Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Langkah Mudah Untuk Pemula yang Ingin Menabung Saham

5 Langkah Mudah Untuk Pemula yang Ingin Menabung Saham


Tidak ada kata telat atau terlalu cepat untuk mulai menabung saham. Apalagi sebab ketika ini saham bukan lagi ialah faktor yg asing bagi masyarakat milenial. Dengan kecanggihan teknologi, menabung saham ketika ini jauh lebih mudah untuk dipraktikkan. 

Salah satu modal utamanya ialah smartphone. Dengan perangkat ini, investor mampu mengamati pergerakan saham dengan cara real time. Jadi, keputusan yg diambil terkait jual beli saham pun lebih tepat. Nah, bagi pemula yg ingin menabung saham, ada beberapa langkah mudah yg mampu dilakukan. Berikut di antaranya:

1. Buka rekening efek di perusahaan sekuritas

Langkah pertama yg harus dilakukan ialah membuka rekening efek. Caranya hampir sama semacam membuka rekening di bank. Menabung saham terbukti semacam menabung uang di bank. Bedanya, pembukaan rekening efek melibatkan perusahaan sekuritas atau broker. Selain itu, saham mempunyai risiko investasi yg lebih besar.

Ada tidak sedikit perusahaan sekuritas di Indonesia. Supaya aman serta terjamin, pastikan perusahaan sekuritas yg dipilih telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sebagian besar perusahaan ini telah bekerja sama dengan bank konvensional, contohnya BCA Sekuritas. Perusahaan sekuritas akan mengutus karyawannya untuk mengakomodir calon nasabah di bank terkait. 

Jadi, Kalian hanya butuh datang ke bank tersebut serta membuka tabungan rekening efek. Jika belum mempunyai tabungan biasa, Kalian harus membuatnya terlebih dulu. Dokumen yg butuh dipersiapkan ialah kartu bukti diri semacam KTP, Kartu Keluarga (KK), NPWP, buku tabungan, serta meterai.

2. Top up ke rekening efek

Setelah membuka rekening efek, saatnya untuk mengisi rekening dengan sejumlah dana. Tujuannya untuk memudahkan proses pembelian saham di bursa efek. Setelah melakukan top up, Kalian akan memperoleh jalan masuk ke software  jual beli saham yg dimiliki oleh perusahaan sekuritas. 

Supaya lebih praktis, setorkan dana setiap bulan dengan cara selalu ke rekening efek  dengan memanfaatkan fitur auto transfer. Bukan hanya mudah, tutorial ini akan membikin Kalian lebih disiplin untuk berinvestasi. Nominal dana yg disetorkan tidak harus besar. Dengan dana Rp100.000 per bulan, Kalian telah mampu memperoleh saham sejumlah emiten.

3. Lakukan pembelian saham

Langkah selanjutnya, perbuat pembelian saham. Caranya sangat mudah, lumayan dengan melakukan klik pada tombol buy. Lalu, masukkan jumlah pembelian saham, yaitu minimal 1 lot (100 lembar). 

Masalahnya, bagaimana menentukan emiten yg sebaiknya dikoleksi oleh investor pemula? Perlu diketahui, ketika membuka akun saham di suatu perusahaan sekuritas, Kalian mampu mengakses yg akan terjadi riset beberapa emiten yg disediakan dengan cara selalu oleh perusahaan sekuritas. 

Nah, tidak butuh menghabiskan waktu untuk mendalami keuangan emiten yg rumit itu. Kalian hanya butuh menyimak ringkasannya. Dari info ini, Kalian mampu memilih emiten yg harus dikoleksi.

4. Beli saham lalu “lupakan”

Saham ialah instrumen investasi jangka panjang. Hasilnya mampu didapatkan dengan cara ideal 3 tahun kemudian. Investor pemula harus memahami faktor ini. Jadi, mesikipun saham bergerak naik serta turun sesuai keadaan pasar, tidak butuh terlalu panik. Hal yg butuh dilakukan ialah membeli saham, lalu “melupakannya”, apalagi apabila jumlahnya tidak terlalu besar. 

Investor sebaiknya tidak melakukan trading saham atau jual beli saham pada bagian awal. Aksi ini mampu mengakibatkan kerugian. Sebagai bentuk investasi, saham terbukti tidak terlepas dari risiko. Apalagi apabila investor belum pakar menyimak fluktuasi di pasar saham.

5. Persiapkan dana darurat 

Sebelum mengawali berinvestasi, Kalian pun harus mempersiapkan dana darurat. Idealnya, besar dana darurat ialah tiga kali jumlah pengeluaran bulanan. Dana darurat sangat penting. Pasalnya, dana inilah yg mampu diandalkan apabila pengeluaran lebih besar daripada seharusnya sebab keadaan tertentu. 

Sebaiknya, dana darurat ditempatkan di rekening yg tidak sama dengan rekening sehari-hari. Tujuannya agar dana tersebut tidak dimanfaatkan untuk hal-hal yg tidak penting.

Nah, inilah sejumlah langkah mudah yg butuh dilakukan untuk menabung saham. Sebagai investor pemula, keuntungan investasi terbukti tidak mampu eksklusif dinikmati. Meskipun demikian, dengan meningkatkan tidak sedikit wawasan serta melatih kemampuan, Kalian mampu menjadikan saham sebagai sumber penghasilan yg menguntungkan. Yuk, mulai berinvestasi sekarang!