Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Beberapa Alasan Meningkatnya Harga Emas

Inilah Beberapa Alasan Meningkatnya Harga Emas


Sejak beberapa waktu terakhir, harga emas semakin melambung. Hingga awal September 2020, harga sudah menyentuh angka Rp1.064.000. Ada pun argumen meningkatnya harga emas sudah dikupas oleh beberapa ahli ekonomi. Hal yg pasti, semua orang-orang ketika ini menjadi tertarik untuk menginvestasikan uang pada besi mulia ini.

Namun, apakah investasi emas terbukti rutin menguntungkan? Banyak pihak yg menyebutnya demikian. Sebenarnya, emas digolongkan dalam investasi dengan risiko yg rendah. Perubahannya cenderung naik dari masa ke masa. Nah, agar makin yakin berinvestasi besi mulia ini, baca 7 alasa meningkatnya harga emas berikut.

Alasan Meningkatnya Harga Emas

1. Perang dagang Amerika Serikat vs China

Perang dagang antara dua negara besar ini salah satunya dipicu oleh sejumlah kebijakan. Dimulai pada Maret 2018 lalu, Donald Trump, Presiden Amerika Serikat, memberitahukan pengenaan tarif impor sebesar 10-25% kepada produk dari China. Kebijakan tersebut dibalas oleh China dengan menerapkan tarif yg hampir sama pada barang impor dari Amerika Serikat.

Kondisi yg makin memanas tersebut membikin para investor enggan untuk terlibat. Mereka berusaha untuk menghindari aktivitas yg risikonya tinggi. Banyak di antaranya yg beralih ke investasi emas. Inilah salah satu penyebab harga emas makin melambung.

2. Nilai tukar rupiah melemah

Faktor lain yg menjadi argumen meningkatnya harga emas merupakan kualitas tukar rupiah yg semakin melemah. Sejak 2019, kualitas tukar rupiah berada pada angka Rp14.000-an per USD serta cenderung naik.

Hal ini sangat berpengaruh kepada kualitas emas dunia. Pasalnya, harga emas dunia mempunyai kekerabatan dengan kualitas dolar. Jadi, apabila kualitas tukar rupiah makin melemah, harga emas akan semakin mengalami lonjakan. 

3. Tingkat suku bunga menurun

Makin menurun tingkat suku bunga, harga emas makin naik. Demikian pula sebaliknya, harga emas akan turun apabila suku bunga naik. Konsep ini butuh diketahui apabila Kalian ingin berinvestasi emas. 

Nah, tingkat suku bunga belakangan ini dinyatakan ditahan pada rentang 2,25 sampai 2,5 persen oleh The Fed, bank sentral Amerika Serikat. Para investor memperkirakan akan terjadi penurunan kualitas suku bunga yg mampu mendongkrak harga emas melonjak.

4. Permintaan makin banyak

Alasan meningkatnya harga emas juga mampu dikarenakan oleh hal permintaan yg semakin bertambah. Dalam hukum ekonomi, apabila permintaan naik, jadi kualitas barang pun akan naik. Hal ini berlaku pula pada emas jadi membikin harganya makin melejit. 

5. Pasokan emas tidak bertambah signifikan

Meski permintaan semakin bertambah, pasokan emas dari waktu ke waktu terbilang stabil atau tidak mengalami peningkatan signifikan. Sementara itu, jumlah permintaan emas makin banyak. Inilah salah satu argumen meningkatnya harga emas dari waktu ke waktu.

6. Bayang Inflasi

Kondisi pandemi memunculkan kekhawatiran pada setiap lapisan masyarakat. Tiap orang-orang berusaha untuk melindungi diri dengan beberapa cara, tergolong apabila ketika terjadi penambahan jumlah uang yg beredar besar-besaran. Bagi para investor, membeli emas merupakan salah satu taktik sebab besi mulia ini melindungi kualitas dari inflasi. Berbeda dengan uang kertas yg nilainya mudah tergerus.

7. Kebijakan Bank Sentral

Tiap negara tentu mempunyai bank sentral. Di Indonesia, bank sentral disebut Bank Indonesia. Kenaikan harga emas salah satunya dikarenakan oleh keputusan bank sentral yg melakukan pembelian emas dengan cara besar-besaran beberapa waktu terakhir. Menurut survei dari Central Bank Gold Reserve (CBGR), bank sentral di seluruh dunia sudah membeli emas sebanyak 650 ton semenjak 2018 lalu.

Menurut survei terbaru, seperlima dari seluruh bank sentral di dunia menyebutkan akan melakukan pembelian emas pada bulan-bulan mendatang. Alasan pembelian emas merupakan adanya suku bunga negatif. Bank sentral pun melakukan perbuatan berjaga-jaga dengan membeli emas sebagai aset yg tidak terpengaruh inflasi.

Saat ini, harga emas tetap semakin naik. Bagi Kalian yg mempunyai dana untuk berinvestasi, membeli emas mampu menjadi salah satu pilihan. Namun, jangan tergesah-gesah sebab ingin memperoleh keuntungan besar. Tetap pertimbangkan cash flow sehari-hari agar tidak menyebabkan persoalan ekonomi. Setelah yakin, barulah mulai berinvestasi.

Nah, inilah sejumlah argumen meningkatnya harga emas. Kalian mampu memanfaatkannya sebagai info sebelum mengambil keputusan berinvestasi. Semoga bermanfaat!