Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Sebelum Memasuki Dunia Saham

Tips Sebelum Memasuki Dunia Saham


Banyak tutorial yg bisa dilakukan dikala ingin berinvestasi. Kalau ingin meraih keuntungan besar, saham bisa sehingga pertimbangan menarik. Lewat aktivitas trading saham, Kalian punya peluang menjadi salah satu investor di beberapa tipe perusahaan, tergolong perusahaan besar berskala internasional. Tingkat keuntungannya pun lumayan menjanjikan. Apalagi, jikalau Kalian berinvestasi saham dengan modal lumayan besar. 

Meski terkesan rumit, melakukan trading saham sebetulnya tak terlalu sulit. Modal yg butuh dipersiapkan untuk berpartisipasi dalam dunia pasar saham juga lumayan terjangkau, bisa dilakukan hanya dengan modal Rp100 ribu. Selanjutnya, kepemilikan saham bisa menjanjikan keuntungan dalam dua bentuk, yakni capital gain alias selisih kualitas transaksi saham dan pemecahan keuntungan (dividen). 

Panduan dan Langkah-Langkah Memulai Trading Saham

Tahapan yg butuh dilakukan untuk menjadi seorang pemilik saham di pasar modal sangat mudah. Terdapat 3 langkah mutlak yg harus dilaksanakan, yaitu: 

1. Membuka rekening 

Langkah awal yg harus Kalian perbuat untuk mengawali trading saham ialah mempunyai rekening. Rekening tersebut bukan rekening tabungan biasa, tetapi rekening efek. Proses pembuatannya bisa dilakukan dengan mendatangi perusahaan sekuritas. Persiapkan syarat yg dibutuhkan, tergolong merupakan fotokopi KTP, NPWP, buku tabungan, dan materai Rp6.000 sebanyak 2 lembar. 

2. Penyetoran dana

Setelah proses pembukaan rekening efek berhasil, tahapan selanjutnya merupakan menyetorkan dana. Nominal dana yg harus disetorkan untuk pertama kalinya berbeda-beda, diubahsuaikan ketentuan oleh masing-masing perusahaan sekuritas. Dengan adanya penyetoran dana ke rekening efek, investor pun bisa mulai melakukan proses jual beli saham. 

3. Mulai berinvestasi

Cara melakukan transaksi saham benar-benar mudah. Kalian tak butuh datang dengan cara pribadi ke kantor Bursa Efek Indonesia (BEI) terdekat. Tersedia opsi praktis bertransaksi saham lumayan memakai jalan masuk internet. Saat ini, telah lumayan tak sedikit perusahaan sekuritas yg menyediakan layanan trading saham online terhadap para investor.

Beberapa perusahaan sekuritas yg menyediakan layanan transaksi saham online di antaranya adalah: 

  • Layanan BEST milik BCA Sekuritas
  • MOST dari Mandiri Sekuritas
  • eSmart milik BNI Sekuritas
  • POST yg dihadirkan oleh Panin Sekuritas
  • Prima milik Trimegah Sekuritas

Tips Bermain Saham Bagi Pemula

Menjadi seorang investor saham tak akan memberi jaminan kemakmuran. Bahkan, dibandingkan dengan instrumen investasi lain, saham merupakan tipe investasi yg berisiko tinggi. Oleh karena itu, pelaksanaannya harus dilakukan dengan cara cermat dan penuh perhitungan. 

Biar sanggup memanfaatkan peluang meraih keuntungan dari investasi saham, ada 5 trik penting yg butuh diperhatikan oleh investor pemula, yaitu: 

1. Gali informasi

Setiap pengambilan keputusan yg dilakukan oleh pemilik saham harus dilakukan dengan analisis matang. Hal ini hanya bisa berlangsung jikalau Kalian punya bekal info yg masif dan kredibel. 

Ada tak sedikit tutorial yg bisa dilakukan untuk menggali info tepercaya dan semuanya bisa dilakukan dengan cara gratis. Kalian bisa memanfaatkan laporan keuangan, laporan tahunan, corporate action, ataupun public expose dari setiap perusahaan. 

2. Jangan sembarang pilih perusahaan sekuritas

Ketika melakukan transaksi saham, Kalian akan dibebani beban yg disebut dengan istilah anggaran transaksi. Besaran anggaran transaksi tersebut dibayarkan terhadap perusahaan sekuritas. Nominalnya bervariasi dan merupakan salah satu bentuk pemasukan bagi perusahaan sekuritas. 

Oleh karena itu, investor butuh mempertimbangkan besaran anggaran transaksi yg ditetapkan perusahaan sekuritas dikala ingin membuka rekening efek. Usahakan untuk memilih perusahaan sekuritas dengan anggaran transaksi kecil. Dengan begitu, Kalian tak butuh mengeluarkan anggaran besar untuk setiap transaksi. 

3. Kenali saham dengan kualitas likuiditas tinggi

Dalam dunia saham, Kalian butuh mengenal jenis-jenis saham yg dikenal mempunyai likuiditas tinggi, biasanya dikenal dengan istilah blue chip. Cara mengenal saham blue chip lumayan mudah, lumayan dengan menonton daftar saham yg ada dalam indeks LQ45 alias IDX30. 

4. Ingin menjadi trader alias investor?

Seperti yg telah disebutkan, kepemilikan saham menjanjikan peluang keuntungan dalam dua bentuk. Keuntungan berupa dividen bisa Kalian peroleh jikalau menanamkan saham dalam jangka panjang. Sementara itu, keuntungan berupa capital gain bisa didapatkan jikalau Kalian menjadi seorang trader. 

5. Diversifikasi

Tips yg terbaru merupakan melakukan diversifikasi investasi. Langkah ini sangat penting dilakukan oleh setiap investor untuk meminimalkan potensi terjadinya kerugian. Cara melakukannya juga gampang, lumayan dengan membeli saham yg bersumber dari beberapa sektor semacam consumer goods, perbankan, ataupun properti. 


Nah, itulah panduan dan trik yg bisa Kalian praktikkan dikala ingin terjun dalam dunia trading saham. Semoga bermanfaat, ya!