Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Jenis Investasi Rendah Risiko

4 Jenis Investasi Rendah Risiko


Berinvestasi idealnya dilakukan seusai dana yg dimiliki aman untuk sejumlah pos pengeluaran dasar. Seperti memenuhi anggaran kebutuhan selalu bulanan, mempunyai tabungan dan dana darurat dan telah dapat membeli produk asuransi. Selain itu, pastikan Sobat tak mempunyai utang konsumtif ya!

Jika kebutuhan dasar telah terpenuhi dan tetap mempunyai dana lebih, sebaiknya diinvestasikan supaya memperoleh fungsi lebih. Karena apabila disimpan di rekening tabungan kemungkinan akan tergerus anggaran administrasi yg melebihi bunga setiap bulannya. Sangat disayangkan bukan?

Yuk mulai modifikasi dana lebihmu dengan berinvestasi atau menyebarkan dana pada produk investasi yg rendah risiko dan menguntungkan. Apa saja tipe investasinya? Berikut beberapa tipe investasi yg dapat kamu pilih:

4 Jenis Investasi Rendah Risiko

1. Reksa Dana

Investasi yg mempunyai risiko rendah dan paling tak sedikit direkomendasikan oleh para perencana keuangan merupakan reksa dana. Reksa dana tepat untuk pemula yg ingin meningkatkan portofolio investasinya sebab mempunyai keunggulan modal yg  diharapkan tak besar dan adanya manajer investasi.

Manajer investasi akan mengalokasikan danamu ke beberapa instrumen investasi. Sehingga Sobat tak butuh pusing memikirkan taktik untuk memperoleh keuntungan atau mengelola danamu. Maka dari itu, reksa dana dikategorikan sebagai salah satu tipe investasi yg rendah risiko sebab adanya diversifikasi. Meski danamu dikelola oleh manajer investasi, tetapi Sobat tetap dapat memeriksa dengan cara selalu instrumen investasi yg Sobat miliki.

2. Peer to Peer (P2P) Lending

Sebagai informasi. Berdasarkan Surat Edaran (SE) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor S-183/NB.2132/2020 wacana pemasaran produk dan iklan Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi (LPMUBTI) menerangkan bahwa dalam rangka perlindungan pemakai LPMUBTI, bersama ini disampaikan bahwa dalam setiap kegiatan pemasaran produk dan iklan layanannya, penyelenggara LPMUBTI harus memberi tau info dengan cara benar, terperinci dan jujur tentang manfaat, biaya, dan risiko dari setiap produk atau layanan yg ditawarkan. Kegiatan perjuangan penyelenggara LPMUBTI merupakan mempertemukan pemberi pinjaman dengan penerima pinjaman dalam rangka melakukan perjanjian pinjam meminjam jadi dalam setiap kegiatan pemasaran produk dan iklan, penyelenggara LPMUBTI dilarang memakai kata-kata yg tak sesuai dengan kegiatan usahanya dan menyesatkan, meliputi tetapi tak terbatas pada kata-kata “investasi”, “return”, “keuntungan”, “tabungan”, atau “deposito”. Penyelenggara supaya memakai opsi kata yg sesuai dengan kegiatan usahanya semacam “pinjaman”, “pendanaan”, “bunga”, “bagi hasil”, dan/atau “manfaat ekonomi”.

P2P Lending menjadi salah satu instrumen pengembangan dana yg tengah terkenal beberapa tahun belakangan. Hal ini sebab P2P Lending tergolong instrumen pengembangan dana dengan kategori rendah risiko dan menguntungkan. Untuk mengawali pengembangan dana di P2P Lending modal yg diharapkan dapat mulai dari Rp100 ribu, artinya murah untuk semua kalangan baik muda, tua, pekerja, bunda rumah tangga sampai mahasiswa. Cara kerja P2P Lending merupakan memberikan pinjaman dana terhadap pihak yg memperlukan modal perjuangan dan dananya berasal dari pemberi modal atau masyarakat umum. Dalam P2P Lending biasa dikenal istilah Borrower merupakan untuk peminjam dana dan Lender merupakan pemberi modal/dana.

3. Emas

Jenis investasi emas menjadi primadona bagi tak sedikit orang-orang sebab mempunyai risiko yg rendah dan menguntungkan dan produknya berbentuk fisik, jadi bagi investor konvensional ini mempunyai kepuasan tersendiri.

Cara kerja investasi emas pun terbilang mudah. Sobat hanya butuh membeli beberapa gram emas batangan yg sesuai dengan budget. Untuk dapat menikmati fungsi investasi emas, Sobat dapat membeli dengan cara offline maupun online sebab penjualan emas kini telah dapat dibeli di beberapa platform e-commerce.

Untuk mengawali investasi emas, beberapa platform ada yg memperkenalkan pembelian emas mulai dari 0,1 gram dan apabila ingin melakukan top up mulai dari 0,01 gram.

4. Deposito

Secara umum, deposito dan tabungan terkesan sama. Sebab, keduanya sama-sama menabung uang di bank. Deposito mempunyai jangka waktu tertentu, jadi uangnya tak dapat ditarik apabila belum jatuh tempo.

Bunga yg diberikan oleh pihak bank biasanya lebih tinggi dibanding tabungan biasa. Sebagai salah satu tipe investasi risiko rendah, deposito tergolong ke dalam investasi yg menguntungkan.