Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal BAPPEBTI dan Fungsinya

Mengenal BAPPEBTI dan Fungsinya


BAPPEBTI merupakan singkatan suatu lembaga milik pemerintah yg berada di bawah naungan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi mengemban tugas melakukan pengamatan dan pengaturan terkait perdagangan berjangka.

Dasar hukum pendirian BAPPEBTI pun telah jelas, tepatnya tertuang lewat UU No. 32 Tahun 1997 mengenai Perdagangan Berjangka Komoditi. Jika kamu berminat mendalami profil lembaga pemerintahan ini, pribadi saja jalan masuk website resminya di bappebti.go.id. Sementara itu, lembaga ini berkantor di Gedung BAPPEBTI lantai 3-5, Jalan Kramat Raya No. 172, Jakarta 10430.

Lantas, semacam apa manfaat BAPPEBTI berikut kewenangan yg dimiliki?

Beda Peran BAPPEBTI dan OJK

Saat bicara mengenai lembaga keuangan, orang-orang kerap mengaitkannya pula dengan Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. Padahal, keduanya hadir dengan peran berbeda, walau dalam berbagai titik saling beririsan.

Perlu diluruskan bahwa kedua lembaga tersebut mengawasi sektor keuangan yg berbeda. OJK sebagai lembaga independen mempunyai kewenangan, tugas, dan manfaat terkait pengaturan, pengawasan, pemeriksaan, dan penyidikan aktivitas sektor jasa keuangan.

Termasuk di dalamnya antara lain pasar modal, perbankan, dan penyedia jasa keuangan bukan bank. Sebut saja, lembaga pembiayaan, asuransi, dan fintech. Dengan kata lain, OJK fokus pada upaya merawat stabilitas dan menumbuhkan daya saing ekonomi Indonesia dalam lingkup sektor jasa keuangan.

Sementara, BAPPEBTI fokus pada pengamatan dan pengaturan aktivitas perdagangan berjangka, semacam telah diuraikan di atas. Contoh komoditi yg masuk pengamatan lembaga ini antara lain produk primer non-keuangan (hasil pertambangan dan energi maupun yg akan terjadi pertanian) dan produk non-primer keuangan (obligasi, mata uang asing, suku bunga, dan aset kripto).

Fungsi dan Kewenangan BAPPEBTI

Sebelum hingga pada manfaat dan kewenangan BAPPEBTI, sebaiknya kenali dulu di mana posisi lembaga ini pada Struktur Industri Perdagangan Berjangka Komoditi. Berada pribadi di bawah Menteri Perdagangan, BAPPEBTI mempunyai garis koordinasi dengan Bank Indonesia, BAPEPAM (Badan Pengawas Pasar Modal), Kepolisian RI, dan Kejaksaan Agung.

Secara pribadi BAPPEBTI membawahi bursa berjangka yg berada pada posisi sejajar dengan lembaga kliring berjangka. Keduanya menaungi pedagang berjangka, pialang berjangka bukan anak buah kliring, dan pialang berjangka anak buah kliring yg menghimpun nasabah.

BAPPEBTI juga mengamati kegiatan pengelola pusat dana berjangka (berkoordinasi dengan bank penitipan), pusat dana berjangka, dan penasihat berjangka. Di segi lain, BAPPEBTI mempunyai garis kesepakatan dengan Badan Pengawasan Luar Negeri yg berurusan dengan bursa berjangka luar negeri, pialang berjangka anak buah kliring tertentu, dan nasabah terkait. 

Penjelasan posisi BAPPEBTI tersebut menggambarkan semacam apa manfaat dan kewenangan yg dimiliki. Lembaga ini mempunyai kewenangan terkait penerbitan izin perjuangan dan peraturan mengenai perdagangan berjangka. Termasuk melakukan pemeriksaan kepada dugaan pelanggaran izin, mengamati promosi pemegang izin, dan menolong solusi persoalan perdagangan berjangka.

Contoh pelaku perdagangan berjangka yg kegiatannya dipantau dan diatur oleh BAPPEBTI merupakan perusahaan pialang berjangka atau broker forex dan perusahaan pedagang fisik aset kripto. 

Secara ringkas, berikut manfaat BAPPEBTI yg butuh kamu tahu. 

  • Menerbitkan izin perjuangan bagi seluruh pelaku perjuangan perdagangan berjangka.
  • Menetapkan peraturan, tata tertib, dan perubahan atas peraturan terdahulu terkait perdagangan berjangka.
  • Mengawasi aktivitas bursa berjangka dan lembaga kliring berjangka apakah telah sesuai dengan peraturan yg berlaku, tergolong mengawasi dengan cara intensif dan memberlakukan sanksi tegas apabila terjadi pelanggaran.
  • Menentukan dengan cara spesifik jumlah maksimum posisi terbuka yg dapat diakui setiap pihak dan batas jumlah posisi terbuka yg butuh dilaporkan dengan cara berkala.
  • Mengesahkan daftar bursa berjangka dan kontrak berjangka luar negeri mana saja yg dapat dijadikan tujuan distribusi atau penyaluran atas permintaan nasabah dalam negeri.
  • Memeriksa semua pihak yg telah mengantongi izin, sekaligus memerintahkan pemeriksaan maupun penyidikan pada pihak yg diduga melanggar ketentuan hukum dalam perdagangan berjangka.
  • Mewajibkan pihak tertentu membenahi maupun menghentikan promosi/iklan perdagangan berjangka yg berpotensi menyesatkan persepsi publik.
  • Membangun sarana solusi atas kasus yg muncul dari kegiatan perdagangan berjangka. 

BAPPEBTI merupakan badan pengawas perdagangan sektor komoditi berjangka yg berada pribadi di bawah Menteri Perdagangan Republik Indonesia. Dari uraian di atas kamu dapat belajar pentingnya peran lembaga tersebut dalam menunjukkan upaya perlindungan hukum bagi semua pihak yg terlibat dalam perdagangan berjangka. 

Jadi, tidak butuh ragu lagi, yuk, mulai investasi di komoditi berjangka semacam saham, obligasi, maupun aset kripto!