Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Strategi Sukses Trading Saham Harian

Strategi Sukses Trading Saham Harian


Trading ialah kegiatan pertukaran barang alias jasa dari satu pihak ke pihak lain. Trading sendiri terbagi ke dalam beberapa jenis, yaitu saham, forex alias foreign exchange yg berarti jual beli valuta asing, dan trading emas.

Trading saham ialah kegiatan jual beli saham dalam jangka waktu yg pendek. Cara trading saham harian juga terbilang lumayan sederhana, yaitu membeli saham ketika harganya turun dan menjualnya ketika harga naik alias tinggi. Namun tidak sedikit yg bertanya-tanya apakah investasi saham aman bagi keuangan Anda?Hal itu akan terjawab ketika Kalian mengikuti beberapa trik trading saham sebagai berikut.

Berbagai Tips dan Cara Trading Saham Harian

Berikut ialah trik berhasil trading saham harian dan beberapa faktor yg sebaiknya Kalian pahami sebelum terjun ke dunia trading saham ialah mengenal tutorial ‘mainnya’, seperti:

1. Mulailah dengan Nominal yg Rendah

Memulai suatu perjuangan terbukti tidak rutin perlu modal yg besar. Terlebih trading saham bukanlah faktor yg main-main. Untuk mengenal apakah kita tepat alias tidak dengan urusan ekonomi yg satu ini, terbukti sebaiknya mengawali perjuangan dengan nominal yg kecil.

Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir kerugian di awal. Ketika kita telah hafal betul seluk beluk urusan ekonomi ini, kedepannya bukan tidak mungkin kita mampu bermain dengan nominal yg lebih besar, supaya untungnya lebih besar pula.

2. Mulailah dengan Pengetahuan yg Cukup

Coba tanya pada diri Anda, apakah telah paham betul tentang urusan ekonomi trading ini? Pengetahuan yg cukup, akan menjadi bekal kita untuk mendapat keuntungan yg memuaskan. Oleh karenanya, sebelum memulai, baiknya kita kuasai betul ilmunya, supaya tidak salah menentukan langkah.

Mulailah dari memahami istilah dan beberapa simbol yg dipakai dalam urusan ekonomi trading ini. Bukan hanya penamaannya saja, tetapi lengkap beserta maknanya. Misalkan OHLC yg ialah singkatan dari Open High Low Close. Artinya adalah: Open ketika pasar buka dan Close ketika pasar tutup. Sedangkan High ialah kondisi harga paling atas dan Low ialah harga terendah.

3. Memilih Perusahaan Sekuritas yg Tepat

Cara trading saham harian berikutnya ialah dengan menentukan perusahaan yg sekuritas. Sekuritas yg dimaksudkan disini ialah bidang perjuangan yg menerbitkan saham, obligasi, kontrak berjangka, surat utang, dan yg lainnya. Jangan lupa juga untuk memilih perusahaan sesuai dengan kredibilitas alias pertimbangan kualitasnya.

Untuk menentukan perusahaan sekuritas yg terbaik, Kalian mampu konsultasi dengan pakar perencana keuangan. Dengan bertanya terhadap ahlinya, pasti saja akan tidak sedikit masukan supaya apa yg Kalian jalankan tidak salah langkah dan bahkan berujung pada kerugian.

4. Hindari Trading Saham yg Terlalu Fluktuatif

Terdapat saham yg pergerakannya terjadi sangat cepat. Kebanyakan menyebutnya dengan istilah saham gorengan. Karena pergerakan yg berjalan dengan cara cepat itulah yg membikin harga saham ini mengalami lonjakan dalam kurun waktu yg cepat.

Bagi pebisnis pemula, sebaiknya menghindari trading saham tipe ini. Karena tidak hanya akan lumayan memusingkan dan menyulitkan, faktor ini juga akan terlalu berisiko. Sehingga, kita mampu mengawali perjuangan dengan memilih saham yg pergerakannya normal. Selain baik untuk berlatih, saham yg pergerakannya hening juga masih mampu menghasilkan profit.

5. Ketimpangan Jual Beli

Trading memanglah suatu kegiatan jual beli. Dalam pelaksanaannya nanti, kita mampu memakai taktik pemilihan waktu. Seperti contohnya ialah menjelang jam istirahat kantoran, dimana ketimpangan yg tinggi mampu saja terjadi. Order pembelian akan lebih tinggi daripada angka jual, faktor tersebut mampu dimanfaatkan oleh trader, sebab harga saham akan meningkat.

6. Hindari Penggunaan Semua Modal Ke Dalam Satu Transaksi

Saran berikutnya adalah, hindari penggunaan modal hanya ke dalam satu transaksi. Dengan hanya memakai modal beberapa persen terlebih dahulu. Kita mampu memahami dan mencicipi bagaimana trading yg sesungguhnya itu.


Mulailah dengan belajar dan latihan, perhatikan model saham dan pergerakan pasarnya sebelum memutuskan suatu transaksi. Jika belum paham betul, memakai seluruh modal untuk satu transaksi mampu saja berakibat kerugian.


7. Cut Loss dan Keuntungan yg Realistis

Cut loss adalahcara trading harian sekaligus trik untuk menghindari adanya kerugian. Dimana kita sebagai trader akan melakukan penjualan saham yg dimiliki ketika kondisi harganya turun alias hilang modal ketika telah dalam posisi mempunyai keuntungan kurang lebih 10%-20%. Kematangan perencanaan juga serangkaian taktik akan dibutuhkan dalam melakukan urusan ekonomi trading ini.


Sebelum memilih berbisnis bidang trading, faktor yg wajib kita siapkan tidak hanya modal ialah pengetahuan yg cukup. Dengan ilmu yg dimiliki, kita tidak akan mencicipi kebingungan nantinya dan mampu menerapkan tutorial trading saham harian dengan tepat, jadi keuntungan mampu diperoleh dengan stabil.