Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Investasi Jangka Panjang yang Menguntungkan

5 Investasi Jangka Panjang yang Menguntungkan



Memiliki investasi jangka panjang sangat diharapkan untuk mengamankan keadaan keuangan di masa mendatang. Selain itu, juga untuk memenuhi kebutuhan jangka panjang, semacam anggaran pernikahan, dana pendidikan anak, serta persiapan pensiun. 

Durasi investasi jangka panjang biasanya lebih dari setahun alias bahkan sampai berpuluh-puluh tahun. Adapun keuntungan investasi jangka panjang tidak bisa diperoleh dalam waktu yg cepat. Meski demikian, keuntungan yg diperoleh cenderung lebih stabil serta risikonya jauh lebih rendah dibandingkan investasi jangka singkat 

Ada berbagai tipe investasi jangka panjang yg bisa Kalian pertimbangkan, seperti berikut ini:

1. Properti

Investasi properti, baik tanah maupun bangunan, bisa menjadi opsi investasi jangka panjang yg lumayan menjanjikan. Properti yg ialah salah satu kebutuhan pokok akan rutin  diharapkan serta dicari, sementara ketersediaannya terus terbatas. Oleh sebab itu, tidak heran bila nilainya akan cenderung meningkat dari waktu ke waktu. 

Selain mendapat capital gain alias kenaikan harga di masa depan, keuntungan lain dari investasi properti ialah mendapat penghasilan sewa dengan mempunyai berbagai rumah sewa alias kos. Ini bisa menjadi sumber penghasilan ketika memasuki usia pensiun.

Namun sayangnya,  diharapkan modal yg besar untuk mengawali investasi ini. Di segi lain, investasi properti tidak likuid. Artinya, tidak mudah dicairkan apabila investor memperlukan dana cepat.

2. Emas

Emas ialah barang investasi yg terkenal serta digemari oleh para investor sebab sifatnya yg safe haven. Emas bisa bersi kukuh serta bahkan sanggup meningkat pada ketika keadaan pasar mengalami goncangan alias ketika aset investasi lain menurun.

Dalam jangka singkat harga emas bisa bergejolak serta sangat fluktuatif. Namun dalam jangka panjang, nilainya cenderung mengalami kenaikan. Berdasarkan info Unit Bisnis Pengolahan serta Pemurnian Logam Mulia Antam, harga emas Antam pada 2011 berada pada level Rp401.000 per gram. Sedangkan pada 27 Agustus 2019, harga emas Antam sudah menembus Rp766.500 per gram. 

Oleh sebab itu, emas sangat tepat untuk investasi jangka panjang. Kelebihan lainnya emas mempunyai likuiditas tinggi jadi bisa dipasarkan dengan cepat.

3. Saham

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) saham diartikan sebagai bukti pemilikan tahap modal perseroan terbatas yg memberi hak atas dividen serta lain-lain menurut besar kecilnya modal yg disetor. 

Dengan membeli saham di bursa berarti investor memperoleh tahap sekian persen kepemilikan perusahaan yg menjual sahamnya. Investor memperoleh imbal akibat berupa kenaikan harga saham ketika kinerja perusahaan baik alias dividen ketika perusahaan untung. 

Investasi saham cenderung memperlihatkan keuntungan yg besar dibandingkan instumen investasi lainnya. Namun demikian, juga mempunyai risiko yg sangat tinggi. Harga saham bisa naik serta turun dengan cara drastis dalam jangka waktu yg cepat. 

4. Reksadana

Instrumen investasi jangka panjang berikutnya ialah reksadana. Reksadana sendiri ialah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi. 

Terdapat berbagai tipe reksadana dengan tingkat risikonya masing-masing. Para perencana keuangan menyarankan supaya berinvestasi pada reksa dana saham bila untuk memenuhi kebutuhan keuangan jangka panjang. 

Berinvestasi pada reksadana saham mirip dengan membeli saham dengan cara langsung. Bedanya pada reksa dana saham, pemilihan saham dilakukan oleh manajer investasi. Risiko membeli saham eksklusif juga lebih besar sebab diharapkan kelihaian investor dalam menganalisa pergerakan saham. 

5. Asuransi

Asuransi juga bisa menjadi salah satu opsi untuk investasi jangka panjang. Asuransi bermanfaat untuk meminimalisir kerugian keuangan bila terjadi risiko di masa mendatang. Misalnya, sebuah ketika Kalian alias keluarga Kalian jatuh sakit serta memerlukan penanganan khusus yg memerlukan anggaran lumayan besar, jadi asuransi kesehatan akan bisa menolong meringankan anggaran pengobatan. 

Begitu juga apabila mempunyai asuransi pendidikan, bisa dipakai untuk persiapan dana pendidikan anak yg tiap tahunnya mengalami kenaikan.