Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memilih Investasi yang Sesuai Bagi Pemula

Cara Memilih Investasi yang Sesuai Bagi Pemula


Kembali melirik sedikit ke belakang, arti dari investasi merupakan mengorbankan dana atau aset yg dimiliki kini untuk memperoleh yg akan terjadi yg lebih di masa depan, dalam jangka waktu tertentu. Tujuan-tujuan yg biasanya dimiliki oleh seorang investor merupakan semacam untuk menyiapkan kehidupan aman dengan cara finansial di masa pensiun, kepentingan bisnis, atau keperluan pendidikan anak buah keluarga.

Lalu, bagaimana tutorial memilih investasi?  Pertama-tama, Kalian akan berkenalan dengan berbagai tipe opsi investasi yg dapat diubahsuaikan berdasarkan kebutuhan serta kondisi Kalian sekarang. Penjelasan untuk masing-masing jenisnya merupakan sebagai berikut.

1. Properti

Properti ini dapat berupa bangunan (rumah, ruko, atau apartemen) serta tanah. Nilai bangunan mungkin dapat saja menurun sebab usia, tetapi kualitas tanah relatif meningkat setiap tahunnya. Investasi properti mempunyai poin plus serta minusnya.

Dari sisi meningkatkan pendapatan bulanan atau tahunan, sebuah bangunan dapat disewakan. Jenis investasi ini juga mempunyai risiko kerugian kecil sebab kualitas yg cenderung naik tadi. Namun begitu, untuk mengawali investasi, Kalian akan memerlukan dana besar sebab wajib membangun atau membeli rumah beserta tanahnya. Selain itu, sebab sifatnya yg tak mudah diuangkan, Kalian akan kesulitan ketika sedang memerlukan dana dengan cara mendadak.

2. Emas

Jika ada yg bertanya tipe investasi apa saja yg digemari di Indonesia, jadi salah satu jawabannya merupakan emas atau logam mulia. Sifatnya yg mudah diuangkan atau dipasarkan (likuid) serta awet membikin investasi emas terus disukai.

Namun begitu, kualitas emas dapat saja mengalami penurunan. Selain itu, tak semacam properti, emas juga tak dapat memperlihatkan pendapatan tambahan bagi pemiliknya.

3. Saham

Investasi saham berarti menanam modal pada perusahaan tertentu. Dengan saham ini, Kalian akan memperoleh keuntungan melewati laba berdasarkan jumlah saham yg Kalian miliki (dividen). Nilai saham tak menentu sebab perubahan dapat saja terjadi setiap harinya.

Jika ada laba, jadi ada pula rugi. Memang, dibandingkan dengan tipe investasi lainnya, saham mempunyai imbal balik (return) yg tinggi. Namun begitu, kualitas saham yg berubah-ubah serta kebangkrutan perusahaan daerah Kalian menanam modal akan berpeluang besar membikin Kalian rugi.

4. Obligasi

Penyebutan lain dari obligasi merupakan utang. Namun dalam faktor ini, sang investorlah yg memberi pinjaman terhadap perusahaan atau pemerintah. Dalam jangka waktu tertentu, pihak yg mendapatkan pinjaman akan mengembalikan bunga serta modal utamanya terhadap Anda.

Terlepas dari pendapatannya yg aman—terutama apabila pihak yg mendapatkan pinjaman merupakan pemerintah—imbal balik dari tipe investasi obligasi ini relatif rendah. Kemudian, jangka waktu pencairan bunga yg telah ditetapkan (fixed) membikin si investor tak dapat menggunakannya mesikipun dalam kondisi darurat.

5. Reksa Dana

Untuk para investor pemula yg belum mempunyai pengetahuan mendalam seputar tutorial memilih serta melakukan investasi, menanam modal melewati reksa dana benar-benar dianjurkan. Di sini, para profesional yg disebut Manajer Investasi akan mengelola uang Kalian melewati variasi investasi semacam saham, obligasi, serta deposito.

Anda akan dikenakan anggaran pengelolaan. Untuk kisaran kualitas awal untuk berinvestasi, Rp100.000 pun sangat mungkin sebab Kalian tak sendiri ketika mengawali investasi tersebut (bersama-sama dengan investor lainnya).

Investasi Vs Inflasi

Kondisi perekonomian sebuah negara dianggap mengalami penambahan jumlah uang yg beredar apabila kualitas valuta merosot serta menyebabkan kenaikan harga barang dengan cara menyeluruh. Lalu, apa hubungannya dengan opsi tipe investasi?

Beberapa permasalahan menandakan bahwa tabungan/kas serta deposito di bank nyatanya tak tepat dianggap sebagai instrumen investasi ideal sebab suku bunganya yg gagal melawan persentase inflasi. Jadi dari fakta ini, Kalian sebaiknya mulai memetakan tipe investasi apa saja yg sanggup menutupi penambahan jumlah uang yg beredar tersebut, sampai Kalian tak butuh mengalami kerugian.

Apakah Ada Alternatif Investasi Lain?

Tidak lebih familer dari investasi emas serta saham atau yg lainnya, tetapi sistem investasi ini telah mulai diminati oleh tak sedikit investor di Indonesia. Namanya merupakan crowdfunding. Berasal dari Bahasa Inggris crowd untuk ramai serta funding untuk pendanaan.


Sederhananya, sistem ini memakai konsep pendanaan dengan tutorial ‘gotong royong’ melewati sebuah platform daring (dalam jaringan) atau online. Sesuai dengan namanya, sejumlah investor akan menyuntikkan dana terhadap sebuah proyek. Karena jumlah investornya yg relatif banyak, dana yg diinvestasikan tak wajib dalam jumlah besar.


Dalam investasi dengan sistem crowdfunding, memperkecil risiko kerugian dalam perjanjian bagi yg akan terjadi antara pemberi dana serta pencipta dapat dengan tutorial memahami lebih dalam proyek yg akan dilakukan. Industri yg telah tak jarang memerlukan sistem ini merupakan industri kreatif.


Demikianlah pembagian terstruktur mengenai tentang jenis-jenis investasi yg umum tersedia di Indonesia. Setelah memahami kelebihan serta kekurangan masing-masing jenis, tahapan dalam tutorial memilih investasi selanjutnya merupakan menyesuaikan opsi dengan kondisi serta harapan Anda.


Hal-hal tersebut dapat saja dilihat dari sudut pendapatan, tujuan, komitmen dalam menjalankan investasi, sampai perhitungan untung-ruginya.