Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Alasan, Anak Muda Zaman Sekarang Harus Mulai Belajar Investasi

 3 Alasan, Anak Muda Zaman Sekarang Harus Mulai Belajar Investasi

Jangan Tunggu Nanti Punya Duit Baru Belajar Investasi, Keburu Telat

10 tahun yg lalu anak-anak belia usia 20 – 25 tetap asing dengan kata investasi.Satu faktor yg dipikirkan merupakan segera menyelesaikan skripsi lulus kuliah ngelamar kerjaan (dan berdoa memperoleh gaji besar). Masalah keuangan, gimana kelak seusai kerja. Apakah zaman kini tetap sama semacam itu?

3 Alasan, Anak Muda Zaman Sekarang Harus Mulai Belajar Investasi
3 Alasan, Anak Muda Zaman Sekarang Harus Mulai Belajar Investasi


Zaman telah berubah, anak-anak belia di Indonesia juga wajib segera mulai mengetahui investasi Teman-teman butuh tahu bahwa remaja di negeri tetangga (Singapura, Malaysia) telah tak asing lagi dengan keuangan serta investasi. Mereka telah biasa dengan istilah investasi, mutual fund (reksa dana), saham serta lain sebagainya.

Celakanya kita kini telah masuk ke era MEA (Masyarakat Ekonomi Asean). Jadi remaja di negara tetangga mampu berkompetisi leluasa dengan remaja di Indonesia.

Bagaimana biar remaja di Indonesia juga tetap canggih serta tak ketinggalan? Jawabannya remaja di Indonesia juga wajib menambah kompetensi serta daya saingnya.

Anda pastinya tak mau donk kalah sama remaja-remaja di negeri tetangga Kalau begitu Kalian juga wajib tahu serta mulai belajar investasi.

Penjelasan di atas, tentang persaingan global merupakan argumen eksternal yg butuh Kalian pikirkan. Namun ada juga alasan-alasan Kalian wajib mulai belajar investasi untuk keperluan langsung Anda:

#1 Belajar Investasi supaya Kalian mampu Segera Memiliki Kontrol atas Investasi

Ketika berkata investasi tak sedikit orang usia 30 an berkata saya tak terlalu suka berinvestasi alasannya risikonya besar.

Mereka tak tahu bahwa nyatanya risiko dalam investasi itu terjadi alasannya seseorang tak mempunyai kontrol alias kendali atas investasinya. Apa yg dimaksud dengan kontrol alias kendali atas investasi?

Begini investasi mampu diibaratkan sebagai kendaraan yg akan menolong Kalian bergerak dari titik A (kondisi keuangan Kalian dikala ini) menuju titik B (kondisi keuangan yg Kalian inginkan) Berbicara kendaraan, coba bayangkan suatu sepeda motor besar, berukuran 1.000 cc semacam pada foto di bawah ini.
 
Ya motor di atas merupakan kendaraan yg juga dipakai oleh pembalap moto GP,bernama Valentino Rossi Coba bayangkan diri Kalian (yang bukan pembalap) mengendarai kendaraan tersebut.Menurut Anda, seberapa besar risiko Kalian terjatuh dikala mengendarai kendaraan tersebut?Bagaimana dengan Valentino Rossi? Apakah risiko Rossi terjatuh serta risiko Kalian terjatuh sama besar? Jika berbeda Siapa yg risiko nya lebih besar? serta Kenapa mampu berbeda?

Jawabannya merupakan Valentino Rossi telah belajar terlebih dahulu, telah terlatih, mempunyai jam terbang yg lebih tak sedikit dibandingkan saya serta Anda. Oleh alasannya itu Valentino Rossi lebih mempunyai kendali atas kendaraannya.

Kembali ke investasi, Kalian juga butuh mulai belajar investasi supaya Kalian segera mempunyai kendali atas investasi. Jadi tiba saatnya Kalian wajib tekan gas, untuk menambah penghasilan bulanan, Kalian tak terlambat, Kalian telah mempunyai kendali yg dibutuhkan.

#2 Kalian mampu Segera Mewujudkan Rumah Pertama, Menikah serta Impian Anda

Salah satu manfaat perencanaan keuangan merupakan untuk menolong klien mewujudkan tujuan keuangan. Contoh tujuan keuangan:

Bagaimana caranya supaya seusai Kalian lulus kuliah, 5 tahun kerja mampu beli rumah?
Kemudian mampu menikah dengan dana sendiri?
Memiliki kendaraan alias kendaraan beroda empat keluarga?
Menyiapkan kelahiran buah hati?
dan lain sebagainya.

Salah satu caranya merupakan dengan berinvestasi. Namun supaya investasinya lebih efektif, Kalian butuh belajar terlebih dahulu. Biasanya remaja akan mengatakan: lho, tapi kan saya tetap kuliah, masa butuh belajar investasi?
Justru alasannya Kalian tetap belia serta kuliah
  • masih memliki tak sedikit waktu
  • masih mempunyai tak sedikit kesempatan
  • masih boleh melakukan kesalahan
  • masih mampu belajar serta mengikuti keadaan dengan cepat
  • masih belum punya tanggungan
  • masih belum ada utang
Lain cerita apabila Kalian telah menikah serta punya tanggungan anak istri. Mungkin Kalian akan berpikir 10 – 20 kali tentang belajar investasi.

#3 Mencapai Kebebasan Keuangan

Belajar investasi dikala usia belia juga menambah kesempatan Kalian untuk mampu mencapai keleluasaan keuangan (financial freedom). Ide dasar keleluasaan keuangan merupakan merubah penghasilan aktif menjadi penghasilan investasi serta penghasilan pasif.

Penghasilan aktif : penghasilan yg didapat seseorang, alasannya menukarkan waktu, tenaga, pikiran serta keringat dengan uang.
Penghasilan investasi : penghasilan yg didapat seseorang, alasannya uangnya bekerja serta menghasilkan uang.
Penghasilan pasif : penghasilan yg didapat seseorang, alasannya asetnya bekerja serta menghasilkan uang.

Makin cepat Kalian belajar investasi, makin cepat Kalian mempunyai kendali serta mulai berinvestasi dengan efektif. Semakin cepat Kalian menambah penghasilan investasi, artinya terus cepat pula Kalian mencapai keleluasaan keuangan.

Ga Ada Ruginya Belajar Investasi, Sejak Usia Muda

Tahukah Anda, financial literacy merupakan salah satu skill alias performa yg wajib dimiliki oleh orang abad 21. Investasi merupakan satu dari tahap financial literacy serta layak untuk Kalian pelajari segera.