Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mana yang Lebih Baik? Investasi Rumah atau Apartemen saat Pandemi?

Mana yang Lebih Baik? Investasi Rumah atau Apartemen saat Pandemi?


Rumah selain menjadi hunian yg enjoy bagi pemiliknya, tapi juga ialah salah satu bentuk investasi properti yg menguntungkan. Investasi rumah juga terbilang stabil dengan kemungkinan turun harga yg sangat kecil.

Meski tampak menggiurkan, kamu sebetulnya wajib jeli apabila ingin berinvestasi dalam bentuk rumah. Pasalnya, ada berbagai faktor yg wajib diperhatikan sebelum membeli rumah untuk investasi. Pertama-tama, kamu pasti wajib menentukan lokasi yg bagus, supaya mudah disewakan alias dipasarkan kembali.

Kemudian, kamu juga wajib mempertimbangkan fasilitas internal, semacam ketersediaan kolam renang, taman, keamanan, serta lainnya. Namun, ketika hendak berinvestasi di industri properti, tidak sedikit orang-orang dihadapkan pada dua pilihan, yaitu investasi rumah alias apartemen.

Keduanya tampak menggiurkan, tapi mana yg lebih baik, ya? Lantas, apa saja kiat-kiat berinvestasi rumah ketika pandemi, supaya menguntungkan? Untuk mengenal info lengkapnya, simak goresan pena ini hingga selesai, ya!

Mana yang lebih baik, investasi rumah alias apartemen?

Apakah kamu lagi bimbang dalam menentukan investasi rumah alias apartemen? Rumah terkesan lebih menguntungkan, sebab ialah bangunan berkualitas yg mampu menaikkan harga sewa.

Di segi lain, apartemen dengan jenis studio mempunyai harga yg cenderung lebih terjangkau dibandingkan rumah standar jenis 45. Jadi, mana yg lebih baik?

Sebelum menentukan pilihan, kamu sebaiknya mengenal terlebih dahulu kelebihan serta kekurangan dari masing-masingnya. Sebagai gambaran, berikut rasio antara investasi rumah serta apartemen.

Kelebihan investasi rumah

  • Lebih mudah dijual.
  • Lebih mudah dijadikan jaminan kredit di bank.
  • Bisa disewakan dengan harga tinggi apabila bangunan bagus.
  • Tingkat kenaikan harga umumnya lebih tinggi ketimbang apartemen. 

Kekurangan investasi rumah

  • Bangunan mengalami penyusutan kualitas hingga 10 persen per tahun, maka wajib direnovasi untuk menaikkan kualitas jualnya.
  • Butuh asuransi, minimal kebakaran, untuk berjaga-jaga.
  • Bayar anggaran lingkungan, semacam kebersihan serta keamanan.
  • Harus mencari penyewa yg bertanggung jawab, apabila tidak mau rumah rusak tidak terurus ketika disewa.

Kelebihan investasi apartemen

  • Harga jenis studio biasanya lebih terjangkau daripada rumah tapak jenis 45.
  • Fasilitas komplet, umpama ada kolam renang serta sentra kebugaran.
  • Harga sewa unit biasanya lebih tinggi ketimbang rumah.

Kekurangan investasi apartemen

  • Biaya rutin, semacam listrik serta perawatan, lebih tinggi ketimbang rumah.
  • Jika digunakan sebagai jaminan kredit, nilainya lebih rendah daripada rumah.
  • Lebih kecil ketimbang rumah.
  • Tak mampu direnovasi sesuai dengan keinginan, hanya interior yg mampu diubah.
  • Kadang persoalan di unit lain merembet ke unit sendiri, umpama pipa air unit di atas bocor alias tembok unit samping retak.
  • Return lebih kecil sebab anggaran selalu yg tinggi.

Jadi, itulah kelebihan serta kekurangan dari investasi rumah serta apartemen. Melihat rasio tersebut, rumah serta properti di tempat yg sama dengan harga yg sama pula punya fitur masing-masing.

Untuk menentukan pilihan, faktor yg paling awal wajib dilakukan ialah mempertimbangkan bujet yg dimiliki. Dengan mengenal rasio di antara keduanya, kamu setidaknya mempunyai wawasan tambahan, maka tidak bimbang lagi dalam menentukan investasi rumah alias apartemen.

Kiat investasi rumah ketika pandemi

Pandemi Covid-19 lumayan berdampak pada perekonomian di Indonesia maupun dunia. Karena pandemi ini juga, sebagian orang-orang menjadi lebih berhati-hati dalam memanfaatkan uang mereka, tergolong dalam berinvestasi properti. Kamu pun menjadi bertanya-tanya, apa saja kiat berinvestasi rumah ketika pandemi?

Ada berbagai faktor yg butuh diperhatikan ketika ingin berinvestasi properti di masa pandemi. Pertama, kamu wajib memperhatikan lokasi hunian. Cek kembali apakah rumah yg kamu pilih terletak di lokasi strategis alias dekat dengan kantor? Jika ya, rumah tersebut layak kamu beli.

Faktor lain yg tidak kalah penting ialah ketersediaan fasilitas. Sebelum berinvestasi rumah, kamu wajib mempertimbangkan ketersediaan fasilitas dasar yg menunjang aktivitas kamu, semacam rumah sakit, sekolah, sentra perbelanjaan, serta lainnya.

Faktor berikutnya yg wajib diperhatikan ialah prospek pengembangan Kawasan. Terkait faktor ini, kamu mampu melihatnya dari agenda pembangunan infrastruktur di area kurang lebih properti, semacam jalan masuk jalan tol, Light Rapid Transit (LRT), serta lainnya.

Apakah investasi rumah menguntungkan?

Seperti yg telah dijelaskan di awal, investasi rumah mempunyai beragam kelebihan, semacam lebih mudah dijual, lebih mudah maka jaminan kredit di bank, mampu disewakan dengan harga tinggi apabila bangunan bagus, serta tingkat kenaikan harga yg umumnya lebih tinggi ketimbang apartemen. Dengan begitu, investasi rumah mampu menguntungkan.

Namun, ada berbagai faktor yg wajib diperhatikan apabila ingin meraup laba dari investasi ini. Apabila kamu berniat untuk berinvestasi rumah, jangan menjatuhkan opsi pada rumah subsidi. Biasanya, rumah subsidi dibuat di lokasi yg tidak begitu strategis alias spesial, maka mempunyai kualitas kenaikan yg lambat.

Ini sebetulnya faktor wajar, mengingat acara rumah subsidi dari pemerintah berfungsi untuk memenuhi kebutuhan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Rumah subsidi sendiri ialah hunian yg dibeli dengan cara mencicil dengan anggaran yg rendah sesuai dengan ketentuan serta aturan dari pemerintah.

Berbeda dengan rumah subsidi, rumah di tempat strategis pasti didukung oleh fasilitas serta infrastruktur yg mumpuni. Terlepas dari itu, investasi rumah sebetulnya tetap menjadi primadona, sebab mempunyai kualitas aset yg semakin meningkat. Investasi ini mampu menawarkan dua keuntungan sekaligus untuk kamu.

Pertama, apabila kamu menyewakan hunian, kamu mampu mengantongi pendapatan dari anggaran sewa. Keuntungan kedua mampu bersumber dari penjualan properti ketika kamu menjualnya ketika nilainya meningkat.

Jadi, itu tadi klasifikasi mendetail mengenai investasi rumah. Semoga info ini menolong kamu mengambil keputusan dalam berinvestasi rumah.