Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Jenis Litecoin Wallet dan Pilihan Terbaik di Indonesia

Jenis Jenis Litecoin Wallet dan Pilihan Terbaik di Indonesia


Litecoin ialah salah satu cryptocurrency atau valuta kripto. Mirip semacam Bitcoin, valuta digital yg disingkat LTC ini juga perlu wallet atau dompet untuk investasi atau trading.

Litecoin ditambang memakai algoritmas Scrypt, yg lebih intensif pada memori dibandingkan milik Bitcoin yaitu SHA256. Dalam membikin Litecoin, penciptanya, Charlie Lee, tak mencoba menemukan kembali rodanya.

Itu sebabnya, Litecoin masih mirip Bitcoin. Pun wallet atau dompetnya. Jika Bitcoin dilambangkan “emas”, valuta kripto berkode LTC ini mewakili “perak”.

Bagi kamu yg pengin tahu lebih lanjut mengenai dompet LTC, opsi terbaik, jenis, dan fungsinya, baca ulasan berikut ini.

Pilihan Litecoin wallet paling baik di Indonesia

Sebenarnya, dompet Litecoin paling baik ialah yg terdaftar di Bappebti. Setidaknya ada 13 broker kripto yg telah mempunyai legalitas dari pemerintah.

Semua dompet cryptocurrency ini menyediakan beberapa valuta digital dari Bitcoin, Dogecoin, sampai Litecoin. Total ada 229 valuta yg mampu ditransaksikan.

Buat kamu yg tertarik, berikut ini ulasan Litecoin wallet paling baik di Indonesia:

1. Indodax

Indodax ialah suatu website Indonesia Bitcoin dan Crypto Exchange. Saat ini, member Indodax mencapai lebih dari 2 juta.

Indodax resmi terdaftar di Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Bappebti, dan Kominfo Republik Indonesia. Situs Indodax menyediakan beragam cryptocurrency yg mampu dipilih untuk melakukan transaksi, semacam Bitcoin (BTC), Ethereum(ETH), dan Litecoin (LTC).

Aplikasi ini mampu ditemukan dan unduh di AppStore atau PlayStore.

2. eToro

Litecoin wallet yg satu ini berjenis software. eToro menyediakan kawasan penyimpanan valuta digital tergolong Bitcoin dan LTC.

eToro ini gak cuma sehingga kawasan penyimpanan valuta digital. Saham, forex, CFD, indeks, dan komoditas terdapat di eToro.

Untuk legalitas, eToro telah mengantongi izin lembaga keuangan semacam FCA, ASIC, NFA, dan CySec. Saat ini, eToro menyediakan 29 tipe cryptocurrency.

3. Electrum Litecoin

Dompet yg satu ini masuk kategori paling baik versi perangkat keras (hardware). Electrum LTC ialah dompet sederhana yg mampu diandalkan sebab mempunyai frase rahasia unik yg menyusahkan peretas.

Pada dasarnya, dompet ini ialah cabang dari dompet Bitcoin Electrum. Jadi, perangkat semacam Mac, Windows, Linux, mampu dipakai untuk mengakses dompet Electrum.

4. Trezor

Sama semacam Electrum, Trezor ialah dompet hardware yg memungkinkan kamu menyimpan, mengirim, dan mendapatkan beberapa tipe valuta kripto.

Dirilis pada 2014 oleh SatoshiLabs, dompet asal Ceko ini memperkenalkan level keamanan tinggi. Dilindungi kunci pribadi yg dipegang dalam perangkat fisik. Selain itu, dompet ini tak sempat terhubung server internet, sehingga minim jalan masuk banget bagi hacker.

Jenis dompet valuta kripto

Selain beberapa Litecoin wallet di atas, nyatanya ada beberapa tipe dompet kripto lho! Masing-masing tipe dompet ini punya kelebihan dan kekurangan berbeda. Berikut penjelasannya.

1. Online wallet

Dompet online tak sedikit dipakai sebab cenderung praktis. Tapi Dompet online bukan kawasan pemakai menyimpan kuncinya. Jadi, kunci pemakai dibuat, dikelola, dan disimpan penyedia dompet online.

Untuk memakai dompet ini, kamu wajib mendaftar terlebih dulu. Setelah itu, kamu mengakses sistem penyedia dompet.

Dompet tipe ini memungkinkan kamu untuk transaksi off-chain atau transaksi hanya di tingkat database penyedia dompet online. Jadi, lebih efisien tapi tak lebih aman sebab tak dicatat di blockchain.

2. Mobile wallet

Dompet mobile atau browser ialah software dompet yg mampu dipakai pemakai untuk mengakses pribadi jaringan blockchain memakai kunci.

Biasanya, kunci disimpan memori lokal device atau di browser pengguna. Beberapa fitur yg terdapat di dompet ini ialah cek saldo, memperoleh alamat untuk mendapatkan dan mengirim kripto ke dompet lain, dan melacak setiap transaksi.

3. Cold wallet

Cold wallet ialah kawasan pemakai menyimpan kunci yg sama sekali tak terkoneksi internet. Jadi, untuk mengaksesnya hanya mampu dilakukan ketika terkoneksi ke jaringan.

Cold wallet mampu berupa hardware. Contoh dompet Litecoin kategori ini ialah Ledger dan Trezor. Dari segi keamanan, dompet ini yg terbaik, lho!

Fungsi dompet valuta kripto

Sesuai pengertiannya, dompet cryptocurrency ialah acara perangkat yg memberi pemakai jalan masuk ke semua valuta kripto. Akses ini memungkinkan pemakai untuk melakukan beberapa faktor yaitu:

  • Mengelola kepemilikan valuta kripto
  • Menyimpan data transaksi
  • Menerima dan mengirim koin kripto.

Selain itu, wallet ini mengizinkan pemakai untuk mengakses jumlah valuta kripto yg dimiliki. Dompet valuta kripto juga menolong pemakai memahami jumlah valuta kripto yg dimiliki.


Misalnya saja, kamu punya Bitcoin, Litecoin, Dogecoin. Maka, lewat wallet ini kamu mampu lihat semua aset kamu.