Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tutorial Melihat Harga Saham di IDX

Tutorial Melihat Harga Saham di IDX




Bagi pemula atau orang-orang yg baru mau mencoba bermain saham (trader), ada tidak sedikit faktor dasar yg wajib dipahami dengan baik. Dengan begitu, langkah dalam berinvestasi nantinya tidak keliru. Selain pemahaman soal satuan lot serta jam pasar saham, ada satu faktor lain yg juga tidak kalah krusial, yaitu bagaimana tutorial melihat harga saham di IDX.

Ini penting untuk diketahui, sebab tidak mungkin kan membeli saham tanpa tahu terlebih dulu berapa harga saham yg ingin dimiliki? Terlebih apabila bicara lebih jauh, dalam pembelian saham perusahaan diharapkan juga analisis teknikal serta fundamental, yg prosesnya akan melibatkan harga saham yg berlaku di waktu tertentu.

Kenapa wajib IDX? Jawabannya sederhana, sebab IDX atau BEI ialah sentra perdagangan di mana semua transaksi jual beli saham berlangsung. Ibarat website marketplace yg menjajakan barang atau produk dari beberapa toko dengan keterangan harga yg jelas, sistem serupa juga berlaku di IDX.

Sebagai sentra daerah jual beli saham di pasar modal, IDX menyuguhkan info terang mengenai semua harga saham yg  diharapkan publik. Karenanya, sangat penting untuk tahu bagaimana tutorial melihat harga saham di IDX sebagai seorang investor atau trader.

Meski begitu, IDX bukan satu-satunya opsi yg mampu diandalkan untuk mampu melihat harga saham yg sedang berlaku di dikala tertentu. Cara melihat harga saham harian atau tutorial melihat harga saham real time juga mampu dilakukan pada beberapa platform berbasis keuangan serta ekonomi lainnya.

Cara melihat harga saham harian

Selain tutorial melihat harga saham di IDX, pada bagian ini akan diinformasikan juga dengan cara mendetail mengenai tutorial melihat harga saham real time pada platform lain yg lumayan umum digunakan, yaitu Google.

Berikut tutorial melihat harga saham di IDX:

  1. Kunjungi laman idx.co.id.
  2. Pilih ‘Data Pasar’ di bagian kolom yg terletak dibagian atas, lalu pada sub-bagian ‘Ringkasan Perdagangan’ pilih ‘Ringkasan Saham’.
  3. Tentukan tanggal dikala ingin mengecek harga saham serta filter tipe pencarian yg diinginkan, dalam faktor ini mampu memilih ‘Kode Saham’, ‘Nama Perusahaan’, ‘Nilai’, serta lain-lain.
  4. Klik tombol ‘Cari’.
  5. Detail harga saham yg diharapkan dari seluruh emiten yg terdaftar di IDX akan pribadi muncul, sesuai dengan filter yg dipilih dikala awal dalam bentuk tabel.
Hal penting yg wajib diperhatikan ialah tutorial melihat harga saham di IDX dengan metode satu ini tidak menawarkan harga saham real time, melainkan harga saham harian yg dipilih pada tanggal tertentu, minimal hingga 1 hari sebelum pencarian dilakukan.

Maksudnya, misal kita melakukan pencarian harga saham pada 28 Juli 2021, batas harga saham harian yg mampu dilihat hanya harga saham pada hari-hari sebelumnya hingga dengan 27 Juli 2021. Sedangkan harga saham untuk 28 Juli 2021 itu sendiri belum mampu didapatkan dengan tutorial ini.

Lalu, bagaimana tutorial melihat harga saham real time? Hal tersebut mampu dilakukan dengan memakai layanan Google. Caranya juga lumayan sederhana, hanya butuh mengetikkan kode emiten dari perusahaan yg ingin ditelusuri harga sahamnya.

Sebagai contoh, perusahaan yg ingin diketahui harga sahamnya yaitu Aneka Tambang dengan kode emiten ANTM, jadi hanya butuh melakukan pencarian melewati Google dengan kata kunci ‘Saham ANTM’, jadi detail pergerakan harga saham dengan cara real time pada hari tersebut akan timbul di bagian tertinggi yg akan terjadi pencarian.

Hal yg butuh dicatat, tutorial melihat harga saham real time hanya mampu dilakukan kepada satu emiten tertentu dengan cara masing-masing, bukan dalam bentuk tabel dengan cara menyeluruh semacam halnya harga saham harian di IDX.

