Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Emas Antam? Berikut Pengertiannya

Apa Itu Emas Antam? Berikut Pengertiannya


Salah satu tren investasi yg mulai tak sedikit diikuti oleh tak sedikit masyarakat merupakan investasi emas. Cara ini dilakukan sebab dianggap paling aman serta risiko mengalami kerugian rendah. Apalagi emas yg dipakai merupakan tipe murni semacam emas Antam.

Emas terbukti batu berharga serta mempunyai kualitas ekonomi tinggi. Namun, dalam membeli emas, Kalian tak mampu sembarangan. Ada berbagai faktor yg wajib diperhatikan supaya pembelian emas yg dilakukan cocok sasaran. Kalau Kalian ingin melakukan pembelian emas, terutama emas Antam ada baiknya memperhatikan ulasan di bawah ini. 

Mengenal Emas Antam

Emas Antam merupakan emas yg dihasilkan oleh Aneka Tambang yg merupakan salah satu perusahaan perseroan yg bergerak dalam bidang tambang (PT. Antam Tbk). Perusahaan ini mengeluarkan emas batangan dengan besaran pecahan bervariasi. 

Untuk kebutuhan investasi, emas yg dihasilkan mempunyai berat mulai dari 1 gram, 2 gram, 2.5 gram, 3 gram, 4 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, hingga yg paling atas 100 gram.

Emas produksi Antam yg keluaran terakhir memakai sertifikat berupa chip. Emas juga dicetak dengan press serta ada laminasinya. Dengan sertifikat serta laminasi yg baik ini emas dari Antam diakui oleh LBMA (London Bullion Market Association).

Kadar emas Antam kurang lebih 99,99% atau nyaris murni. Kalian mampu memperoleh emas ini di distributor resmi dari PT Antam Tbk. Selain itu berbagai lembaga keuangan juga menyediakan emas Antam sebagai pilihan investasi serta tabungan.

Cara Investasi dengan Emas Antam

Melakukan investasi emas Antam dianggap minim risiko. Kalau Kalian ingin melakukan investasi di ranah ini berikut tutorial investasi yg mampu dilakukan.

1. Memilih Vendor yang Tepat

Pilih vendor untuk membeli emas Antam yg tepat. Ada baiknya untuk membeli dengan cara pribadi ke kantor perwakilan dari Antam yg ada di kota Anda. Membeli di sana akan terjamin keasliannya. Sertifikat akan terkesan dengan terperinci maka produk emas ini mampu dipasarkan kapan saja mampu dibutuhkan.

Usahakan untuk tak membeli dengan cara online apalagi di toko yg tak terperinci kredibilitasnya. Saat ini berbagai marketplace memperkenalkan pembelian emas Antam sebagai opsi investasi. Selama itu resmi Kalian mampu mempertimbangkannya. Namun, jika berisiko lebih baik dana ditahan dulu.

2. Memilih Tempat Penyimpanan

Emas Antam yg murni ukurannya kecil serta akan susah disimpan. Peluang terjatuh hingga akhirnya hilang tetap saja ada. Oleh sebab itu pertimbangkan untuk membikin daerah penyimpanan emas batangan ini dengan baik. Misal Kalian membeli brankas khusus yg mempunyai kode maka susah dibuka.

Kalau Kalian tak mau repot dengan persoalan penyimpanan ini berbagai lembaga keuangan ada yg memperkenalkan penyimpanan emas serta benda berharga lainnya. Tentu jasa ini tak gratis serta Kalian wajib mempertimbangkan dengan kesempatan untung yg didapatkan serta anggaran sewa.

3. Memilih yang Likuiditasnya Tinggi

Beberapa lembaga keuangan ada yg memperkenalkan investasi emas ini dengan sistem mirip menabung. Kalian tak pribadi memperoleh emas sebab akan disimpan di sana. Kalau butuh uang Kalian mampu pribadi menjualnya di sana serta tak butuh repot menjadi toko emas.

4. Merencanakan Pembelian dengan cara Berkala

Pembelian dengan cara terjadwal  diperlukan untuk menambah investasi yg Kalian miliki. Misal dalam sebulan wajib bertambah 1 gram atau dua bulan sekali bertambah 5 gram. Tentukan penambahan ini sesuai dengan kemampuan.

Emas terbukti menyampaikan fungsi serta harganya cenderung naik. Namun, jika jumlahnya sedikit pasti keuntungan yg didapatkan tak seberapa walau kualitas awal emasnya tak akan berubah.

Investasi dengan memakai emas Antam lumayan direkomendasikan sebab mempunyai risiko kerugian yg kecil. Meski demikian, dikala melakukan pembelian emas wajib hati-hati supaya tak memperoleh produk yg tak bersertifikat. Selain itu pertimbangkan juga penyimpanan emas sebab tak berbentuk perhiasan maka rawan hilang.

Beberapa pertanyaan di bawah ini juga kerap kali ditanyakan oleh mereka yg ingin membeli emas seperti:

Dimana Beli Emas Antam?

Untuk kamu yg ingin membeli emas Antam mampu membelinya dengan mendatangi sentra penjualan Logam Mulia pribadi di kantor Antam. Di sini Antam membuka diri untuk mendapatkan pembelian LM dengan cara retail.

Berapa Harga 1 Gram Emas Antam?

Per tanggal 22 Maret 2021, harga emas 1 gram: Rp 975.000. Harga emas 2 gram: Rp 1.888.000. Harga emas 3 gram: Rp 2.805.000. Harga emas 5 gram: Rp 4.640.000.

Apakah Emas Antam Dapat dipasarkan di Toko Emas?

Antam mempunyai suatu butik emas yg tersedia di dalam gedung Antam yg berlokasi di Jl. Simatupang, Jakarta Selatan. Di daerah tersebut kamu mampu melakukan proses transaksi jual beli emas. Tetapi, harga yg ditawarkan terbukti sedikit lebih tinggi jika dibandingkan dengan harga pada unit urusan ekonomi Antam.

Melakukan investasi baik emas atau yg lain lumayan direkomendasikan untuk memutar yg dimiliki. Tanpa investasi Kalian tak akan punya simpanan yg menyampaikan penghasilan pasif di masa depan. Jadi, tipe investasi apa yg ingin Kalian perbuat dikala ini?