatikan pula batas setoran awal—pilihlah sesuai performa dengan tetap mempertimbangkan sudut keamanan lainnya.

Sekuritas merupakan suatu dokumen fisik maupun elektronik yg menjadi bukti penyertaan investasi seseorang kepada suatu perusahaan. Berdasarkan jenisnya, sekuritas terbagi atas sekuritas penghasilan tetap, sekuritas penghasilan tidak tetap, dan sekuritas karakter pilihan. Hal ini menjadi salah satu acuan dalam memilih sekuritas paling baik di samping memperhatikan pula sudut kredibilitas perusahaan sekuritas yg diincar.