Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu KSEI? Pengertian dan Fungsi KSEI bagi Investor Indonesia

Apa Itu KSEI? Pengertian dan Fungsi KSEI bagi Investor Indonesia


Selama pandemi berlangsung, aktivitas trading maupun investasi saham tercatat mengalami kenaikan pesat. Banyak investor khususnya dari kalangan milenial mulai terjun di bursa. Jika kamu berminat untuk ikut berinvestasi saham, ada tak sedikit istilah yg butuh kamu ketahui. KSEI merupakan salah satunya.

KSEI merupakan singkatan dari Kustodian Sentral Efek Indonesia. KSEI alias PT KSEI sendiri merupakan sebuah lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian Pasar Modal di Indonesia. Seperti yg tertuang dalam Undang-undang No. 8 tahun 1995 tentang Pasar Modal, tugas dari KSEI merupakan menyediakan jasa kustodian dan penitipan efek sesuai dengan aturan yg berlaku dengan cara efisien.

PT KSEI berdiri pertama kali pada tanggal 23 Desember tahun 1997 sebagai salah satu tahap dari Self Regulatory Organization dalam tatanan pasar modal di tanah air. Tugas dari organisasi ini merupakan bertanggungjawab dalam penerapan aturan di dunia pasar modal. Setahun seusai beroperasi barulah KSEI mendapat tugas baru sebagai LPP alias Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian pasar Modal.

Bersama-sama dengan Bursa Efek Indonesia dan Lembaga Kliring dan Penjaminan, KSEI menjadi organisasi pasar modal yg berdikari di Indonesia. Pada 2012, KSEI membikin aturan khusus untuk pemilik sekuritas dengan menyediakan SID (Single Investor Identification). SID akan mempermudah proses identifikasi setiap investor dan menjadi landasan untuk pengembangan pasar modal lain. Salah satunya merupakan fasilitas AKSes alias Acuan Kepemilikan Sekuritas.

Apa Itu Akses KSEI?

AKSes KSEI merupakan layanan berupa jalan masuk info bagi para investor untuk mengamati posisi maupun mutasi efek yg dimilikinya dalam sub rekening efek di KSEI. Semua investor berhak memperoleh sarana jalan masuk info lewat jaringan internet ini. Fasilitas tersebut didapatkan lewat Pemegang Rekening KSEI (dalam faktor ini merupakan perusahaan efek) di kawasan investor terdaftar menjadi nasabah. Tidak ada anggaran yg dikenakan baik terhadap investor maupun Pemegang Rekening KSEI.

Bagaimana Cara Kerja KSEI?

Untuk memahami bagaimana tutorial kerja KSEI, faktor pertama yg wajib kamu perbuat merupakan memahami alur pengelolaan saham. Simak selengkapnya dalam pembahasan berikut!

  • Membuka rekening efek. Ketika kamu mendaftarkan diri ke broker alias pialang, broker akan membukakan rekening efek agar kamu mampu mulai berinvestasi
  • Membuka sub rekening dan RDN. Untuk melakukan transaksi saham pertamamu, kamu memerlukan RDN alias Rekening Dana Nasabah. Selanjutnya, kamu akan memperoleh sub rekening dan SID di KSEI. Masing-masing nasabah mempunyai SID dan SDN yg tak mampu dipakai oleh orang-orang lain
  • Kepemilikan dana dan saham. Hal-hal yg berkaitan dengan kepemilikan dana dan transaksi dimutasikan lewat RDN langsung investor. Sementara kepemilikan saham dan efek lainnya tersimpan dalam sub rekening. Sub rekening ini merupakan milik langsung investor dan tak ada kaitannya lagi dengan broker. Seandainya terjadi hal-hal yg tak diharapkan semacam broker gulung tikar alias berhenti beroperasi, saham yg telah kamu beli tak akan hilang.

Di sini mampu terkesan terperinci bagaimana kegunaaan KSEI. Adanya KSEI akan membikin saham dan efek lainnya yg telah kamu beli tersimpan aman ketika kamu ingin menjualnya sebuah dikala nanti.

Manfaat KSEI bagi Investor

Sebelumnya telah disebutkan bahwa setiap investor mampu menikmati layanan AKSes KSEI. Apa saja kegunaaan AKSes KSEI untuk kamu sebagai nasabah?

  • Kamu mampu mengecek dengan cara real-time data kepemilikan efek dalam sub rekening KSEI milik kamu sekaligus mutasinya dalam jangka waktu 30 hari terakhir
  • Kalau kamu membeli saham lewat tak sedikit broker, KSEI akan mempermudah kamu melakukan konsolidasi laporan seluruh portofolio yg kamu punya
  • Memberikan rasa aman bagi para investor ketika akan membuka sub rekening efek untuk investasi saham
  • Memberikan transparansi. Karena semua info di pasar modal mampu diakses, ini akan menunjukkan transparansi yg diharapkan oleh para investor.

KSEI merupakan salah satu komponen dalam investasi saham yg wajib kamu pahami. Selain itu, pasti tetap tak sedikit hal-hal lain yg butuh dipelajari sebelum kamu sangatlah terjun dalam investasi saham. Pastikan kamu memahami profil risikomu sebelum memilih produk investasi, ya!