Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Keuntungan Investasi Pada Sukuk Ritel

7 Keuntungan Investasi Pada Sukuk Ritel


Pilihan investasi yg dapat dilakukan masyarakat tak sedikit jenisnya. Ada yg berjenis biasa semacam deposito hingga reksadana. Selain itu ada juga investasi yg berbasis syariah semacam Sukuk Ritel yg dikenal mempunyai tak sedikit keuntungan serta masih sesuai dengan syariah.

Kalau Kalian tertarik untuk melakukan investasi di Sukuk Ritel ada baiknya untuk mengetahui lebih dalam mengenai seluk-beluknya. Pelajari juga keuntungan melakukan investasi di sini supaya sesuai andalan serta ekspektasi. Berikut keuntungan investasi di Sukuk Ritel semacam yg dikutip dari laman Kemenkeu.

1. Pokok serta Imbalan Dijamin

Sukuk Ritel dikeluarkan sendiri oleh pemerintah melewati Kementerian Keuangan. Karena bersifat resmi, pokok serta imbalan akan dijamin. Uang yg dipakai sebagai investasi akan terjamin serta sebisa mungkin tak terpotong. Imbalan yg didapatkan juga akan diberikan dengan cara berkala.

Kelebihan ini jarang dimiliki beberapa opsi investasi konvensional. Karena setiap investasi tentu mempunyai risiko yg berbeda-beda. Terkadang risikonya besar walau imbal yg akan terjadi yg akan diterima juga besar.

2. Tingkat Imbalan Kompetitif

Meski berjenis syariah serta dijalankan sesuai dengan prinsip Islami, tingkat imbalan yg diberikan lumayan kompetitif. Bahkan, dapat bersaing dengan tipe investasi yg ditawarkan oleh lembaga keuangan lainnya. Saat ini besaran imbal yg akan terjadi kurang lebih 8,05 % p.a alias per tahun.

Imbalan ini lumayan besar serta menguntungkan. Apalagi Kalian tak butuh melakukan apa pun. Cukup melakukan investasi serta semuanya dijalankan oleh sistem yg telah ada.

3. Investasi Awal Cukup Ringan

Salah satu ketakutan paling besar yg dimiliki oleh tak sedikit orang-orang dikala akan melakukan investasi merupakan pokok awalnya yg besar. Mereka rutin berpendapat jikalau uang yg wajib disiapkan kurang lebih puluhan alias ratusan juta rupiah. Padahal tak demikian, dengan dana kurang lebih Rp1 juta saja cukup.

Sukuk Ritel dapat dibeli dengan harga mulai Rp1 juta saja. Dengan pokok yg kecil ini semua orang-orang dapat melakukannya. Kelak jikalau telah memperoleh lumayan tak sedikit uang dapat ditambah lagi sesuai dengan kebutuhan.

4. Tingkat Imbalan Tetap

Imbalan yg diterima dikala melakukan investasi umumnya diubahsuaikan dengan keadaan produk yg diambil. Misal melakukan investasi reksadana, jikalau terjadi persoalan hingga terjadi penurunan keuntungan, imbalan yg diterima juga ikut turun alias malah tak ada sama sekali.

Melakukan investasi dengan sistem Sukuk Ritel tak demikian. Besaran imbalan yg diterima masih sama. Bahkan telah disepakati semenjak awal jadi Kalian tak butuh takut akan merugi.

5. Mendukung Pembangunan Nasional

Sebagian besar dana yg terkumpul dari investasi Sukuk Ritel ini dipakai untuk keperluan pembangunan. Pemerintah tak sedikit menggunakannya untuk membangun infrastruktur semacam jalan hingga jembatan. Dengan sistem ini dana yg dipakai akan terang serta sesuai prinsip syariah.

Investasi di bidang infrastruktur juga memperlihatkan kesempatan besar dana akan kembali. Oleh sebab itu, imbalan yg didapatkan tak akan menurun serta masih sesuai dengan kesepakatan di awal.

6. Imbalan Dibayar Setiap Bulan

Berbeda dengan investasi konvensional yg imbalannya dibayarkan pada periode tertentu sesuai perjanjian, Sukuk Ritel membayar per bulan. Kalau investasi dilakukan setahun penuh, setiap bulan selagi 12 kali akan memperoleh imbalan sesuai dengan kesepakatan di awal. Pembayaran dilakukan eksklusif jadi Kalian dapat tahu seberapa besar keuntungan serta eksklusif dapat dinikmati dikala itu juga.

7. Investasi Sesuai Prinsip Syariah

Karena investasi ini sesuai dengan prinsip syariah, siap saja dapat menggunakannya terutama Muslim. Tidak butuh takut dengan pengelolaan yg dilakukan sebab semua telah sesuai dengan aturan syariah yg ada mulai dari akad hingga ke imbal hasil.

Dari ulasan di atas kita dapat menyimpulkan jikalau Sukuk Ritel merupakan salah satu pilihan berinvestasi dengan konsep syariah. Bahkan, pemerintah sendiri menyediakan produk investasi untuk kemajuan bersama baik individu alias Indonesia dengan cara umum.

Mari melakukan investasi dengan menyisihkan sebagian uang yg dimiliki. Dengan melakukan investasi, Kalian akan mempunyai simpanan yg akan berkembang dengan baik dalam periode tertentu. Pelajari beberapa tipe investasi yg ada kini supaya dapat menentukan mana saja yg sesuai dengan kebutuhan.