Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Investasi Aman dan Menguntungkan Bagi Pemula

6 Investasi Aman dan Menguntungkan Bagi Pemula


Dewasa ini investasi aman serta menguntungkan menjadi salah satu pilihan untuk melindungi uang/harta yg dimiliki dari gerusan inflasi.

Hmm … mungkin bagi Kalian yg awam di bidang investasi tetap agak susah ‘mencerna’ pernyataan di atas. Jika demikian, kami akan coba jelaskan dengan cara sederhana untuk mempermudah Kalian mengetahui apa itu investasi serta mengapa investasi penting untuk melindungi uang/harta Kalian dari inflasi.

Investasi dan Inflasi, Apa Itu?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), investasi merupakan penanaman uang atau modal dalam sebuah perusahaan/proyek dengan tujuan memperoleh keuntungan. Sementara penambahan jumlah uang yg beredar merupakan penurunan valuta alasannya kenaikan harga barang-barang.

Faktor pendorong terjadinya penambahan jumlah uang yg beredar pun ada berbagai macam, seperti: banyaknya valuta yg beredar di sebuah negara, kenaikan ongkos produksi, kekacauan politik serta ekonomi sebuah negara, serta tetap tidak sedikit lagi.

Lalu, apa hubungan antara keduanya?

Jika investasi berfungsi untuk memperoleh keuntungan, jadi penambahan jumlah uang yg beredar berimbas pada penurunan kualitas mata uang. Oleh alasannya itu, supaya harta (nilai mata uang) Kalian tidak mengalami penurunan dari tahun ke tahun, Kalian wajib ‘melindunginya’ dalam bentuk investasi. Bagaimana, tetap bingung? Jika tetap bingung, mari kita beri contoh konkret yg mudah Kalian pahami.

Coba sebutkan berapa harga ayam broiler per ekor pada tahun 2011 lalu?

Pada ketika kami mengeceknya di katalog promosi Carrefour pada tanggal 16-18 Desember 2011, harga ayam broiler promo ada di angka Rp17.900,00 per ekor dengan berat antara 8-9 ons. Pertanyaan selanjutnya ialah: apakah Kalian sempat menemukan harga ayam broiler ‘seindah’ ini ketika ini? Jawabannya: hampir mustahil.

Pada katalog promosi yg diterbitkan oleh Carrefour pada tanggal 13-15 Oktober 2017, harga ayam broiler ada di angka Rp28.500,00 per ekor (dengan berat yg relatif sama dengan di atas). Artinya, dengan produk yg sama, uang yg butuh Kalian keluarkan nyatanya tidak sama (lebih mahal). Harga yg lebih mahal inilah yg menawarkan terjadinya penambahan jumlah uang yg beredar atau penurunan kualitas mata uang.

Meski Kalian tidak menyadarinya, penambahan jumlah uang yg beredar di Indonesia tetap terus-menerus terjadi. Dengan demikian, kualitas valuta yg Kalian miliki kini tentu akan tidak sama pada tahun-tahun selanjutnya (dan biasanya terus menurun). Oleh alasannya itu, butuh ‘dilindungi’ dengan tutorial berinvestasi.

6 Investasi Aman dan Menguntungkan

Dalam hukum investasi, dikenal istilah “high risk-high return” serta “low risk-low return”. Secara sederhana mampu diartikan: apabila risiko terus besar, terus besar pula kemungkinan keuntungan yg mampu diperoleh. Pun demikian sebaliknya. Jika risiko investasi kecil, terus kecil pula potensi keuntungannya.

Jadi, apabila Kalian mengharapkan keuntungan yg besar, risiko yg ‘menggentayangi’ investasi itu pun akan terus besar pula. Nah, pada postingan hari ini kami akan membahas enam (6) instrumen investasi aman serta menguntungkan yg tepat bagi pemula. Apa sajakah itu? Yuk, baca informasinya.

