Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pelajari Analisis Fundamental dan Teknikal Jika Ingin Investasi Saham

Pelajari Analisis Fundamental dan Teknikal Jika Ingin Investasi Saham


Dalam melakukan investasi saham, kamu memerlukan beberapa analisis supaya kamu mampu menjadi investor berhasil di kemudian hari. Analisis yg lazim dipakai oleh para investor artinya analisis fundamental dan teknikal.

Secara umum, analisis fundamental dipakai untuk mengenal mengenai dasar-dasar ekonomi, neraca, laporan laba rugi, dan sebagainya.

Di segi lain, analisis teknikal berkaitan dengan mendalami kinerja sejarah pergerakan harga dengan mengukurnya terhadap pergerakan harga di masa depan.

Nah, untuk kamu yg ingin mengenal lebih jauh mengenai kedua analisis ini, Simak ulasan berikut ini.

Analisis Fundamental

Pada dasarnya, analisis fundamental lebih menekankan analisis dengan cara umum terhadap kinerja sebuah perusahaan. Hal tersebut menjadi salah satu pembeda mutlak antara analisis fundamental dan teknikal.

Menurut CNBC Indonesia, analisis fundamental artinya sebuah analisis yg mempertimbangkan hal-hal yg mampu menggerakkan harga saham, antara lain kinerja keuangan, tingkat persaingan usaha, potensi industri, analisis pasar dan ekonomi baik makro maupun mikro.

Hal ini menjadikan analisis fundamental biasanya dipilih oleh investor yg berfokus pada kemampuan jangka panjang.

Dijelaskan pula, tersedia dua pendekatan untuk menganalisis dengan cara fundamental kemampuan sebuah perusahaan. Yaitu top-down, dan bottom up.

Pendekatan top-down

Pendekatan top-down yg dilakukan oleh calon investor artinya dengan menonton angan-angan umum dari sebuah perusahaan yg ia tuju.

Melalui pendekatan ini, seorang investor mempercayai jika keadaan sebuah perusahaan dengan cara umum baik, segala komponen dari perusahaan itu mampu dianggap baik pula.

Menurut Fundsupermart ada empat faktor dalam pendekatan dari atas ke bawah, dimulai dengan:

  • kondisi makro global
  • kondisi makro dalam negeri
  • prospek pertumbuhan sektor
  • fundamental perusahaan

Apabila keempat keadaan tersebut memperlihatkan faktor yg positif, mampu dibilang perusahaan mempunyai masa depan yg baik pula.

Dengan mengenal hal-hal tersebut, akan terus terang perbedaan antara analisis fundamental dan teknikal.

Pendekatan bottom-up

Berbeda dari pendekatan sebelumnya, pada pendekatan bottom-up, seorang investor menonton lebih dulu detail dari sebuah perusahaan.

Hal-hal yg diperhatikan biasanya semacam keadaan keuangan perusahaan, dan kompetisi dengan pesaing.

Dengan pendekatan bottom-up, seorang investor butuh mengkaji lebih dalam terhadap keadaan perusahaan untuk mampu menyimpulkan apakah perusahaan tersebut memperlihatkan akibat positif ke depannya.

Analisis Teknikal

Seperti dijelaskan sebelumnya, analisis teknikal lebih mengedepankan analisis terhadap sejarah perkembangan harga. Hal ini menjadi pembeda mutlak antara analisis teknikal dan fundamental.

Mudahnya, analisis teknikal lebih memperhatikan pola kenaikan/penurunan harga dari sebuah perusahaan dibandingkan keadaan ekonomi dengan cara makro. 

Ini pula yg menyebabkan investor yg memilih memakai analisis teknikal berfokus pada perkembangan investasi dengan cara jangka pendek.

Penyebabnya, setiap perubahan yg terjadi tiap waktunya akan mensugesti analisis investor. 

Seorang investor yg memakai analisis teknikal, haruslah memahami pergerakan grafik yg terjadi.

Hal ini sebab analisis teknikal berpatokan pada pola perubahan harga, dan faktor itu mampu divisualisasikan dengan grafik alias chart. 

Dari beberapa penjelasan di atas, mampu disimpulkan bahwa analisis fundamental sangat tepat untuk kamu yg ingin berinvestasi jangka panjang.

Sementara itu, analisis teknikal tepat jika kamu mempunyai agenda untuk berinvestasi jangka pendek.

Sebenarnya, dari kedua metode tersebut tak ada yg lebih baik. Semua bergantung pada kenyamanan dan kebiasaan dari investor dalam menganalisis.

Bahkan, tak sedikit juga yg menggabungkan kedua metode analisis tadi untuk yg akan terjadi yg lebih baik.


Nah, itulah tadi penjelasan mengenai kedua analisis dalam berinvestasi saham, yaitu analisis fundamental dan teknikal.