Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memilih Manajer Investasi Reksadana Dengan Tepat

Cara Memilih Manajer Investasi Reksadana Dengan Tepat


Reksadana ialah salah satu instrumen investasi yg paling tidak sedikit diburu khususnya bagi pemula. Hal ini sebab berinvestasi di reksadana terbilang lumayan mudah untuk dipahami, bisa dilakukan dengan dana yg relatif terjangkau, serta adanya manajer investasi untuk mengelola portofolio investasi yg dilakukan.

Di segi lain, oleh sebab portofolio investasi dikelola oleh manajer investasi, jadi memilih manajer investasi paling baik ialah faktor yg sangat krusial. Saat ini ada sebanyak 98 manajer investasi yg terdaftar di OJK. Untuk memilih mana yg terbaik, pertimbangkanlah beberapa faktor berikut.

1. Pilih yang Legal

Hal paling mutlak dalam menentukan manajer investasi paling baik ialah dengan menonton legalitasnya. Sebagai catatan, manajer investasi bukan ialah bentuk perseorangan,  melainkan perusahaan berizin. Adapun individu yg mengelola manajer investasi disebut dengan ‘wakil manajer investasi’.

Kamu bisa memeriksa apakah manajer investasi yg diincar telah terdaftar di OJK atau belum melewati website web resmi OJK. Adapun yg dimaksud dengan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) ialah lembaga negara yg independen serta bertujuan menyelenggarakan sistem pengaturan serta pengamatan yg terintegrasi kepada keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan, tergolong investasi.

Hal ini sangat penting untuk dilakukan mengingat salah satu peranan manajer investasi ialah menghimpun dana masyarakat. Namun, tidak seluruh pihak penghimpun dana masyarakat ialah manajer investasi. Oleh sebab itu, supaya investasi tidak sia-sia serta tertipu manajer investasi bodong, periksa legalitasnya. 

2. Periksa Track Record serta Performansi

Track record ialah faktor penting lainnya yg butuh kamu perhatikan ketika memilih manajer investasi terbaik. Lihat seberapa lama perusahaan tersebut telah berkecimpung dalam bidang manajemen investasi serta bagaimana pengalamannya dalam menghadapi beberapa keadaan pasar. Kamu pun pastinya bisa memperoleh info ini dengan lebih mudah baik melewati ulasan investor lainnya maupun rekomendasi orang terdekatmu.

Fund fact sheet juga butuh menjadi faktor yg tidak luput dari perhatianmu. Fund fact sheet ialah laporan produk reksadana yg diterbitkan oleh manajer investasi serta memuat beberapa info penting semacam kinerja produk reksadana, jumlah dana yg dikelola, serta portofolio.

Laporan ini biasanya tidak terlalu panjang jadi tidak susah untuk dipelajari. Umumnya fund fact sheet hanya terdiri dari satu halaman serta berisi ringkasan komplet mengenai reksadana. Adapun fund fact sheet terakhir yg diterbitkan biasanya berselang satu bulan dari waktu ketika ini. Seperti misal apabila kini ialah bulan Maret, jadi fund fact sheet teranyar ialah fund fact sheet bulan Februari.

3. Gaya Berinvestasi

Investasi ialah kegiatan finansial yg memperlukan perhitungan matang serta kejelian tinggi sebab risiko yg dimiliki tiap instrumen. Oleh sebab itu, memilih manajer investasi paling baik juga wajib diadaptasi dengan karaktermu sendiri dalam mengelola investasi.

Ada beberapa manajer investasi yg terbukti sanggup menghasilkan timbal balik tinggi, melainkan mempunyai kecenderungan untuk mengambil risiko yg tinggi dalam mengelola dana para investor. Kalau kamu tergolong individu yg proaktif serta berani dalam mengambil risiko tinggi, jadi gaya pengelolaan semacam ini tepat untukmu.

Sebaliknya, ada pula manajer investasi yg memilih untuk ‘bermain aman’. Dibandingkan return yg tinggi, keuntungan yg lebih rendah melainkan tetap dalam koridor aman menjadi pilihannya. Gaya pengelolaan semacam ini tepat untukmu yg cenderung konservatif serta tidak terlalu agresif.

4. Pengecekan Silang

Selain di OJK, kamu juga bisa memeriksa apakah calon manajer investasi yg akan dipilih sangatlah layak atau tidak melewati pengecekan silang. Kamu bisa melakukan peninjauan antara daftar manajer investasi terdaftar pada OJK serta info yg tersedia di prospektus. 

Hal ini penting untuk mengenal apakah calon manajer investasi yg kamu pantau terbilang ‘bersih’ atau tidak. Umumnya, kamu bisa mengenal di web manajer investasi mana yg memperoleh sanksi atau peringatan sebab telah melanggar aturan. Untuk menghindari investasi di kemudian hari bermasalah, pastikan bahwa manajer investasi pilihanmu terbukti tidak sempat ataupun sedang memperoleh sanksi dari regulator pasar modal.

Manajer investasi ialah perusahaan yg akan membantumu mengelola investasi reksadana. Saat ini ada 98 perusahaan yg terdaftar di OJK, melainkan kamu juga butuh melakukan pengecekan silang serta mempertimbangkan beberapa faktor lain sebelum memutuskan mana yg akan menjadi manajer investasi paling baik buatmu.