Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Investasi Terbaik di Tahun 2021

Contoh Investasi Terbaik di Tahun 2021


Apa andalan kamu pada 2021 ini? Tiap orang-orang tentu ingin menikmati kehidupan yg lebih sejahtera daripada tahun-tahun sebelumnya. Karena itu, beberapa upaya dilakukan untuk mewujudkannya. Salah satunya, dengan lebih bijaksana mengatur keuangan eksklusif maupun keluarga. Bukan hanya menabung, berinvestasi menjadi opsi bagi sebagian orang-orang untuk mendesain masa depan yg lebih baik.

Berinvestasilah pada instrumen yg cocok menjanjikan keuntungan. Penghasilan tak lagi terbuang sia-sia sebab membeli barang atau membayar sesuatu yg tak perlu. Selain itu, dengan berinvestasi, kamu juga bakal terhindar dari laju inflasi. 

Nah, ada beberapa contoh investasi paling baik pada 2021 yg mampu kamu coba, di antaranya:

1. Saham

Saham artinya instrumen investasi yg paling populer. Saham diterbitkan serta dipasarkan oleh perusahaan untuk tujuan mendanai aktivitas perusahaan. Saham dibeli oleh orang-orang yg disebut investor. 

Investor yg mempunyai saham berpotensi memperoleh keuntungan menarik, yaitu dividen serta capital gain. Meskipun demikian, ada juga risiko berinvestasi saham yaitu capital loss serta risiko likuidasi.

Ada beberapa tipe saham yg mampu dipilih, yaitu saham biasa, saham preferen, saham atas unjuk, saham atas nama, serta sebagainya. Selain itu, ada salah satu tipe saham baru yg diperdagangkan Bursa Efek Indonesia (BEI) yaitu ETF (Exchange Trade Fund). Ini artinya perpaduan reksadana terbuka dengan saham. 

2. Obligasi

Obligasi artinya surat pernyataan utang yg dikeluarkan oleh penerbit obligasi terhadap pemegang obligasi. Penerbit obligasi artinya pihak yg mempunyai utang, sebaliknya pemegang obligasi artinya pihak yg mempunyai piutang.

Di dalam obligasi ini, tertulis jatuh tempo pembayaran utang serta bunganya. Ini artinya kewajiban penerbit obligasi terhadap pemegang obligasi. Biasanya, jangka waktu obligasi di Indonesia artinya 1 sampai 10 tahun.

Penerbitan obligasi dari pemerintah artinya upaya untuk mengumpulkan dana dari masyarakat. Perusahaan juga mampu menerbitkan obligasi untuk memperoleh dana segar.

3. Emas

Contoh investasi lainnya yg mampu kamu pilih pada 2021 artinya emas. Investasi emas mampu dibilang luar biasa sebab harga jual belinya cenderung dinamis mengikuti pasar. Nilai emas tak tergerus oleh inflasi. Supaya memperoleh yg akan terjadi optimal, sebaiknya pilih emas batangan daripada emas perhiasan.

Emas akan lebih menguntungkan apabila dipasarkan dalam jangka waktu yg lama. Hal yg butuh kamu perhatikan ketika berinvestasi artinya membeli di perusahaan pembuat emas yg kredibel. Biasanya, emas batangan rutin dilengkapi dengan sertifikat.

4. Deposito

Pilihan investasi lainnya artinya deposito. Kamu mampu mempunyai deposito dengan mendaftarkan diri di bank-bank yg menawarkannya. Biasanya, dana awal yg wajib disediakan mulai dari Rp8 juta. Jangka waktu deposito mulai dari 1 bulan sampai 24 bulan.

Keuntungan deposito mungkin tak sebesar instrumen investasi lain. Namun, risiko investasinya paling kecil. Karena itu, Kalian boleh merasa hening menyimpan uang di deposito. Dibandingkan dengan menyimpan di tabungan biasa, bunga yg akan diterima lebih besar. 

5. Cryptocurrency

Cryptocurrency artinya valuta digital yg cenderung tetap baru, umpama bitcoin. Namun, perkembangannya sangat pesat serta menggiurkan. Dalam jangka waktu yg singkat, kualitas investasinya mampu dibilang luar biasa.

Namun, valuta digital tak mempunyai bentuk fisik. Transaksinya pun dilakukan dengan cara virtual. Ketika berinvestasi di cryptocurrency, kamu wajib pandai menyimak sentimen pasar. Jika negatif, nilainya akan menjadi kecil.

6. Reksadana

Kamu mampu memanfaatkan reksadana untuk memperoleh keuntungan lebih tak sedikit dari modal investasi. Ada tak sedikit opsi reksadana yg tersedia. Kamu mampu meminta manajer investasi untuk menyalurkan sesuai pilihan. Untuk memperoleh keuntungan besar dari reksadana, kamu wajib pandai menganalisis pasar jadi mampu mengambil keputusan terbaik.

Nah, inilah beberapa contoh investasi paling baik yg berpotensi menguntungkan apabila digarap pada 2021. Bagi kamu yg tertarik, segera sisihkan dana khusus untuk mengawali berinvestasi. Meskipun kecil, asalkan konsisten serta dikelola dengan baik, investasi mampu berkembang pesat serta menjadi aset yg berharga. 

Nah, kira-kira apa instrumen investasi pilihanmu di tahun 2021?