Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Langkah Memulai Investasi Dengan Mudah

4 Langkah Memulai Investasi Dengan Mudah


Berinvestasi bukanlah aktivitas baru. Namun, kebanyakan juga yg belum sangatlah memahaminya mereka tetap berada di batas mendengar saja. Hal ini terkadang memunculkan kecemasan tersendiri dalam mengambil keputusan untuk berinvestasi atau tidak. Agar lebih akrab, bagi kalian yg tetap baru dalam dunia penanaman modal, ada baiknya melihat-lihat tutorial mengawali investasi dari yg paling dasar berikut ini.

1. Menyediakan Dana yang Akan Diinvestasikan

Untuk mulai berinvestasi, dana semacam apa yg sebaiknya Kalian sediakan? Jawabannya merupakan dana khusus. Maksudnya, Kalian wajib menyisihkan dana lain di luar kebutuhan sehari-hari (demi kestabilan). Jika tak dapat dalam jumlah besar, sedikit pun tak persoalan sebab kini daerah serta tipe investasi untuk dana minim juga telah dapat ditemui.

2. Memilih Jenis Investasi yg Sesuai dengan Kondisi Anda

Di dalam aktivitas menanam modal, ada tiga hal dasar yg akan mensugesti optimal-tidaknya imbal balik (return) investasi Kalian nanti. Faktor-faktor itu merupakan modal (capital), risiko (risk), serta tujuan (objective).

Mengenai modal, poin tersebut telah dijelaskan sedikit di atas. Lalu, apa kaitannya dengan tipe investasi? Sebut saja tipe investasi yg Kalian pilih merupakan properti (ruko atau rumah untuk disewa, misalnya). Modal untuk tipe ini pasti memerlukan dana lebih besar dari investasi emas yg berkisar dari Rp1.000.000 –bisa lebih atau tak lebih ini tergantung dari bobot atau sistem investasinya.

Selanjutnya merupakan risiko. Sebelum memutuskan untuk berinvestasi, seorang calon investor wajib tau tutorial mengawali investasi yg baik untuk itu ia wajib memutuskan seberapa besar risiko yg berani diambil. Namun begitu, sikap yg bijaksana bukanlah berani mematok risiko yg ‘wah’ demi yg akan terjadi yg ‘wah’ juga, melainkan sanggup memperkecil risiko kerugian yg mungkin terjadi.

3. Untung Rugi serta Pengelolaan Keuangan

Dalam aktivitas berinvestasi, tak ada jaminan bahwa seorang investor dapat utama menyesal maupun untung. Bahkan untuk tipe investasi saham yg sanggup mengangkat keuntungan besar saja dapat mengalami kerugian. Di sinilah pemahaman tentang seluk beluk investasi sangat diperlukan.

Dari sekian tutorial dalam memperkecil risiko kerugian tersebut, tak sedikit investor menerapkan sistem diversifikasi. Ini artinya, si investor memakai lebih dari satu tipe investasi. Misalnya, dengan dana yg ada, dirinya memakai tipe obligasi, saham, serta komoditas. Atau, dapat juga dengan saham yg ditanam ke lebih dari satu perusahaan.

Kemudian, pengelolaan keuangan pada dasarnya tak hanya pada dana yg telah Kalian investasikan, namun juga pada pengelolaan pendapatan sampai pengeluaran sehari-hari. Jika semua sudut berlangsung stabil, jadi Kalian akan rutin siap dengainvestasn hal-hal yg mungkin terjadi kedepannya.

4. Mulai Investasi

Cara mengawali investasi selanjutnya merupakan mengawali investasi. Jika tipe yg Kalian pilih merupakan saham, biasanya, Kalian wajib membuka rekening di perusahaan sekuritas. Perusahaan sekuritas ini merupakan perantara yg mengelola investasi saham. Mereka mempunyai izin Otoritas Jasa Keuangan (OJK).