Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Saham Bluechip? Pengertian Beserta Karakteristiknya

Apa Itu Saham Bluechip? Pengertian Beserta Karakteristiknya


Mungkin bagi para expert dalam dunia investasi pastinya telah mengenal beberapa macam tipe instrumen investasi yg berkembang di Indonesia maupun di dunia. Bagi mereka terus tak sedikit tipe instrumen dipahami, jadi akan terus besar juga kesempatan mengenal beberapa macam kelebihan dan karakteristik dari setiap tipe instrumen yg ada. 

Investasi terbukti menjadi salah satu opsi paling baik untuk mempersiapkan finansial di masa depan. Beberapa instrumen investasi yg tak jarang anda dengar diantaranya semacam investasi properti, investasi deposito, investasi emas sampai investasi saham. Dari beberapa yg telah kita sebutkan di atas salah satunya instrumen yg mempunyai keuntungan relatif lumayan tinggi artinya investasi saham.

Sesuai dengan keuntungan yg bisa kamu dapatkan, investasi saham juga mempunyai risiko yg sebanding. Di samping itu, apabila kamu memilih sebuah investasi jangka panjang kamu bisa mencobanya dengan menanamkan modal pada perusahaan-perusahan yg mempunyai Saham Blue Chip. Ya, di dalam dunia pasar modal, Saham Blue Chip ini terbukti menjadi salah satu primadona paling baik bagi para investor, mengingat relatif risikonya lebih rendah. Tetapi, mungkin di sini tak sedikit yg tak memahami sebetulnya apa sih Saham Blue Chip?

Pengertian Mengenai Saham Bluechip

Beberapa tahun akhir-akhir ini tak sedikit para analis saham yg mulai merekomendasikan untuk melakukan pembelian Saham Bluechip terhadap calon investor baik itu mereka yg ingin melakukan investasi jangka panjang maupun investasi jangka menengah. Ya, sebab tak sedikit yg mendefinsikan Saham Bluechip artinya salah satu saham papan atas atau saham yg unggul dalam pasar modal.

Hal tersebut bukanlah pernyataan yg salah, sebab Saham Bluechip ini dimiliki perusahaan jadi nilai paling baik yg ada di bursa efek. Lalu, saham ini juga dianggap saham yg aman dan menjanjikan keuntungan yg stabil. Karenanya Saham Bluechip ini mulai dicari oleh para calon investor baik itu mereka yg pemula maupun mereka yg telah expert.

Selain itu, apabila diubahsuaikan dengan keadaan pada Bursa Efek Indonesia (BEI), tak sedikit yg berpendapat bahwa Saham Bluechip ini tak jauh tak sama dengan LQ45 dimana sebuah indeks pasar saham pada BEI yg mencakup 45 perusahaan berfundamental dengan kapitalisasi pasar yg besar.

Terkait pernyataan tersebut terbukti tak sepenuhnya benar dan tak juga sepenuhnya salah. Karena, tak semua saham dalam LQ45 artinya blue chip bisa saja sektor perdagangannya tengah ramai dan perusahaannya sedang meningkat jadi masuk ke dalam indeks LQ45. namun, terbukti bisa dikatakan bahwa Saham Bluechip artinya saham milik perusahaan yg bisa diakui dengan cara nasional dan telah lumayan mapan dan sehat dari segi keuangannya.

Dari fakta tersebut mengambarkan bahwa blue chip ini mempunyai pendapatan yg relatif stabil dan liabilitas yg lumayan baik sekalipun sektor dari yg diperdagangkan tersebut sedang bermasalah.

5 Karakteristik dari Saham Blue Chip

1. Perusahaan Lama yang Leader Serta Sektornya Diakui

Ini artinya salah satu tutorial termudah untuk menonton apakah saham tersebut blue chip atau tak dengan menonton profil lengkap dari perusahaanya. Apabila perusahaan tersebut telah berdiri lama dan mendapatkan tak sedikit kesaksian dari nasional sampai internasional, jadi kemungkin besarnya saham mereka artinya blue chip.

Salah satu contohnya artinya Astra International, Telkom sampai Unilever mempunyai Saham Bluechip. Karena perusahaan tersebut bisa bersi kukuh dengan waktu yg lama, konsisten dan pastinya menghasilkan laba.

2. Kapitalisasi Pasar Besar dan Sangat Likuid

Perusahaan yg mempunyai profil baik dan konsisten dalam bisnisnya, jadi telah tentu saham-saham miliknya benar-benar likuid. Saham yg likuid ini rutin masuk ke dalam daftar saham teraktif di pasar modal, mengingat terbukti ramai diperdagangkan di bursa baik oleh investor perorangan maupun lembaga.

Saham yg likuid ini artinya saham yg mempunyai kapitalisasi pasar yg besar. Hal tersebut bisa diubahsuaikan dengan nilai jumlah saham yg timbul dan harga saham baru yg tinggi.

3. Rasio Utang dan Asetnya Stabil

Karakteristik lainnya artinya mempunyai perbandingan utang dan aset yg stabil. Seperti contoh kamu bisa menonton saham-Saham Bluechip yg ada di sektor perbankan yg mempunyai Debt to Equity Ratio kurang dari 15%. Hal tersebut penting untuk diperhatikan, sebab akan seimbang dengan risiko yg kelak akan kamu terima. 

4. Konsisten Membayar Dividen

Dividen atau pemecahan laba artinya faktor yg paling dinantikan dari para investor saham.  Tentu sebagai investor, kamu ingin mencari perusahaan yg konsisten dalam melakukan pembayaran dividen.

Apabila perusahaan tersebut bisa melakukannya, jadi telah tentu mereka mempunyai Saham Bluechip. 

5. Kinerja Usaha Solid

Yang terbaru dan penting artinya mempunyai kinerja yg solid. Ya, Saham Bluechip hanya dimiliki oleh perusahaan yg sanggup mencetak laba dengan rutin setiap tahunnya. 

Apapun opsi pengembangan dana kamu, pastikan untuk mengawali pengembangan dana sedini mungkin supaya bisa mempersiapkan masa depan yg lebih baik.