Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Manfaat dari Melakukan Investasi Deposito Berjangka

5 Manfaat dari Melakukan Investasi Deposito Berjangka


Deposito berjangka merupakan sebuah produk bank sejenis tabungan, dimana dana yg didepositkan tak mampu ditarik nasabah sebelum jatuh tempo. Biasanya dalam deposito berjangka ini waktu yg mampu dipilih merupakan 1,3,6,12 sampai 24 bulan. Jika deposito dicairkan sebelum tanggal jatuh tempo yg telah ditentukan, jadi akan dikenakan penalti. 

Deposito mempunyai kelebihan yaitu tingkat suku bunga yg ditawarkan lebih besar daripada produk tabungan biasa, oleh karenanya dana yg telah didepositkan hanya mampu ditarik sesuai dengan jangka waktu yg telah disepakati di awal. Deposito juga mempunyai sistem Automatic Roll Over yaitu perpanjangan dengan cara otomatis. Adanya sistem itu membikin deposito akan diperpanjang dengan cara otomatis dikala berakhir jatuh tempo. Selain itu, deposito terbilang tepat untuk pemula sebab jangka waktu dan bunga yg ditawarkan lumayan kompetitif. Lalu, apa saja sih fungsi lainnya yg ada dalam deposito berjangka?

Manfaat Memiliki Simpanan Deposito Berjangka

Sebelum melakukan simpanan deposito berjangka, kamu memperlukan info terkait apa saja fungsi dari simpanan tersebut dan apa saja yg mampu kamu peroleh. Karena itu, ini fungsi dari deposito berjangka:

1. Deposito Berjangka Merupakan Investasi yg Relatif Aman

Pertimbangan yg paling mutlak dikala orang-orang memilih deposito berjangka sebagai investasinya merupakan risiko yg rendah. Instrumen investasi ini terbukti salah satu yg tingkat risikonya paling rendah dibandingkan berbagai instrumen investasi lainnya, semacam saham. Namun, tingkat risiko ini mampu saja meningkat apabila faktor semacam krisis atau persoalan politik dalam sebuah negara berkembang. 

Tetapi, deposito lumayan kuat apabila menghadapi keadaan naik turunnya pasar modal dan pasar uang. Oleh sebab itu, deposito mampu dianggap sebagai instrumen investasi yg tingkat risikonya rendah.

2. Manfaat Suku Bunga

Suku bunga yg ditawarkan oleh deposito juga lumayan kompetitif dibandingkan dengan produk tabungan. Perbandingan suku bunga deposito dengan suku bunga tabungan ini lumayan jauh hampir 3 kali lipat. Ini juga argumen mengapa orang-orang lebih memilih deposito berjangka sebagai instrumen investasinya dibandingkan produk tabungan.

3. Proses Administrasi

Untuk melakukan pembukaan rekening deposito biasanya memerlukan syarat yg tak sedikit dan panjang. Namun, berbagai Bank kini telah ada yg menyediakan deposito dengan cara online. Tetapi, kamu masih butuh melengkapi persyaratan yg ada. Dalam deposito online tersebut, kamu mampu menentukan besaran jumlah dana yg akan didepositkan dan jangka waktu yg sesuai dengan kebutuhan dana.

4. Jaminan Keamanan

Seperti yg telah kita bahas sedikit di atas, keamanan merupakan salah satu faktor penting mengapa berbagai orang-orang memilih deposito sebagai investasinya. Instrumen investasi ini menawarkan rasa aman untuk masyarakat sebab uang yg disimpan dalam bentuk deposito pribadi dijamin oleh negara.

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) inilah yg menjaminkan deposito nasabah sampai mencapai Rp2 miliar dengan tingkat suku bunga yg tertinggi. Karenanya, deposito relatif lebih aman khususnya untuk mereka para pemula dalam dunia investasi.

5. Investasi Lebih Mudah

Deposito juga menawarkan kemudahan dengan mendapatkan segala valuta untuk di depositkan. Mata uang semacam Dollar, Poundsterling, Euro dan berbagai valuta lainnya mampu diterima di Bank besar yg menyediakan produk deposito ini.

Syarat Umum Deposito

Saat telah mengenal tentang deposito dan kamu berminat untuk melakukan deposito. Maka, kamu mampu mempersiapkan terlebih dahulu berbagai persyaratan umum dari deposito seperti:

  • Melakukan pengisian formulir pembukaan rekening deposito
  • Menunjukkan bukti orisinil bukti diri diri semacam KTP/SIM/Paspor *untuk perorangan
  • Atau menyerahkan fotokopi bukti identitas/legalitas badan usaha/hukum *untuk perusahaan
  • Melakukan setoran awal untuk pembukaan rekening deposito

Setelah mempersiapkan segala faktor di atas, kadang kali kamu memikirkan berapa keuntungan yg mampu kamu terima dari deposito yg kamu lakukan. Oleh karenanya, kamu butuh perhitungan terkait bunga keuntungan dari deposito.

Pilih Instrumen Investasi yg Cocok Sesuai dengan Preferensimu. Untuk kamu yg ingin mempersiapkan investasi jangka panjang deposito merupakan kawasan paling baik untuk dana milikmu. Namun, untuk kamu yg sering memperlukan dana darurat, deposito bukanlah opsi terbaik.