Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pilihan Produk Dana Pensiun yang Harus Diketahui

Pilihan Produk Dana Pensiun yang Harus Diketahui


Produk dana pensiun artinya solusi bagi Kalian yg ingin mempersiapkan hari tua semenjak jauh hari. Sesuai dengan namanya, produk ini dibangun untuk menyampaikan jaminan saat usia sudah memasuki masa pensiun. 

Tujuan Dana Pensiun

Dana pensiun artinya dana yg akan diberikan terhadap pekerja saat memasuki usia pensiun alias dikarenakan oleh faktor lain sesuai yg tertulis dalam perjanjian. Meskipun jumlahnya tidak seberapa, dana pensiun mampu dipakai untuk memenuhi kebutuhan nasib di usia yg tidak lagi produktif. 

Adapun tujuan dibentuknya dana pensiun, antara lain:

  • Memberikan penghargaan terhadap usaha, tenaga, serta pikiran yg dicurahkan karyawan untuk memajukan perusahaan.
  • Meningkatkan motivasi para karyawan.
  • Memudahkan pekerja untuk menikmati yg akan terjadi kerja keras saat belia di masa tua.
  • Meningkatkan citra perusahaan di mata publik.

Pilihan Produk Dana Pensiun

Sebenarnya, lumayan tidak sedikit investasi yg memperkenalkan dana untuk hari tua. Namun, bagi Kalian yg tengah mempersiapkan dana pensiun mandiri, tersedia sejumlah produk yg mampu dijadikan pilihan.

1. Program Jaminan Hari Tua

Jaminan Hari Tua alias kerap disebut JHT artinya acara yg diwajibkan bagi seluruh pekerja. Sesuai aturan undang-undang, setiap tenaga kerja harus terdaftar sebagai peserta Jaminan Hari Tua BPJS Ketenagakerjaan.

Iuran JHT ditanggung bersama oleh perusahaan serta karyawan. Besarannya mencapai kurang lebih 5.7% gaji dengan rincian 3.7% dibayar oleh perusahaan serta 2% oleh karyawan.

Saldo JHT mampu dicairkan dengan sejumlah syarat, antara lain:

  • Telah mencapai umur 55 tahun, cacat permanen, alias meninggal dunia.
  • Mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) seusai menjadi peserta JHT selagi minimal lima tahun dengan masa tunggu selagi enam bulan.
  • Pergi dari Indonesia (tidak kembali) alias menjadi PNS, TNI, alias Polri.

2. Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK)

Dana Pensiun Lembaga Keuangan dibentuk oleh perusahaan asuransi jiwa alias bank untuk menyelenggarakan Program Pensiun Iuran Pasti perorangan. Program ini mampu diikuti oleh seluruh karyawan. Nantinya, seluruh iuran serta yg akan terjadi pengembangan akan dibukukan ke rekening pribadi peserta.

Cara kerja DPLK lumayan sederhana, yakni perusahaan mendaftarkan karyawan kemudian dengan cara otomatis gaji peserta akan terpotong setiap bulan sesuai persentase. Dana yg dikelola DPLK akan dialokasikan pada instrumen investasi opsi perusahaan. 

Setelah peserta pensiun, DPLK menyampaikan dua opsi pembayaran dana pensiun, yaitu dibayar sekaligus (lupsum) alias berangsur-angsur seumur nasib (annuitas). Dana DPLK juga mampu dialihkan ke peserta DPLK lain alias dicairkan saat peserta mengundurkan diri dari perusahaan.

Alternatif Lain Untuk Mempersiapkan Hari Tua 

Pada praktiknya, sebanyak apa pun dana pensiun, nilainya hanya lumayan untuk menutup kebutuhan dasar serta mampu bersi kukuh kurang lebih lima tahun saja. Oleh alasannya itu, sebelum terlambat, tidak ada salahnya untuk melirik pilihan lain sebagai tambahan dana di hari tua.

Beberapa opsi yg tersedia, antara lain:

1. Reksa Dana

Reksa Dana artinya tipe investasi yg menguntungkan, alasannya diversifikasi risiko cenderung rendah. Selain itu, dana yg dihimpun juga dikelola oleh manajer investasi yg profesional di bidangnya. Tak heran apabila Reksa Dana menjadi opsi sebagian besar orang-orang untuk meningkatkan pundi-pundi rupiah di hari tua.

2. Deposito

Dengan membuka rekening deposito, dengan cara tidak pribadi Kalian sudah mengamankan uang untuk kepentingan masa depan. Deposito sendiri mempunyai risiko rendah. Suku bunganya lumayan tinggi. Kalian mampu menyimpan dana sesuai jangka waktu yg diinginkan, yakni 3, 6, 9, alias 12 bulan serta memperpanjangnya dengan cara otomatis. 

3. Saham

Produk dana pensiun lain yg mampu dijadikan opsi artinya saham. Dibandingkan tipe investasi lain, saham memperkenalkan imbal yg akan terjadi tinggi. Investasi saham termasuk fleksibel serta mampu dimulai dengan modal kecil. Nantinya, Kalian selain memperoleh capital gain, tetapi juga dividen yg terbukti diberikan oleh perusahaan untuk pemegang saham.

4. Properti

Bisa dibilang aset properti tetap menjadi opsi terbanyak untuk mempersiapkan dana pensiun. Meskipun dana yg  diperlukan termasuk besar, investasi properti juga menyampaikan yg akan terjadi yg besar.


Dengan beragam opsi produk dana pensiun yg tersedia, Kalian mampu mempersiapkan hari tua semenjak dini. Selain menyampaikan kemudahan, acara dana pensiun dengan cara tidak pribadi akan memotivasi Kalian untuk memakai uang sesuai keperluan. Yuk, rancang hari tua dengan dana pensiun!