Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Strategi Sukses Trading Saham Untuk Pemula

 Strategi Sukses Trading Saham Untuk Pemula


Untuk mencapai kesuksesan investasi saham, sempurna  diperlukan beberapa macam strategi. Saham apa yg sebaiknya dipilih, kapan waktu yg cocok untuk trading, serta apa sikap yg wajib dimiliki oleh seorang trader saham tergolong ke dalam taktik melakukan trading saham. 

Apalagi, dikala ini, telah tak sedikit layanan serta software yg mempermudah untuk melakukan trading saham melewati telepon genggam. Maka akan sangat disayangkan apabila melakukan trading saham tanpa taktik supaya mampu memaksimalkan manfaat. Agar mampu memperoleh fungsi maksimal dari trading saham, yuk baca postingan berikut ini.

1. Tentukan Tujuan Trading

Semua kegiatan investasi, akan sangat dipengaruhi oleh faktor tujuan yg ingin dicapai oleh investor. kamu sebagai investor yg memilih saham sebagai produk investasi, juga sebaiknya menentukan apa yg menjadi tujuan kamu dalam melakukan trading saham. 

Tujuan menjadi penting supaya mampu mengontrol diri dalam berinvestasi. Jadi kamu akan melakukan investasi dengan cara sadar  serta paham tujuan yg ingin kamu capai. kamu tak akan mudah terpengaruh dengan taktik yg dilakukan orang-orang lain.

Dalam menentukan tujuan pun, tak ada yg salah. Setiap orang-orang mempunyai tujuan trading saham yg berbeda-beda sesuai dengan mimpi serta agenda yg dimiliki masing-masing. 

Beberapa orang-orang memilih trading saham dengan tujuan untuk memperoleh lebih tak sedikit uang dengan cepat, tapi ada juga yg menjalani trading saham sebagai sarana untuk memperoleh dana pensiun. 

Yang pasti, tujuan apapun yg kamu tetapkan sebagai tujuan trading kamu, dibangun serta diputuskan dengan hati-hati serta penuh pertimbangan. 

2. Ketahui Profil Risiko

Setiap kegiatan investasi, sempurna mempunyai risiko yg wajib ditanggung oleh investor. Dalam melakukan trading sempurna kamu akan dihadapkan dengan beberapa macam opsi saham yg mampu kamu trading sesuai dengan asa kamu. Namun, hati-hati. Jangan asal memilih saham untuk kamu trading.

Pelajari dengan akurat profil risiko dari setiap saham yg akan kamu trading. Sesuaikan profil risiko dengan karakter kamu. Jika kamu artinya orang-orang yg berani serta siap akan risiko yg menantang, jadi kamu mampu memilih saham-saham dengan kapitalisasi pasar menengah alias kecil dalam kegiatan trading saham kamu. 

Sebaliknya, apabila kamu tetap pemula serta berhati-hati dalam melakukan trading saham, jadi saham BUMN alias saham blue chip mampu sehingga opsi yg cocok untuk kamu, pertimbangannya artinya risiko pada saham ini lebih kecil sebab pergerakannya pun lebih stabil serta likuid. 

3. Perhatikan Faktor Yang Mempengaruhi

Keadaan sosial, ekonomi, serta politik di sebuah negara cenderung mensugesti harga saham. Jangan lengah terhadap kabar apa yg sedang terjadi di negara kamu. 

Boleh sehingga sebuah kondisi politik tertentu semacam menjelang pemilihan umum alias hari-hari besar keagamaan mampu menentukan pergerakan trading saham kamu. 

Waktu terbaik untuk melakukan investasi saham artinya ketika kondisi ekonomi sedang meningkat alias minimal stabil. 

4. Bijak Memilih Saham

Di Indonesia, Bursa Efek Indonesia mempunyai daftar saham yg menjadi ukuran statistik perubahan gerak harga dari deretan saham, yg dipilih berdasarkan kriteria tertentu. 

Agar tak terjerumus pada saham perusahaan yg tak pasti, kamu mampu memilih saham yg terdaftar di indeks saham BEI serta tergabung di indeks LQ45 alias IDX30. Saham-saham yg terdaftar di indeks ini sebagian besar mempunyai likuiditas yg sangat tinggi. Tentunya, perusahaan yg terdaftar pun juga artinya yg latar belakang serta fundamentalnya terjamin.

5. Ambil Peluang Saat Harga Saham Turun

Beberapa investor menganggap bahwa membeli harga saham ketika sedang turun bukanlah keputusan yg tepat. Mungkin ada benarnya, tapi ada faktor yg butuh diluruskan juga. 

Beberapa permasalahan yg terjadi adalah, seusai sebuah saham mengalami penurunan harga, jadi kemudian saham tersebut harganya kembali mengalami kenaikan, mampu menjadi harga normal alias bahkan lebih tinggi dari biasanya. Jadi dengan membeli saham tersebut, kamu mampu memperoleh fungsi yg maksimal. 

Namun demikian, kamu wajib lebih cermat serta berhati-hati dalam menonton kesempatan ini. Jangan menyamaratakan seluruh saham dengan kondisi ini. Lakukan trading saham dengan cara sadar serta pertimbangkan faktor lain yg mempengaruhi. 

6. Portfolio Adalah Kunci

Dalam menentukan saham mana yg ingin kamu beli, pelajari betul portofolio perusahaan tersebut. Telitilah dalam melakukan screening serta filtering untuk memilih perusahaan dengan fundamental keuangan yg baik. 

Salah satu tutorial untuk mengurangi risiko kerugian artinya dengan memilih perusahaan yg fundamental keuangannya baik. kamu tak butuh khawatir akan sia-sia memilih perusahaan tersebut serta khawatir akan mengalami kerugian yg besar.

Perusahaan dengan fundamental keuangan yg baik, artinya perusahaan tersebut dikelola dengan baik. Para manajer serta pekerjanya juga turut memperhatikan kesehatan perusahaannya supaya semakin dilirik oleh para investor dalam pasar saham. 

7. Jangan Lewatkan Analisis serta Evaluasi

Setiap faktor yg baru dijalani, sempurna butuh adaptasi serta pembelajaran. Termasuk dalam investasi serta trading saham. Sistem pembelajarannya artinya trial error. 

Walaupun kamu telah menentukan tujuan investasi, mengenal profil risiko saham tersebut, serta peduli terhadap lingkungan kurang lebih yg mampu memengaruhi kondisi pasar saham, kamu butuh melakukan analisis serta evaluasi terhadap perilaku trading saham kamu. 

Apakah saham yg kamu pilih selagi ini telah tepat? Bagaimana kestabilan saham tersebut akhir-akhir ini? Bagaimana dengan sasaran investasi kamu dengan saham yg kamu pilih dikala ini?

Lakukan analisis serta review dengan cara berkala. Bisa setiap 3 bulan, 6 bulan, alias mungkin 1 tahun sekali. kamu mampu mengenal apabila ada produk yg kamu pilih nyatanya tak lebih sesuai dengan karakter serta tujuan kamu. 

Sehingga langkah selanjutnya yg mampu kamu ambil artinya menggantinya dengan saham yg lebih baik. Saham yg mampu mengantarkanmu terhadap tujuan investasi serta sesuai dengan karakter kamu.

Untuk mencapai kesuksesan dalam trading saham artinya perjalanan yg panjang, Terus perbanyak pengetahuan mengenai investasi saham tergolong taktik yg mampu dilakukan dalam trading semacam position trading, swing trading, day trading (intraday), scalping, serta transition trading. Pilih taktik terbaik menurut kamu sesuai dengan tujuan serta karakter kamu.