Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana Cara Mulai Menabung Emas yang Menguntungkan? Simak Ulasannya Berikut Ini

Bagaimana Cara Mulai Menabung Emas yang Menguntungkan? Simak Ulasannya Berikut Ini


Menabung emas ialah salah satu opsi investasi yg terus marak selagi beberapa tahun terakhir. Hal ini disebabkan tidak lain oleh kualitas emas lebih menguntungkan di masa mendatang dibandingkan kualitas uang yg terus tergerus inflasi. Mengapa demikian?

Menabung Uang vs Menabung Emas

Perhatikan ilustrasi berikut. Sebagai contoh, kamu menabung uang di bank sebesar satu juta rupiah dengan bunga sebesar 1,25% per tahun. Sementara itu, kualitas penambahan jumlah uang yg beredar per tahun mencapai angka kurang lebih 2,7%. Artinya, walau dengan cara nominal uangmu bertambah di tahun berikutnya, kualitas uangmu justru berkurang. 

Berbeda dengan emas yg justru nilainya relatif bertambah setiap tahun. Salah satu alasannya yg paling kuat ialah alasannya ialah ketersedian sumber daya alam besi mulia yg terbatas serta tidak bisa diperbarui. Dengan terus sedikit ketersediaan emas di dunia serta seiring berjalannya waktu, wajar apabila nilainya di kemudian hari pun akan menjadi jauh lebih tinggi.

Menabung Emas Batangan

Perlu diingat, tipe emas yg direkomendasikan sebagai investasi ialah emas batangan. Hal ini disebabkan emas pada bentuk lain semacam perhiasan biasanya telah mendapat campuran dari beberapa bahan lainnya. Di samping itu, harga jual-beli emas perhiasan juga boleh jadi dipengaruhi oleh kerumitan ukiran, desain, serta lain-lain yg terbilang lumayan subjektif. Oleh alasannya ialah itu, menabung emas batangan ialah faktor yg disarankan.

Ada beberapa pihak yg mulai memperkenalkan layanan tabungan emas, salah satunya ialah Pegadaian. Badan keuangan milik pemerintah ini telah menyediakan fasilitas menabung emas semenjak tahun 2016 silam.

Cara Menabung Emas

Prosedur menabung emas di Pegadaian sangat mudah serta tidak berbelit-belit. Pun demikian dengan besarnya angsuran tabungan yg butuh kamu bayarkan. Untuk selengkapnya, baca langkah-langkah menabung emas berikut ini.

  • Cek harga emas kali ini melewati website resmi PT Antam. Harga pada website tersebut bisa menjadi acuan alasannya ialah umumnya harga di Pegadaian lebih tinggi kurang lebih 3%.
  • Tentukan berat emas yg akan dibeli sesuai dengan kebutuhan dana. Pembelian Tabungan Emas bisa berlaku mulai dari 0,01 gram.
  • Datanglah ke kantor Pegadaian terdekat dengan mengangkat persyaratan berikut ini: Identitas diri yg tetap berlaku (KTP atau  paspor) baik orisinil maupun salinan, Biaya transaksi sebesar Rp10.000,00 untuk administrasi serta Rp30.000,00 untuk fasilitas titipan selagi 12 bulan. 
  • Isi formulir dengan data sebenar-benarnya.
  • Bayarlah anggaran transaksi yg telah ditentukan.
  • Selesai. 

Setelah memperoleh buku Tabungan Emas, kamu pun bisa melakukan pembelian Tabungan Emas. Sebagai catatan, saldo emas ini tidak akan diberikan padamu dalam bentuk cetakan emas selagi kamu tidak menghendakinya. 

Ketentuan Lain Saat Menabung Emas di Pegadaian

Selain memahami tutorial menabung emas di kantor Pegadaian di atas, berikut beberapa faktor lain yg butuh kamu ketahui.

  • Pendaftaran Tabungan Emas Pegadaian juga bisa dilakukan melewati Agen Pegadaian, Pegadaian Digital, serta Pegadaian Digital Syariah.
  • Bila pendaftaran dilakukan di tidak hanya kantor Pegadaian, jadi buku Tabungan Emas bisa diperoleh dengan syarat: Datang pribadi ke kantor Pegadaian, Maksimal enam bulan semenjak melakukan pembukaan rekening.
  • Bila ingin mencetak emas, pastikan saldo minimal yg tersisa seusai pencetakan ialah 0,1 gram.
  • Emas cetakan bisa diterima dalam jangka waktu 15-45 hari tergantung lokasi kantor Pegadaian.

Nah, itulah info seputar menabung emas. Pada dasarnya, tabungan ini ialah salah satu tipe investasi jadi uang yg kamu miliki akan bertambah nilainya di kemudian hari. Cara menabung emas pun terbilang sangat mudah serta bisa kamu perbuat dengan modal awal yg tidak rutin besar.

Menabung emas ialah salah satu bentuk investasi yg mempunyai risiko rendah. Bila ingin mendapat  bunga yg nilainya lumayan signifikan, kamu butuh menantikan waktu beberapa tahun. Namun di segi lain, tabungan ini juga mempunyai likuiditas yg tinggi jadi kapan pun kamu memperlukan uang, saldo emas yg kamu miliki bisa diubah menjadi uang tunai.