1. Properti

Investasi properti mampu dilakukan dalam bentuk tanah, toko, rumah, ataupun apartemen. Investasi ini relatif aman serta mempunyai risiko yg rendah. Hal ini disebabkan harga jual (atau sewa) yg lebih stabil serta merangkak naik dari tahun ke tahun. Kelemahan dari investasi properti ialah modal awal yg  diperlukan lumayan besar. Kalian wajib membobol tabungan dengan nominal yg kebanyakan ketika akan berinvestasi properti.

2. Logam Mulia (Emas)

Hampir serupa dengan properti, investasi emas nilainya relatif stabil serta merangkak naik dari tahun ke tahun. Modal awal berinvestasi emas pun tidak terlalu besar. Dengan ± 600 ribu rupiah, Kalian telah mampu mempunyai emas batangan 1 gram (harga per Oktober 2017). Investasi ini pun bersifat likuid atau mudah diuangkan kembali.

Jadi, pada ketika Kalian memperlukan uang tunai, Kalian mampu pribadi menjual emas yg Kalian punyai. Kelemahan dari investasi emas ada pada tutorial penyimpanannya. Bentuk emas yg ringkas, membikin emas mudah untuk dicuri. Agar aman Kalian mampu menyimpannya di deposit box atau jasa penyimpanan emas di pegadaian. Tentu saja, dengan anggaran sewa yg wajib Kalian bayarkan.

Selain itu, emas tergolong instrumen investasi jangka panjang. Untuk memperoleh keuntungan yg optimal, Kalian disarankan menyimpan emas minimal tiga (3) tahun.

3. Tabungan Berjangka

Bagi Kalian yg tetap ragu ingin mengawali investasi, mampu dimulai dengan menabung terlebih dahulu, tetapi bukan di produk tabungan biasa melainkan di produk tabungan berjangka.

Tabungan berjangka tidak sama daripada tabungan biasa, alasannya melewati produk tabungan berjangka, uang yg kamu simpan tidak mampu diambil hingga jangka waktu yg ditentukan. Namun, kamu mampu berkesempatan memperoleh bunga yg lebih tinggi dibandingkan tabungan biasa, mencapai 4.25% per tahunnya.

Tabungan berjangka mempunyai risiko yg sangat minim alasannya merupakan salah satu bentuk produk simpanan.

4. Deposito

Serupa tapi tidak sama, deposito mirip dengan tabungan berjangka. Nasabah deposito mampu menyimpan uangnya di deposito sesuai dengan jangka waktu yg telah ditentukan. Berbeda dengan tabungan yg merupakan produk simpanan, deposito merupakan produk investasi.

Pada umumnya kualitas keuntungan investasi tidak ada yg mampu menjaminnya, kecuali deposito. Ya, deposito merupakan instrumen investasi yg aman alasannya dijamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan). Hasil investasi pun telah mampu diprediksi dengan kualitas yg pasti. Kelemahan dari investasi ini ialah keuntungan yg relatif kecil apabila dibandingkan instrumen investasi yg lain, tetapi tetap lebih tinggi dibandingkan tabungan biasa.

5. Obligasi

Obligasi juga lumayan aman terlebih yg dikeluarkan oleh pemerintah dalam bentuk ORI (Obligasi Ritel Indonesia). Tingkat pengembalian investasinya pun lebih tinggi daripada deposito.

6. Reksa Dana

Mau keuntungan investasi yg lebih tinggi daripada deposito serta obligasi tetapi likuid semacam emas? Kalian mungkin mampu mencoba investasi dalam bentuk reksa dana. Ini tergolong instrumen investasi yg aman serta menguntungkan asalkan Kalian tahu bagaimana tutorial menempatkannya. Perlu diperhatikan juga, reksa dana mempunyai tidak sedikit jenis. Jika Kalian belum sempat berinvestasi memakai reksa dana, kami sarankan untuk menyimak postingan kami: “Reksa Dana, Investasi Mudah serta Menguntungkan”.

Demikian enam investasi aman serta menguntungkan bagi pemula. Semoga berguna bagi Anda, selamat berinvestasi!