Cara mengenal harga saham naik atau turun

Bagian penting yg tidak boleh terlewat, ketika ingin melakukan analisis untuk membeli sebuah saham perusahaan, pasti selain terpaku pada harga saham harian di satu tanggal tertentu.

Faktanya, butuh juga dilakukan analisis mengenai perubahan harga saham dari waktu ke waktu. Apakah harga saham yg diincar mengalami pertumbuhan yg baik atau justru semakin menurun setiap harinya.

Analisis tersebut mampu dilakukan dengan mengenal perubahan harga baik melewati IDX ataupun Google. Sekali lagi, itu hanya mampu dilakukan dengan menunjukan perubahan harga saham satu emiten tertentu, bukan desain keseluruhan emiten yg terdaftar di IDX dalam bentuk tabel.

Sebagai contoh, kita ingin mengenal perubahan harga saham dari ANTM, berikut langkah yg butuh dilakukan:

  1. Kunjungi laman idx.co.id.
  2. Pilih ‘Perusahaan Tercatat’ di bagian kolom yg terletak dibagian atas, lalu pada sub-bagian pilih ‘Profil Perusahaan Tercatat’.
  3. Pilih cari berdasarkan saham, ketik kode nama emiten yg diinginkan, dalam faktor ini ‘ANTM’ lalu klik ‘Cari’.
  4. Di bagian bawah, klik nama perusahaan ‘Aneka Tambang Tbk.’ Kemudian klik opsi ‘Info Perdagangan’.
  5. Akan timbul tabel yg berisi perubahan harga saham yg diharapkan dari kemarin hari ke belakang hingga dengan hari pengecekan, jadi mampu diketahui apakah harga saham mengalami kenaikan atau penurunan.
Cara mengenal harga saham naik atau turun juga mampu dilakukan dengan mempercayakan Google, bahkan dengan tutorial yg lebih sederhana berdasarkan yg akan terjadi pencarian yg sama dengan tutorial melihat harga saham real time.

Jika dilihat pada yg akan terjadi pencarian ‘Saham ANTM’ yg muncul, akan terkesan opsi ‘5HR’ hingga dengan ‘5TH’, trader mampu memilih sesuai jangka waktu yg diinginkan, jadi akan pribadi timbul grafik perubahan harga selagi rentang waktu yg dipilih

Cara melihat Indeks Harga Saham Gabungan

Sebelum mengenal bagaimana tutorial melihat Indeks Harga Saham Gabungan, ada baiknya calon trader memahami dulu apa yg dimaksud dengan Indeks Harga Saham Gabungan atau yg lebih dikenal dengan singkatan IHSG, atau pada laman resmi IDX ditandai dengan nama Composite.

Secara singkat, IHSG ialah pergerakan rata-rata harga saham seluruh perusahaan yg tercatat di IDX atau BEI. Biasanya, dalam satu hari setiap saham mempunyai pergerakan yg beragam. Ada yg sedang meningkat serta ada yg menurun, namun ada juga yg stagnan.

Apabila seluruh saham tersebut digabung, jadi rata-rata pergerakannya akan tergambar terang dalam IHSG. Jadi, ketika IHSG sedang meningkat, jadi mampu disimpulkan rata-rata harga saham perusahaan yg tercatat di IDX sedang mengalami kenaikan, begitupun sebaliknya.

Bagaimana tutorial melihat Indeks Harga Saham Gabungan? Sangat mudah, sebab IHSG mampu dilihat dengan cara pribadi pada desain depan dari laman idx.co.id tepatnya di bagian paling atas, pada kolom ‘IKHTISAR PASAR’ opsi indeks perpaduan atau ‘Composite’ berada di kolom pertama di antara indeks lainnya yg dimiliki oleh IDX.

Dari bagian tersebut, terkesan pergerakan IHSG yg juga mampu diubah jangka waktunya untuk mengenal perubahan harga IHSG dari waktu ke waktu.

Itu dirinya info terang mengenai bagaimana tutorial melihat harga saham di IDX, yg tentunya mempunyai peran penting bagi para trader ketika ingin melakukan transaksi jual beli saham dalam dunia investasi.

Tidak hanya mencari tutorial melihat harga saham di IDX, sebaiknya kamu juga mencari tahu mengenai risiko investasi. Tujuannya ialah agar kamu mampu lebih mudah menentukan produk investasi yg tepat denganmu.