Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membaca Analisis Fundamental Saham

Cara Membaca Analisis Fundamental Saham


Saham merupakan tipe investasi yg mempunyai tingkat risiko kerugian sangat tinggi. Apalagi, ketika Kalian melaksanakan investasi saham tanpa disertai penilaian nilai saham dengan cara tepat. Untuk meminimalkan risiko kerugian tersebut, Kalian butuh melakukan analisis yg berfungsi mengenal nilai intrinsik saham. Salah satu metodenya merupakan analisis fundamental saham. 

Melalui analisis fundamental saham, Kalian bisa menghindarkan diri dari pembelian saham yg tidak layak untuk dibeli. Terkait kelayakan saham tersebut, setiap orang-orang bakal mempunyai preferensi tersendiri. Meski memakai metode analisis yg sama, kemungkinan besar Kalian bakal punya akibat yg tidak sama dengan orang-orang lain. Hal itu bisa terjadi sebab kemampuan menyimak analisis. 

Dengan metode pembacaan yg tepat, Kalian bakal mendapatkan akibat analisis yg lebih akurat. Untuk menolong Kalian supaya bisa menyimak analisis fundamental saham dengan tutorial lebih baik, tersedia 7 trik penting yg bisa dipraktikkan, yaitu: 

1. Tetapkan time frame

Saat melakukan analisis, investor sebaiknya memakai time frame jangka panjang. Alasannya, sebab pengawasan keadaan pasar dalam jangka panjang mempunyai pengaruh lebih besar dibandingkan jangka pendek. 

2. Cermati price earning ratio (PER)

Tips selanjutnya merupakan terkait PER, yg bermanfaat untuk mendapatkan angan-angan terkait tingkat keuntungan dibandingkan nilai saham perusahaan. Saham bernilai terjangkau bila punya PER lebih rendah dibandingkan PER rata-rata dalam suatu sektor industri. 

Hanya saja, jangan mudah terkecoh ketika mendapati saham dengan PER murah. Meski punya nilai PER murah, bukan berarti saham perusahaan tersebut mempunyai nilai bagus. Jadi, kalaupun mendapati saham dengan PER murah, selidiki kualitasnya. 

3. Lakukan pendekatan top down

Tips selanjutnya dalam melakukan pembacaan analisis fundamental saham merupakan lewat pendekatan top down. Pendekatan ini bisa Kalian perbuat dengan melakukan analisis dengan cara berurutan, mulai dari analisis ekonomi makro, industri perusahaan, hingga keadaan perusahaan. 

Analisis ekonomi makro dilakukan dengan menonton kebijakan ekonomi yg diterapkan pemerintah dan tingkat kestabilan politik. Selanjutnya analisis industri dilakukan dengan memantau tingkat perkembangan sektor industri. Terakhir, analisis dijalankan dengan menonton nilai manajemen dan keadaan keuangan perusahaan. 

4. Konsistensi peningkatan laba perusahaan

Tips selanjutnya yg butuh Kalian perbuat ketika menyimak analisis fundamendal saham merupakan terkait konsistensi tingkat laba perusahaan. Usahakan untuk mengincar saham perusahaan yg dengan cara konsisten sanggup menghasilkan laba bersih dari tahun ke tahun. 

Anda butuh menghindari pembelian saham yg mempunyai laba turun naik dengan cara berulang-ulang. Perusahaan yg keren bakal mempunyai kemampuan yg positif, dibuktikan dengan profit dengan cara konsisten. Sebagai pelengkap, Kalian juga butuh memastikan bahwa tingkat laba perusahaan selaras dengan jumlah penjualannya. 

5. Nilai utang

Kepemilikan utang oleh suatu perusahaan merupakan faktor yg lumrah. Hanya saja, jangan hingga membeli saham perusahaan yg punya utang sangat besar. Patokan penilaian standar kepemilikan utang perusahaan bisa Kalian perhitungkan dengan menonton angka debt to equity ratio atau DER. 

Anda butuh memastikan bahwa jumlah utang perusahaan kurang besar dibandingkan total modalnya. Nilai DER dihitung dengan membandingkan total utang dengan total ekuitas dan dikalikan 100%. Dari akibat perhitungan itu, perusahaan yg mempunyai DER lebih dari 1, menjadi indikator bahwa perusahaan punya keadaan keuangan tidak sehat. 

6. Tingkat pengembalian

Tips selanjutnya, bisa dilakukan dengan menonton tingkat pengembalian investasi saham perusahaan. Caranya, bisa dilaksanakan dengan menonton data return on asset (ROA) dan return on equity (ROE). Perusahaan yg mempunyai ROA dan ROE tinggi bakal menjanjikan tingkat keuntungan yg juga tinggi. 

7. Dividen

Kalau Kalian mengharapkan keuntungan investasi saham berupa dividen, bisa mencermati angka DPR atau dividen payout ratio. Nilai DPR menjadi indikator seberapa besar persentase pembayaran dividen oleh suatu perusahaan. 

Itulah 7 trik penting yg bisa Kalian praktikkan ketika ingin mendapatkan keuntungan dalam berinvestasi saham melewati analisis fundamental saham. Ingat, analisis tersebut tidak akan menjanjikan akibat yg pasti. Artinya, tersedia kemungkinan mengalami kerugian walau telah melakukan analisis dan mempraktikkan trik di atas dengan cara lengkap. 

Dalam situasi semacam itu, jadikan kegagalan berinvestasi sebagai sarana belajar. Dari pengalaman tersebut, Kalian bakal mendapatkan tidak sedikit pelajaran jadi sanggup melakukan pembacaan analisis fundamental saham dengan lebih baik.