Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Investasi Reksadana Saham Dengan Mudah

Cara Investasi Reksadana Saham Dengan Mudah


Dalam dunia investasi tersedia beberapa tipe investasi yg sedang berkembang. Beberapa instrumen investasi yg berkembang di Indonesia antara lain Obligasi, Deposito, Reksadana, dan Saham. Nah, yg akan kita bahas dalam postingan ini merupakan instrumen investasi reksadana, terutama reksadana saham.

Secara umum, ada perbedaan antara investasi reksadana dan investasi saham. Nah, reksadana sendiri mempunyai beberapa tipe tergantung dari tipe portfolionya. Reksadana saham merupakan salah satu tipe reksadana. Reksadana saham dan investasi saham mempunyai inti yg sama, hanya caranya saja yg berbeda. Biar kamu tak bingung, sebelum mengulas apa itu Reksadana Saham, kita akan membahasnya terlebih dahulu mengenai Reksadana dengan cara umum.

Apa Itu Reksadana?

Reksadana mampu diartikan sebagai wadah investasi yg dipakai untuk mengumpulkan dana dari beberapa pemberi dana (investor) yg nantinya akan diinvestasikan ke dalam beberapa portofolio dan dikelola oleh manajer investasi. Dalam praktiknya, Manajer Investasi akan bekerja dan didukung oleh tenaga profesional lainnya dalam mengelola dana yg dikumpulkan tersebut.

Keuntungannya, kamu tak lagi butuh menaruh modal investasi dalam jumlah besar untuk mengawali investasi pada Reksadana, bahkan kamu mampu mengawali investasi reksadana mulai dari Rp100 ribu saja. Karena dana yg kamu taruh di reksadana akan dikumpulkan bersama dana dari investor-investor lain.

Reksadana pun mempunyai beberapa jenis, biasanya tergantung dari tipe portfolio yg dikelola oleh manajer investasinya. Jika dominan portfolionya merupakan surat utang alias obligasi, jadi reksadana tersebut mampu dibilang reksadana obligasi. Sedangkan apabila dominan portfolionya merupakan saham yg dipasarkan di bursa, jadi reksadana tersebut disebut reksadana saham.

Apa itu Reksadana Saham?

Seperti yg disebutkan di atas, reksadana saham merupakan tipe reksadana yg menempatkan dominan portfolionya dalam bentuk pembelian saham yg tercatat pada Bursa Efek Indonesia. Hasil keuntungan yg diperoleh didapat dari kenaikan harga saham yg dibeli di bursa saham. 

1. Kelebihan Reksadana Saham

Melakukan investasi pada Reksadana Saham juga akan membikin kamu memperoleh fungsi seperti:

  • Keuntungan mampu mencapai 15% per tahun
  • Salah satu tutorial diversifikasi investasi melewati portofolio yg disebar ke beberapa saham
  • Dikelola oleh seorang Manajer Investasi (MI) professional dalam pengelolaan portofolio saham.
  • Bentuk pilihan apabila kamu ingin mengawali investasi saham, tetapi belum mempunyai waktu dan pengetahuan yg lumayan untuk menganalisis tiap saham perusahaan.

2. Kekurangan Reksadana Saham

Namun, dibalik keuntungan dalam melakukan proses investasi pada Reksadana Saham pasti ada juga kekurangannya yg butuh diperhatikan untuk kamu yg ingin memilih Reksadana saham sebagai instrumen investasimu.

  • Instrumen saham cenderung fluktuatif dan lebih berisiko dibandingkan instrumen semacam obligasi alias pasar uang.
  • Biasanya bukan untuk investasi jangka pendek, sebab keuntungan dari investasi saham biasanya lebih optimal seusai beberapa tahun.
  • Biaya investasi untuk membayar fee Manajer Investasi (expense ratio) dan juga untuk membayar penyimpanan (kustodian).

Membeli Saham Sendiri atau Reksadana Saham?

Dalam berinvestasi saham, kamu mampu melakukan pembelian saham sendiri alias kamu mampu melewati reksadana saham. Kedua tutorial tersebut mempunyai inti yg sama: berinvestasi dalam bursa saham.

Namun ada beberapa investor lebih memilih untuk berinvestasi saham melewati reksadana saham. Hal ini disebabkan reksadana saham dikelola oleh manajer investasi profesional yg menolong kamu dalam memilih saham-saham yg tepat, jadi kamu tak butuh melakukan due diligence tiap saham yg akan kamu beli satu per satu.

Pasalnya, apabila kamu ingin berinvestasi saham dengan membeli saham sendiri, kamu wajib tahu kemampuan perusahaan yg sahamnya akan kamu beli agar investasi kamu lebih optimal. Melakukan faktor ini pastinya memperlukan waktu dan pengetahuan yg lumayan mengenai industri perusahaan yg sahamnya akan kamu beli.

Nah, menurut kamu lebih baik beli saham sendiri atau reksadana saham?

Cara Memulai Reksadana Saham yang Mudah Bagi Pemula?

  • Memilih platform transaksi reksadana. Ada yg berupa situs alias software mobile
  • Mendaftar terlebih dahulu menjadi investor di platform reksadana tersebut
  • Pilih reksadana saham. Kamu mampu menentukan pilihanmu seusai menyimak Fund Fact Sheet
  • Beli reksadana saham yg sudah kamu pilih. Pembelian mampu melewati transaksi pribadi alias dengan deposit dana terlebih dahulu, tergantung dari platformnya.

Ingat! Reksadana merupakan sebuah wadah investasi yg mampu diisi dengan beberapa aset keuangan mulai dari deposito alias pasar uang, saham dan obligasi. Jika kamu ingin membeli reksadana saham, pastikan portfolio yg dikelola terdiri dari instrumen saham.

Secara umum, reksadana yang bersifat terbuka dan mampu dibeli kapan saja dan dipasarkan kapan saja.